Platform Terbaik untuk Gaming: Android vs iOS vs Windows Phone

Dalam penggunaan sistem operasi iOS, Android dan WP, kira-kira sistem operasi apa yang terbaik untuk gaming?

Platform Terbaik untuk Gaming: Android vs iOS vs Windows Phone

Platform Terbaik untuk Gaming: Android vs iOS vs Windows PhoneiOS, Android serta Windows Phone tidak dipungkiri sekarang bertengger di jejeran teratas pilihan sistem operasi Smartphone. Berbagai spesifikasi dan fitur kini muncul beragam, salah satunya untuk memanjakan para mobile gamer. Nah diantara ke tiga operating system ini, manakah platform terbaik untuk gaming? Berikut perbandingannya.


[page_break no="1" title="Spesifikasi yang Tersedia"]


Platform Terbaik untuk Gaming: Android vs iOS vs Windows PhoneSeperti yang sudah kita ketahui, kemampuan hardware adalah salah satu faktor pendukung utama untuk memainkan game tanpa lag di handphone. Kabar baiknya, di tahun 2015 untuk teknologi 64 bit sudah menjamur digunakan. Teknologi 64 bit telah ada selama lebih dari sepuluh tahun di arena desktop, tetapi akhirnya kini hadir di perangkat mobile dengan menggunakan Tegra K1 Denver, Snapdragon 808 dan Samsung Exynos 6 dan Exynos S.

[read_more link="https://static.duniaku.net/2015/07/Smartphone-terbaik-benchmark.jpg">Platform Terbaik untuk Gaming: Android vs iOS vs Windows Phone


[page_break no="2" title="Kompatibilitas Aplikasi"]


Platform Terbaik untuk Gaming: Android vs iOS vs Windows PhoneKalau ada hal yang sangat mencolok antara iOS, Android dan Windows Phone adalah kuantitas variasi vendornya. Android seperti yang kita tahu sudah digunakan oleh puluhan merk vendor, dalam berbagai ukuran layar dan hardware. Hal ini lah yang kemudian memunculkan masalah bagi Android. Developer game harus menyesuaikan game mereka dengan berbagai device Android untuk memastikan game nya berjalan dengan baik. Tapi tentu saja ini tidak mungkin dilakukan. Sehingga para developer hanya menggunakan device-device yang paling populer saja. Karenanya dalam hal ini, iOS masih lebih unggul.


[page_break no="3" title="Ekosistem Aplikasi"]


Platform Terbaik untuk Gaming: Android vs iOS vs Windows PhoneKamu akan dengan mudah menemukan katalog game pada App Store(iOS), Google Play (Android) serta Windows Phone Store (WP). Pada Februari 2014 yang lalu, tercatat bahwa Games menjadi kategori yang paling populer di Android. Tidak main-main sebesar 41,2 % total aplikasi yang di instal adalah dari kategori games.

Bersumber dari statista.com, untuk Google Play, hingga may yang lalu tercatat ada sebanyak 1,5 juta aplikasi dimana terdapat sebanyak lebih dari 300,000 game di dalamnya. Untuk App store, tercatat ada lebih dari 1,4 juta aplikasi dimana 25% nya adalah dalam kategori games. Sedangkan untuk Windows Phone Store, 340 ribu aplikasi dengan sebanyak 23% adalah games.

Hanya saja kuantitas tidak selalu berbanding dengan kualitas. Jika kamu melihat rating pada kategori games, App Store serta Windows Phone Store memiliki range bintang rata-rata empat. Sedangkan pada Android, hanya games-games teratas yang mendapatkan bintang empat. Dalam kategori ini, iOS serta Android adalah pilihan yang baik.

Artikel terkait

Latest