Apakah Tanpa Kurama, Naruto Adalah Hokage Terlemah?

Naruto tanpa Kurama memangnya lemah? Menurutmu?

Apakah Tanpa Kurama, Naruto Adalah Hokage Terlemah?

Pernahkah kamu berpikir, apakah Naruto tanpa Kurama sebenarnya sangat kuat? Atau mungkin, Naruto sebenarnya lemah dan tidak sehebat itu?

Sebelum memulai pembahasan, kita akan kembali mengingat ke masa lalu, saat anime dan manga Naruto baru pertama kali diperlihatkan. Alasannya, karena kita tidak akan bisa menentukan apakah Naruto tanpa Kurama lemah sebelum mengulik kejadian lama.

Mulai kapan Naruto secara aktif menggunakan kemampuan Kurama atau Kyubi? Naruto baru benar-benar menggunakan kemampuan Kurama saat dia sudah remaja, atau di Naruto: Shippuden. Bukankah dia pernah menggunakan Chakra Kurama saat kecil?

Chakra Kurama

Apakah Tanpa Kurama, Naruto Adalah Hokage Terlemah?

Saat kecil, Naruto memang pernah menggunakan kemampuan atau Chakra milik Kurama. Bukankah berarti sejak kecil Naruto sudah lemah, di saat teman-temannya berlatih dengan keras, dia justru menggunakan Kurama? Jawabannya, tidak juga.

Tidak seperti saat sudah remaja atau bahkan ketika menjadi Hokage, Naruto kecil menggunakan Chakra Kurama secara tidak sengaja. Ada kondisi terdesak, dan secara tidak ia sadari, Chakra Kurama itu keluar dan "membantu" pertarungan Naruto, salah satunya adalah ketika melawan Haku, serta melawan Sasuke di Lembah Kematian.

Naruto Kecil Memang Lemah

Apakah Tanpa Kurama, Naruto Adalah Hokage Terlemah?

Jadi Naruto itu lemah? Yup, terutama Naruto kecil, namun, jangan langsung berpikiran yang tidak-tidak. Maksudnya di sini, Naruto lemah dalam gaya pertarungan. Dibandingkan teman seangkatan lainnya, gaya pertarungan Naruto terbilang biasa dan penuh spontanitas.

Ciri khasnya memang teknik Seribu Bayangan, namun gaya pertarungan Naruto termasuk biasa. Harus kita akui, sebelum Naruto memiliki Rasengan, bahkan yang membuat pertarungan Naruto kecil terasa seru adalah poin berikutnya, yaitu:

Bersungguh-sungguh dan Kreatif

Apakah Tanpa Kurama, Naruto Adalah Hokage Terlemah?

Poin ini menunjukan bahwa Naruto tanpa Kurama bisa menjadi Ninja yang juga hebat. Ada beberapa kejadian yang menunjukan bahwa Naruto tanpa Kurama juga mampu mengalahkan musuh-musuh berbahaya.

Pertama saat dia bertarung melawan Kiba. Kurama tak dibutuhkan dalam pertarungan ini, dan dia lebih menggunakan kreatifitasnya dalam pertarungan ini. Sedangkan saat mengalahkan Neji, Naruto menggunakan kemampuan lainnya, yaitu bersungguh-sungguh (meskipun Kurama tetap membantu).

Naruto juga bisa dibilang cepat belajar, karena dia mampu belajar teknik Rasengan, bahkan membuat beberapa variasi jurus tersebut meskipun membutuhkan bantuan dari guru-gurunya tentu saja.


Ternyata, Naruto tanpa Kurama juga hebat dan berada di level yang cukup tinggi! Apa buktinya? Cek halaman selanjutnya!

Melebihi Jiraiya

Apakah Tanpa Kurama, Naruto Adalah Hokage Terlemah?

Apa maksudnya? Masih ingat saat Jiraiya masuk dalam mode Sennin? Dikatakan bahwa Jiraiya tidak bisa masuk dalam mode Sennin secara sempurna, karena itu Fukasaku dan Shima berada di pundak Jiraiya, agar perubahan mode Sennin Jiraiya bisa bertahan lama, dan bisa mendapatkan energi alam.

Berbeda dengan Naruto, di sini Naruto mampu menguasai mode Sennin, tanpa bantuan Nidaisengama atau dua katak tetua. Sekalipun Fukasaku atau Shima ingin membantu pertarungan Naruto dalam mode Sennin, tetap saja mereka tidak bisa karena ditolak Kurama.

Dari sini saja sudah jelas, bahwasanya Naruto mampu menguasai Sennin mode tanpa bantuak Chakra Kurama. Hebatnya lagi, Naruto mampu mengalahkan kelima Pain, meskipun Pain Tendo juga dibuat babak belur oleh Naruto Jinchuriki Mode, dan berhasil ditaklukan dengan kekuatannya sendiri.

Chakranya Besar

Apakah Tanpa Kurama, Naruto Adalah Hokage Terlemah?

Sebagai seorang Uzumaki, Naruto memiliki keuntungan, yaitu jumlah Chakra yang besar. Chakra besar ini menjadi kelebihan bagi seorang Naruto.

Pertama, dia mampu membuat Bunshin dengan jumlah yang bahkan tak bisa dihitung, tentu peran Chakra sangat penting di sini. Selanjutnya, Neji sendiri sudah melihatnya, ternyata Chakra milik Naruto sangat besar dan tidak main-main (meskipun tidak diketahui Chakra yang ia lihat sudah digabung dengan Kurama atau tidak).

Selain itu, Chakra sangat penting bagi seorang Jinchuriki. Dalam metode berbagi kekuatan, Kurama akan membagikan Chakra miliknya pada Naruto, namun ada harga yang harus ia bayar.

Naruto juga harus memberikan Chakra miliknya, jika tidak, maka tidak akan ada metode pembagian Chakra. Lalu bagaimana jika Chakra Naruto ternyata hanya sedikit? Sudah pasti dia akan mati, karena semua Chakra-nya diserap habis-habisan oleh Kurama.

Bisa dibilang, Naruto memiliki Chakra yang besar, ditambah Chakra milik Kurama, maka Naruto adalah karakter yang seperti gentong Chakra berjalan.


Ternyata Naruto bukan hanya lebih hebat dari gurunya, bahkan dia lebih hebat dari Kurama itu sendiri! Lalu apakah Naruto tanpa Kurama itu lemah? Kesimpulannya ada di halaman depan, ayo cek!

Naruto Lebih Kuat dari Kurama

Apakah Tanpa Kurama, Naruto Adalah Hokage Terlemah?

Apa buktinya? Naruto pernah melakukan pertarungan satu melawna satu dengan Kurama, dan Naruto mampu keluar sebagai pemenang.

Di sini, Naruto menggunakan kemampuannya secara penuh, meskipun memang ada bantuan dari Kushina, namun tetap saja, jika Naruto adalah orang biasa, tidak akan mungkin dia mampu mengalahkan seorang Biju, meskipun dengan bantuan sekalipun.

Satu-satunya momen Naruto yang hampir kalah dari Kurama adalah saat dia dipengaruhi hati dan pikirannya. Kurama yang ada di tubuh Naruto memang Kurama yang jahat, sedangkan Kurama yang baik justru dibawa matu oleh Minato Namikaze.

Meskipun hati dan pikiran Naruto pernah terkontaminasi oleh semua hal yang negatif dari Kurama, namun Naruto bisa melawan dengan bantuan ibunya, yang baru pertama kali dia temui.

Tidak hanya mengalahkan secara fisik, Naruto juga mengalahkan Kurama secara perasaan. Sudah ada beberapa orang yang hidup bersama dengan Kurama sebagai Jinchuriki, seperti Uzumaki Mito, dan Uzumaki Kushina.

Namun dari Jinchuriki Kurama sebelum Naruto, tidak ada yang mampu menjalin hubungan baik dengan Kurama, sementara Naruto berhasil membuat Kurama menghilangkan sifat keras kepala dan jahatnya, sehingga mereka bisa bekerja sama dengan baik.

Naruto Tanpa Kurama, Tetap Hokage Hebat

Apakah Tanpa Kurama, Naruto Adalah Hokage Terlemah?

Melihat fakta-fakta di atas, meskipun Naruto tanpa Kurama, dia tetaplah Hokage yang hebat. Mengikuti poin tentang Sennin mode di halaman sebelumnya, maka Naruto adalah Hokage yang menggunakan teknik Sennin jika tanpa Kurama.

Bagaimana dengan kemampuan Naruto tanpa Kurama? Ada di level mana Naruto? Menurut penulis sendiri, Naruto tanpa Kurama ada di level yang setara dengan tiga Sannin Legendaris, atau bahkan melebihinya.

Pertama, Naruto mampu melebihi Jiraiya, dalam hal pengendalian Sennin, bahkan dengan kreatifitas penggunaan Rasengan yang bervariasi dibandingkan Jiraiya.

Kemampuan Senjutsu Naruto juga berada di atas rata-rata, dari hal ini, maka kemampuan Taijutsunya cukup hebat untuk seorang Hokage. Tanpa Kurama sekalipun, Naruto mampu menjadi Hokage yang hebat dan diakui.


Itulah alasan kenapa Naruto tanpa Kurama tetaplah Hokage yang hebat. Bagaimana menurutmu? Setuju bahwa Naruto adalah karakter yang hebat meskipun tanpa Kurama? Jika tidak? Tulis pendapatmu di kolom komentar dan bagikan ke teman-temanmu, ya.

Artikel terkait

Latest