Apa Saja 13 Kata Kotor SpongeBob yang Terdapat dalam Episode Sailor Mouth?

Bisa menebak apa saja kata-kata itu?

Apa Saja 13 Kata Kotor SpongeBob yang Terdapat dalam Episode Sailor Mouth?

Dalam sebuah episode SpongeBob SquarePants berjudul Sailor Mouth, terdapat 13 kata kotor atau bad words yang tidak boleh diucapkan oleh seorang pelaut menurut Mr. Krabs. Tapi sebenarnya, apa 13 kata kotor SpongeBob tersebut?

1. Situasi SpongeBob, Patrick, dan Mr. Krab

Apa Saja 13 Kata Kotor SpongeBob yang Terdapat dalam Episode Sailor Mouth?philo.com

13 kata kotor SpongeBob tersebut muncul dalam episode Sailor Mouth yang tayang musim kedua SpongeBob SquarePants pada 21 September 2001. Episode ini ditulis oleh Walt Dhorn, Paul Tibbitt, dan Merriwether Williams, dengan Alan Smart sebagai sutradara.

Episodenya SpongeBob yang secara tak sengaja menemukan coretan saat sedang membuang sampah di belakang Krusty Krab. Dalam coretan tersebut, ia menemukan kata-kata yang tak dimengerti. Lalu, Patrick datang dan memberitahu jika kata-kata tersebut merupakan "kata sisipan".

Keesokan harinya, SpongeBob dan Patrick menggunakan kata-kata itu di Krusty Krab sehingga membuat pelanggan pergi. Mr. Krabs datang dan memarahi SpongeBob dan Patrick karena telah mengucapkan 13 kata kotor terlarang. Mr. Krabs pun menghukum SpongeBob dan Patrick untuk mengecat Krusty Krab.

Uniknya, Mr. Krabs juga tak sengaja mengucapkan 13 kata kotor terlarang saat kakinya tersandung batu. SpongeBob dan Patrick yang mendengar hal itu lalu melaporkan Mr. Krabs ke Ibunya,  tetapi mereka mengatakan kata-kata kotor di depan Mama Krabs sehingga Mama Krabs pingsan. Setelah sadar, Mama Krabs pun akhirnya menghukum Mr. Krabs, SpongeBob, dan Patrick dengan mengecat rumah Mama Krabs.

Baca Juga: 8 Fakta Patrick Star, Sahabat Terbaik SpongeBob SquarePants!

2. Episodenya sempat dapat kontroversi

Ketika ditayangkan, episode ini mendapat sambutan positif dari kritikus. Tapi di sisi lain, episode Sailor Mouth juga memperoleh kritikan tajam oleh  Parents Television Council, yang menganggap episode ini adalah contoh mempromosikan kata kasar pada anak-anak.

Hal ini Berdasarkan laporan bernama "Wolf in Sheep's Clothing", yang mendokumentasikan peningkatan berpotensi kekerasan, profanitas, dan konten seksual dalam program anak-anak. Ironisnya, musim kedua SpongeBob ini adalah  musim di mana PTC menyebut SpongeBob SquarePants salah satu program terbaik televisi kabel.

Nickelodeon sendiri membantah jika episode Sailor Mouth mengajarkan anak-anak untuk berkata 13 kata kotor SpongeBob. Menurutnya, ini merupakan cara untuk menyindir kata kasar secara implisit.

3. Sebetulnya apa sih kata-katanya?

Apa Saja 13 Kata Kotor SpongeBob yang Terdapat dalam Episode Sailor Mouth?quotesgram.com

13 kata kotor SpongeBob ini terinspirasi dari George Carlin, seorang standup comedian yang pada tahun 1972 merilis 7 kata kotor yang tak bisa diucapakan di sebuah acara televisi. Kata-kata itu kemudian bertambah menjadi 15 lalu 20 dan terakhir 68 kata.

Dalam episode Sailor Mouth sendiri, hanya 13 kata kotor yang dilarang untuk diucapkan. 

Dari 68 tersebut, Viola Rose, editor dari Quora memperhitungkan apa saja 13 kata kotor yang tersisa setelah mengeliminasi organ tubuh yang tak dimiliki makhluk laut dan juga makhluk yang tak ada di lautan.

Hasilnya? Kemungkinan besar inilah 13 kata tersebut:

Ass*ole
D*ke
F*g
S*it
D*mn
F*ck
J*rkoff
A*s
P*ick
B*tch
W*ore
T*at
G*ddamn


Ide saat membuat episode Sailor Mouth sendiri terinspirasi oleh pengalaman creative director Derek Drymon ketika memiliki masalah saat mengucapkan kata kotor di depan ibunya. "Adegan dimana Patrick berlari ke Mr. Krabs mengadu, dengan SpongeBob mengejarnya, seperti bagaimana itu terjadi di kehidupan nyata," ujar Drymon.

Pada akhir episode, terdapat adegan saat Mr. Krabs lebih banyak menggunakan kata kotor dibanding Patrick dan SpongeBob, juga terinspirasi oleh fakta bahwa ibuku Drymon pun bermulut pelaut atau kotor.

Erik Wiese, salah seorang kru SpongeBob SquarePants menjadikan Sailor Mouth sebagai episode SpongeBob SquarePants paling favoritnya. Sedangkan Nancy Basile di dari About.com menjadikan Sailor Mouth peringkat kedua dalam daftar Top 10 Episode SpongeBob SquarePants.

Baca Juga: 7 Fakta SpongeBob SquarePants, Sponge Laut yang Tinggal di Rumah Nanas

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU