10 Drama Jepang Terbaik, Beragam Genre Wajib Tonton!

Tak kalah bagus dari drama Korea

10 Drama Jepang Terbaik, Beragam Genre Wajib Tonton!

Selain anime, Jepang juga banyak memproduksi drama berkualitas yang tak kalah bagus dari drama Korea atau drakor. Drama Jepang atau yang lebih akrab disebut dorama juga sangat bervariasi dari segi genre, mulai dari romance, hingga action.

Berikut ini dirangkum sejumlah rekomendasi drama Jepang terbaik yang tak boleh kamu lewatkan. Simak, yuk!

1. Great Teacher Onizuka

10 Drama Jepang Terbaik, Beragam Genre Wajib Tonton!dok. Fuji TV/ Great Teacher Onizuka

Pertama, ada Great Teacher Onizuka yang tayang pada tahun 2012 lalu dengan jumlah 11 episode.

Bertema school, dorama ini bercerita tentang Eikichi Onizuka, seorang mantan gangstar legendaris yang berpindah haluan menjadi guru SMA. Meski segala sesuatunya berawal dengan rumit, Onizuka perlahan mampu membuktikan bahwa dirinya adalah guru yang kompeten dan mampu membimbing murid-muridnya.

2. One Litre of Tears

10 Drama Jepang Terbaik, Beragam Genre Wajib Tonton!dok. Fuji TV/ One Litre of Tears

One Litre of Tears merupakan sebuah drama tragedi yang tayang pada tahun 2005 lalu. Series ini diangkat berdasarkan kisah nyata, di mana ceritanya mengadaptasi isi buku harian si protagonis.

Aya Ikeuchi adalah gadis berusia 15 tahun yang mendadak mengidap sebuah penyakit langka, di mana fungsi tubuhnya akan berhenti berfungsi secara perlahan.

3. Alice in Borderland

10 Drama Jepang Terbaik, Beragam Genre Wajib Tonton!dok. Netflix/Alice in Borderland 2

Selanjutnya, ada Alice in Borderland, sebuah dorama thriller yang perdana tayang pada akhir 2020 lalu.

Ceritanya mengikuti Arisu Ryohei dan seluruh penduduk Jepang lainnya yang tiba-tiba berpindah ke dunia paralel. Di sana, mereka dipaksa mengikuti game kematian yang menentukan nasib setiap orang, lalu berusaha mencari cara untuk bisa kembali ke dunia asli.

4. Unnatural

10 Drama Jepang Terbaik, Beragam Genre Wajib Tonton!dok. TBS/ Unnatural

Unnatural ialah drama bertema forensik tahun 2018 yang menceritakan upaya sekelompok dokter dalam menyelidiki misteri kematian tak wajar yang terkadang luput dari penyelidikan polisi.

Tak sebatas itu, setiap kali tim dokter bekerja, mereka akan dibawa lebih jauh ke dalam misteri yang lebih rumit dari yang terlihat oleh mata.

Baca Juga: 7 Drama Dilraba Dilmurat, Aktris China yang Memesona

5. Raifu

10 Drama Jepang Terbaik, Beragam Genre Wajib Tonton!dok. Fuji TV/ Raifu

Raifu atau Life merupakan drama Jepang terbaik selanjutnya yang tak boleh kamu lewatkan. Dorama tahun 2007 ini bercerita tentang lika-liku pertemanan yang dialami oleh Ayumu.

Semua bermula ketika Ayumu memulai pertemanan baru dengan siswi populer bernama Manami. Sampai suatu hari, Manami mengira bahwa Ayumu bermaksud merebut kekasihnya. Sejak saat itu, Manami dan kelompoknya mulai merundung Ayumu. Ayumu mulai kehilangan kendali atas dirinya sendiri.

6. Boys Over Flowers

10 Drama Jepang Terbaik, Beragam Genre Wajib Tonton!dok. TBS/ Boys Over Flowers

Diadaptasi dari manga berjudul serupa, Boys Over Flowers bercerita tentang Makino Tsukushi, siswi dari kalangan rendah namun cerdas yang bersekolah di sekolah elite.

Di sana, Makino bertemu dengan 4 laki-laki populer dari kalangan kelas atas. Kelompok siswa ini dikenal sebagai F4. Hubungan persahabatan hingga percintaan yang melibatkan Makino dan F4 yang berasal dari latar belakang berbeda pun dimulai.

7. Gokusen

10 Drama Jepang Terbaik, Beragam Genre Wajib Tonton!dok. NTV/ Gokusen

Kumiko Yamaguchi adalah guru magang yang ditugaskan untuk menangani satu kelas di sebuah SMA swasta khusus laki-laki. Konon, kelas tersebut terkenal karena berisi siswa-siswa pembuat onar yang sangat sulit diatur.

Mampukah Kumiko yang merupakan cucu seorang gangstar sekaligus calon penerus geng menangani kelas paling bermasalah tersebut?

8. First Love: Hatsukoi

10 Drama Jepang Terbaik, Beragam Genre Wajib Tonton!dok. Netflix/ First Love: Hatsukoi

First Love: Hatsukoi mengeksplorasi kisah cinta antara 2 insan yang pertama kali bertemu pada tahun 1990-an, lalu tumbuh bersama pada tahun 2000-an.

Yae Noguchi bermimpi untuk menjadi seorang pramugari. Sayangnya, dia mengalami kecelakaan, sehingga mimpi tersebut harus dikubur begitu saja. Sementara itu, Harumichi Namiki berhasil menjadi pilot, tetapi memutuskan berhenti dan memilih jalan lain.

9. Do Not Say Mystery

10 Drama Jepang Terbaik, Beragam Genre Wajib Tonton!dok. Fuji TV/ Do Not Say Mystery

Diadaptasi dari manga, Do Not Say Mystery adalah dorama misteri yang bercerita tentang seorang mahasiswa yang disebut sebagai pemecah misteri.

Cerita berawal ketika mahasiswa bernama Kuno Totono tersebut diselidiki oleh polisi karena dicurigai sebagai tersangka pembunuhan, di mana korbannya saat itu adalah teman sekelas Kuno.

10. Atelier

10 Drama Jepang Terbaik, Beragam Genre Wajib Tonton!dok. Netflix/ Atelier

Terakhir, ada Atelier. Ceritanya berpusat pada Mayuko Tokida, mahasiswa lulusan jurusan tekstil yang sama sekali tak tertarik pada dunia fashion.

Suatu hari, Mayuko memulai hari pertamanya sebagai pegawai Emotion, sebuah perusahaan yang berspesialisasi dalam produksi lingerie. Pada hari pertamanya, Mayuko langsung dihadapkan pada berbagai kesibukan di industri fashion.

Itulah beberapa rekomendasi drama Jepang terbaik yang tak boleh kamu lewatkan. Punya rekomendasi dorama lainnya? Tulis di kolom komentar, yuk!

Untuk informasi yang lebih lengkap soal anime-manga, film, game, dan gadget, yuk gabung komunitas Warga Duniaku lewat link berikut:

Discord: https://bit.ly/WargaDuniaku
Tele: https://t.me/WargaDuniaku

Baca Juga: 10 Rekomendasi Drama Jepang Romantis Terbaik Wajib Nonton

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU