[Kuliah Om Jas] Mengenal Mekanisme Inti Game
Bila kita bermain sebuah game, pastinya kita akan merasakan sesuatu yang berulang-ulang saat kita bermain. Mekanisme yang berulang-ulang dan menjadi pusat permainan inilah yang disebut sebagai mekanisme inti game. Mari kita membuka wawasan kita mengenai Mekanisme inti pada game.
Follow Duniaku untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News
Yo, kembali lagi kita akan membahas seputar game design yang merupakan (lagi-lagi) hasil penelitian Om Jas untuk memajukan pengembangan game di negara kita tercinta. Memang agak serius dan teknikal sih, tapi setidaknya bisa membuka wawasan kita tentang apa yang sebenarnya terjadi dalam mekanisme inti engine yang terjadi pada game. Yuk kita sama-sama menambah ilmu dengan mengikuti kuliah kali ini.
Bila kita bermain sebuah game, pastinya kita akan merasakan sesuatu yang berulang-ulang saat kita bermain. Ambil contoh saja sebuah game seperti Pac-Man, di sini hal yang berulang adalah kita harus terus bergerak menghindari hantu-hantu sambil memakan makanan si Pac-Man, dan apabila kita memakan makanan spesial, kita dapat memakan hantu untuk sementara waktu, namun setelah itu kembali lagi seperti semula. Hal ini yang berulang terus pada setiap level game Pac-man. Mekanisme yang berulang-ulang dan menjadi pusat permainan inilah yang disebut sebagai mekanisme inti game.
Mekanisme inti game ini juga mengatur apa yang dilakukan pemain untuk bermain di dalam game yang kita rancang tersebut. Dan hal ini biasanya berulang dengan cepat, sehingga pemain diharapkan untuk mengambil keputusan-demi keputusan pada saat yang tepat. Siklus perulangan yang terjadi pada mekanisme inti game dapat kita lihat pada gambar yang Om Jas buat di bawah ini.
Sesuai dengan gambar di atas, hal-hal yang berulang di dalam mekanisme inti sebuah game adalah sebagai berikut:
Tanggapan terhadap dunia game : Tanggapan pemain terhadap dunia game yang sedang dimainkannya serta pengaruhnya terhadap keputusan yang akan diambil oleh pemain. Jarak sang pemain dengan objek game lain, sumber daya pada dunia game tersebut atau jenis area pada dunia game harus ditanggapi oleh pemain dan dijadikan suatu aspek bagi pemain untuk mengambil keputusan.
Analisis situasi : Situasi yang terjadi pada pemain secara realtime pada saat itu. Apakah pemain tersebut kehabisan amunisi ataukah sedang mendapatkan kekuatan super. Hal ini juga sangat mempengaruhi keputusan yang diambil oleh pemain.
Pemilihan aksi dan Keputusan : Aksi-aksi dalam game yang disediakan melalui antarmuka maupun kendali pada game. Aksi-aksi ini biasanya dipilih berdasarkan tanggapan terhadap dunia game, analisis situasi dan evaluasi aksi-aksi yang sebelumnya.
Eksekusi dan Evaluasi Aksi :Ini adalah aksi yang telah diputuskan pemain, mekanisme inti ini akan menyebabkan mesin game bekerja serta menghasilkan suatu dampak bagi kaakter atau objek yang dikendalikan pemain. Dampak atau akibat dari keputusan pemain inilah yang akan menjadi bahan evaluasi bagi pemain untuk dapat mengambil keputusan selanjutnya.
Yang perlu kita perhatikan adalah, game yang berbeda menekankan aspek yang berbeda pula. Untuk itu kita perlu mengerti beberapa macam tema mekanisme inti pada game. Tema-tema tersebut di antaranya adalah serangan yang terarah, pertarungan strategis, pengumpulan, eksplorasi, balapan serta teka-teki. Tema-tema ini biasanya umum pada banyak game dan dikombinasikan satu sama lain, jadi belum tentu satu game hanya memiliki satu tema mekanisme inti saja. Baiklah ayo kita telusuri satu demi satu tema mekanisme inti pada game itu, siap-siap....
1. Serangan Terarah
Kalau kita lihat dari namanya, berarti kita harus mengarahkan serangan untuk menghancurkan musuh-musuh yang datang dari berbagai arah. Memang, mekanisme inti game dengan tema seperti ini adalah mengarahkan serangan kita. Karakteristik utama dari tema mekanisme inti game ini adalah konflik dengan banyak musuh yang bergerak cepat.
Tanggapan | Jarak musuh. |
Analisis | Gerakan yang dapat dilakukan, kekuatan dan kelemahan karakter kita, kekuatan dan kelemahan lawan. |
Keputusan | Pergerakan yang akan diambil. |
Eksekusi / Evaluasi | Bergerak, Menyerang, Bertahan, Melompat. |
Tanggapan | Jarak/konfigurasi musuh, aumber daya yang ada dan dapat digunakan. |
Analisis | Gerakan yang dapat dilakukan, kekuatan dan kelemahan pasukan kita, kekuatan dan kelemahan pasukan musuh, eksploitasi sumber daya, konsekuensi jangka panjang. |
Keputusan | Menyebarkan pasukan, mengembangkan pasukan, memperoleh sumber daya. |
Eksekusi / Evaluasi | Memandu unit yang akan diberi tugas tertentu, konsekuensi mungkin saja tidak secara langsung. |
Tanggapan | Lokasi dari item yang akan dikumpulkan, halangan/rintangan. |
Analisis | Jalur menuju items, menghindari atau mengatasi halangan. |
Keputusan | Trayek yang diikuti. |
Eksekusi / Evaluasi | Bergerak, Mengambil item, Melompat. |
Tanggapan | Kesempatan untuk melintasi dunia, halangan/rintangan. |
Analisis | Pilihan navigasi, mengatasi halangan. |
Keputusan | Kemana kita akan pergi. |
Eksekusi / Evaluasi | Bergerak. |
Tanggapan | Jalur lintasan. |
Analisis | Trayek yang diinginkan, kemampuan kendaraan kita. |
Keputusan | Trayek optimal. |
Eksekusi / Evaluasi | Mengatur Kecepatan, Rem, Menyetir. |
Tanggapan | Elemen-elemen teka-teki. |
Analisis | Pertimbangan, logika teka-teki. |
Keputusan | Kemungkinan solusi. |
Eksekusi / Evaluasi | Mengerjakan solusi atau bagian-bagian dari solusi. |