Follow Duniaku untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow
WhatsApp Channel &
Google News
Semakin sedikitnya game yang mengutamakan alur cerita yang seru dan menantang didengarkan oleh Bethesda. Melalui ajang Game Awards, publisher ternama ini menyuarakan kampanye "selamatkan game single-player".
[duniaku_baca_juga] Akhir-akhir ini, semakin terlihat banyak game yang mengutamakan konten
multiplayer, dan jumlahnya pun sangatlah banyak apabila dibandingkan dengan game
single-player. Dengan semakin hilangnya game-game
single-player, para gamer minoritas yang mengejar alur cerita dibanding
online pun terkucilkan. Mungkin sebelumnya kalian akan ingat dengan EA yang menutup Visceral Games. Insiden yang terjadi pada bulan sebelumnya ini menggemparkan dunia
gaming, mengingat pada waktu itu EA mengemukakan alasan bahwa game yang dikembangkan Visceral "terlalu
linear dan tidak sesuai dengan yang mereka inginkan". [read_more id="353672"] EA juga mengemukakan pendapat mereka mengenai game dengan alur cerita yang
linear. Menurut mereka, gamer tentu akan tertarik pada game dengan model seperti itu, hanya jika game itu dirilis pada lima atau sepuluh tahun yang lalu. Komentar EA terdengar seperti mereka sudah tidak peduli terhadap konten
single-player. Selain EA, Rockstar Games juga tampaknya semakin lepas dari fokus konten mereka terhadap game
single-player. Sebelumnya, Rockstar sempat menjanjikan
single-player DLC yang menambahkan alur cerita yang baru untuk
Grand Theft Auto V. Hingga hari ini, Rockstar sama sekali tidak merilis DLC tersebut, hanya memfokuskan pengembangan pada
GTA Online. [youtube_embed id="DPl-YMq2WTM"] Dan itu hanya sebagian kecil dari hilangnya konten-konten yang mengutamakan keseruan
single-player. Melalui keresahan ini, Bethesda melayangkan kampanye melalui ajang
Game Awards yang bertemakan
#SavePlayer1. Bersama Lynda Carter yang dulunya berperan sebagai
Wonder Woman, Bethesda mengajak para pemain untuk menyelamatkan konten
single-player yang semakin ditelan oleh game
multi-player. "Game
single-player dengan fokus utama pada narasi telah menjadi titik utama pada game selama beberapa dekade. Namun akhir-akhir ini game dengan fokus pada
multiplayer semakin dicari. Hal ini membuat media dan para
gamer resah dan takut akan masa depan game
single-player," Sebut Bethesda. Bersamaan dengan video ini, Bethesda juga mendonasikan $100,000 pada
Entertainment Software Association Foundation untuk menyuplai lebih banyak beasiswa untuk calon pengembang masa depan. Bethesda juga menyebut mereka tidak akan berhenti mengembangkan game
single-player.
Diedit oleh Fachrul Razi