TUTUP

Anime To Game, Ketika Kesuksesan Anime Merambah Ke Game

Hingga saat ini, industri anime, manga, dan game menjadi industri besar yang patut diperhatikan terutama di negara asalnya, Jepang. Bahkan mungkin ketika ditanya mengenai apa itu anime dan manga, sebagian besar orang pasti tahu apa itu.

Hingga saat ini, industri anime, manga, dan game menjadi industri besar yang patut diperhatikan terutama di negara asalnya, Jepang. Bahkan mungkin ketika ditanya mengenai apa itu anime dan manga, sebagian besar orang pasti tahu apa itu. Tak terkecuali di Indonesia sendiri, sudah begitu banyak anime yang ditayangkan di stasiun televisi swasta (dan pastinya sudah di-dubbing) sehingga gaung anime sudah menyebar luas.

Kesuksesan anime ini mungkin berawal dari kesuksesan manga-nya yang sudah menjadi hits, seperti One Piece, Naruto, Bleach, Dragon Ball, dan lainnya. Tapi tak sedikit juga anime-anime yang diangkat dari light novel juga menjadi hits karena orisinalitas cerita atau animasi memukau, atau karena para seiyuu yang mendukung, seperti Toradora!, serial K-On!, atau Suzumiya Haruhi. Nah mengikuti kesuksesan versi anime-nya, banyak juga para developer game yang mengembangkan versi game dari anime-anime tersebut.

Tentu saja berbagai macam game yang diangkat dari anime-anime tersebut memiliki beragam kualitas dan genre, disesuaikan dengan tema anime yang bersangkutan. Seperti genre fighting yang memang cocok untuk Naruto dan Dragon Ball, atau genre action adventure untuk One Piece. Terlepas dari beragam kualitas dan genre tersebut, pastinya menyenangkan bukan untuk bermain sebagai karakter favoritmu di anime yang kamu sukai? Mengaku saja deh, karena saya sendiri juga merasa seperti itu kok hehe.

Untuk artikel kali ini, saya akan membahas beberapa game yang diangkat dari anime yang populer setahun belakangan ini, dan bukan termasuk anime seri yang panjang seperti One Piece atau Naruto. Hampir semua anime ini dirilis secara seri dalam satu season saja (ada beberapa yang sudah ditayangkan sepanjang dua season), dan mungkin kamu semua tidak akan menyangka bahwa anime-anime tersebut mendapatkan versi game-nya. Meskipun mungkin tidak semua game dari anime saya bahas di sini, tapi rasanya sudah cukup untuk mewakili keberagaman genre game-game yang berasal dari anime.

Lanjut ke halaman 2...

K-On! Houkago Live!! 

Dev / Pub :Konsol :Release Date :Genre : K-On! After School Live!!K-On!Bakuman. Mangaka e no MichiDev / Pub :Konsol :Release Date :Genre : BakumanBakuman: Road to Being A Manga ArtistAo no Exorcist: Toki no LabyrinthDev / Pub :Konsol :Release Date :Genre : Ao no ExorcistBlue ExorcistAo no ExorcistDigimon Story: Super Xros Wars Red; BlueDev / Pub :Konsol :Release Date :Genre : Digimon Story: Super Xros WarsDigimon Story DuskDawnDigimon StoryDigimon StoryNura Rise of the Yokai ClanDev / Pub :Konsol :Release Date :Genre : Nurarihyon no MagoNura Rise of the Yokai ClanPuella Magi Madoka Magica PortableDev / Pub :Konsol :Release Date :Genre : Puella Magi Madoka MagicaPuella Magi Madoka Magica PortableEtrian OdysseyRo-Kyu-Bu!Dev / Pub :Konsol :Release Date :Genre : Ro-Kyu-BuRo-Kyu-Toriko Gourmet Survival!Dev / Pub :Konsol :Release Date :Genre : TorikoToriko Gourmet Survival!Monster Hunter