TUTUP

Beragam Tipe MBTI Karakter Upin & Ipin, Ada yang Setipe?

Inilah tipe MBTI karakter Upin & Ipin sesuai teori penggemar

Upin & Ipin dan Kawan-kawan persembahan Les' Copaque Production adalah serial animasi anak asal Malaysia yang disukai banyak orang. Di samping ceritanya yang menginspirasi dan sarat akan pesan moral, serial ini memperkenalkan banyak karakter ikonis yang berhasil menjadi daya tarik lain yang diperhitungkan para penggemarnya.

Masing-masing karakter tampil dengan perannya tersendiri. Tak sampai di situ, kepribadian yang beragam juga menjadi ciri khas yang membuat setiap karakter memiliki kesan unik dan bisa dikenali dengan mudah oleh penggemarnya.

Bicara soal kepribadian, kamu pasti tak asing dengan Myers-Briggs Type Indicator, atau yang lebih populer disingkat MBTI. Ini merupakan semacam indikator atau psikotes untuk menganalisis tipe kepribadian seseorang.

Ada 16 tipe kepribadian yang dikembangkan dari 4 dimensi kecenderungan sifat dasar manusia. Nah, inilah deretan tipe MBTI karakter Upin & Ipin berdasarkan teori para penggemar!

1. Upin - ENFJ

dok. LCP/ Upin & Ipin

Berdasarkan spekulasi fans, Upin adalah seorang ENFJ (Extrovert, Intuition, Feeling, Judging). Tipe MBTI satu ini juga dikenal sebagai kepribadian protagonis.

Sebagai seorang ENFJ, Upin digambarkan sebagai sosok yang senang membantu orang lain. Dia juga pribadi yang hangat dan selalu berterus terang. Bahkan, ENFJ juga dikenal sebagai karakter yang cocok berperan layaknya pemimpin.

Memang, meskipun hanya lebih tua 5 menit, Upin mampu menunjukkan sikap yang lebih dewasa dibanding sang adik. Jangan lupa pula, Upin adalah anak yang punya tekad dan mimpi yang besar.

2. Ipin - ENFP

dok. LCP/ Upin & Ipin

Upin dan Ipin memang saudara kembar, tetapi kepribadian mereka benar-benar berbeda, lho! Kalau Upin adalah ENFJ, maka Ipin adalah seorang ENFP yang meliputi Extrovert, Intuition, Feeling, dan Perceiving.

Sebagai ENFP, Ipin punya jiwa kepemimpinan yang mirip seperti abangnya. Dia juga memiliki rasa kepedulian yang tinggi terhadap sesama, dan cenderung mengedepankan perasaan ketika dihadapkan pada berbagai situasi.

Ipin juga tampil sebagai pribadi yang selalu antusias dan ceria, didukung dengan kemampuan bersosialisasinya yang sangat baik.

3. Kak Ros - ESTJ

dok. LCP/ Upin & Ipin

Dilihat dari kepribadian Kak Ros, dia tergolong sebagai karakter dengan tipe ESTJ (Extrovert, Sensing, Thinking, Judging). Mereka yang tergolong tipe MBTI satu ini tampil sebagai pribadi yang selalu percaya diri akan tindakan dan pemikirannya sendiri.

Jangan lupa, seorang ESTJ seperti Kak Ros juga punya jiwa kepemimpinan yang besar, sehingga orang-orang bertipe ini biasanya dijuluki sebagai 'si pelaksana'. Selain itu, si ESTJ juga dikenal akan sikap disiplin dan tegasnya. Benar-benar cocok dengan pribadi Kak Ros, bukan?

Baca Juga: Daftar Lagu Upin & Ipin Terpopuler, Ada dari Band Indonesia!

4. Opah - ISFJ

dok. Les' Copaque Production/ Upin & Ipin

Opah adalah seorang ISFJ (Introvert, Sensing, Feeling, Judging), yakni salah satu tipe kepribadian yang paling banyak dimiliki oleh orang-orang di seluruh dunia.

Seorang ISFJ seperti Opah cenderung sensitif dan sangat peduli terhadap orang di sekitarnya. Alhasil, mereka biasanya akan menyadari jika ada sesuatu yang salah pada diri orang lain.

Seorang ISFJ juga digolongkan sebagai introver yang terstruktur. Artinya, mereka sangat tertib terhadap berbagai hal dalam hidupnya. Satu lagi, mereka juga sangat peka terhadap perasaan orang lain, lho!

5. Tok Dalang - ESTP

dok. LCP/ Upin & Ipin

ESTP (Extrovert, Sensing, Thinking, Perceiving) adalah tipe MBTI Tok Dalang. Dia merupakan sosok yang ramah dan senang bersosialisasi dan memiliki kemampuan untuk memengaruhi orang lain.

Tok Dalang juga merupakan pribadi yang tegas. Namun, sayangnya, orang sepertinya terkadang tak peka terhadap sekitar.

6. Mail - ISTP

dok. Les' Copaque Production/ Upin & Ipin

Mail adalah karakter Upin & Ipin dengan tipe MBTI ISTP yang mencakup Introvert, Sensing, Thinking, dan Perceiving. Orang-orang sepertinya tampil sebagai sosok yang mandiri dan suka mengeksplorasi hal-hal baru.

Seorang ISTP cenderung mengutamakan logika daripada emosi ketika hendak mengambil keputusan, sehingga biasanya bisa lebih mudah dalam memecahkan suatu masalah.

7. Mei Mei - ENTP

dok. Les' Copaque/ Upin & Ipin

ENTP (Extrovert, Intuition, Thinking, Perceiving) umumnya adalah pribadi yang cerdas, kreatif, dan inovatif. Ini sangat cocok dengan sosok Mei Mei dalam serial Upin & Ipin.

Seorang ENTP juga dikenal sebagai pribadi yang senang berdebat, jadi tak heran jika julukan mereka adalah 'si Pendebat'.

Tak hanya itu, tipe kepribadian seperti Mei Mei juga sangat senang berosialisasi. Lebih utamanya lagi, ENTP sepertinya sangat menyukai hal-hal baru dan selalu antusias untuk mempelajari banyak hal.

Baca Juga: Berbagai Nilai Moral dalam Upin & Ipin yang Bisa Dipelajari!

8. Ehsan - ESFP

dok. LCP/ Upin & Ipin

Ehsan adalah seorang ESFP (Extrovert, Sensing, Feeling, Perceiving). Orang-orang sepertinya umumnya ramah dan dikelilingi banyak teman.

Selain suka bersosialisasi, seorang ESFP biasanya juga sangat optimis dan berani. Mungkin inilah salah satu alasan mengapa sosok sepertinya bisa dipercaya sebagai Ketua Kelas Bakti di Tadika Mesra.

Oh, iya, orang dengan tipe MBTI satu ini juga dikenal kooperatif dan punya rasa empati yang tinggi, lho!

9. Fizi - ENTP

dok. Les' Copaque Productions/ Upin & Ipin

Seperti Mei Mei, Fizi tampaknya juga digolongkan sebagai seorang ENTP, terutama dari kecenderungannya yang suka berdebat. Lebih tepatnya, Fizi ini sangat blak-blakan dan terlalu senang mengomentari kehidupan orang lain tanpa pikir panjang.

Karakter yang terbuka sepertinya mungkin terasa positif di saat-saat tertentu. Namun, kalau tak bisa mengontrol dan menempatkan diri, sifat tersebut hanya akan membuat Fizi dibenci orang.

10. Jarjit - ISTJ

dok. LCP/ Upin & Ipin

Sementara itu, Jarjit dikategorikan sebagai seorang ISTJ (Introvert, Sensing, Thinking, Judging).

Karakter sepertinya adalah pribadi yang cenderung serius dan selalu memperhatikan hal-hal kecil. Mereka juga biasanya realistis dan setia. Sayangnya, seorang ISTJ terkadang kaku dalam beberapa hal.

Nah, itulah tipe MBTI karakter Upin & Ipin berdasarkan teori para penggemar. Punya pendapat berbeda? Tulis di kolom komentar, yuk!

Untuk informasi yang lebih lengkap soal anime-manga, film, game, dan gadget, yuk gabung komunitas Warga Duniaku lewat link berikut:

Discord: https://bit.ly/WargaDuniaku
Tele: https://t.me/WargaDuniaku

Baca Juga: Apakah Kampung Durian Runtuh Upin & Ipin Itu Nyata? Ini Faktanya!