TUTUP

5 Fakta Nyonya Ahwei di Upin & Ipin, Sosok Sultan Lainnya!?

Pengusaha keren yang jarang disorot!

Upin & Ipin dan Kawan-kawan adalah serial animasi asal Malaysia yang diproduksi oleh Les' Copaque Production dan merupakan ciptaan H. Burhanuddin Radzi bersama sang istri, yakni Hj. Ainon Ariff.

Pertama kali tayang pada September 2007 lalu, kartun 3D yang sebenarnya dikhususkan untuk penonton anak-anak ini mulanya hanya memperkenalkan beberapa karakter inti saja, mengingat tujuan awalnya yang hanya dimaksudkan sebagai acara tv spesial bulan suci Ramadan.

Selain karena hal tersebut, faktor operasional juga menjadi alasan lain mengapa Upin & Ipin hanya menghadirkan karakter secara terbatas. Pihak produksi saat itu dikejar jadwal tayang, dan mereka juga tak memiliki cukup dana untuk membuat lebih banyak karakter.

Namun, Upin & Ipin kini telah dikenal luas, khususnya di wilayah Asia Tenggara seperti Indonesia, Singapura, hingga Brunei Darussalam. Oleh sebab itu, semakin berkembang pula topik yang diangkat dalam ceritanya, dan begitu pula dengan pengenalan karakter yang semakin bervariasi.

Memang tak semua karakter yang muncul lantas menjadi tokoh utama. Namun, kemunculan para karakter sampingan biasanya juga sukses mencuri perhatian penggemar, misalnya karakter bernama Nyonya Ahwei.

Siapa dia? Simak deretan fakta Nyonya Ahwei di Upin & Ipin berikut ini, yuk!

1. Debut di episode "Jurus Motor Terbang"

dok. LCP/ Upin & Ipin

Nyonya Ahwei merupakan salah satu tokoh pendukung yang diperkenalkan dalam serial Upin & Ipin. Karakter satu ini debut dalam episode "Motor Kapcai" atau "Jurus Motor Terbang" untuk versi MNCTV. Ini merupakan bagian dari musim ke-16 yang perdana tayang pada 22 Oktober 2022 lalu.

Dalam episode tersebut, Upin dan Ipin diajak oleh Tok Dalang berkeliling menggunakan motor kapcai alias motor bebek jadulnya. Namun, di tengah jalan, motor tersebut mogok. Meski sempat nyala kembali, tetapi motor Tok Dalang kembali mati. Mau tak mau, Tok Dalang harus membawa motor kesayangannya tersebut ke bengkel.

Nah, di sanalah karakter Nyonya Ahwei diperlihatkan pertama kali. Dia digambarkan sebagai perempuan dengan postur tubuh yang cukup kecil, tapi bukan berarti masih anak-anak. Dia juga menggunakan kacamata serta rambut yang dikuncir 1.

2. Jago memperbaiki motor

dok. LCP/ Upin & Ipin

Episode "Jurus Motor Terbang" tersebut menyoroti seorang montir perempuan yang tak lain ialah Nyonya Ahwei. Upin dan Ipin saat itu sempat meragukan keterampilan Nyonya Ahwei ketika memperbaiki motor Tok Dalang, apalagi keduanya belum pernah melihat perempuan melakukan pekerjaan yang umumnya memang dikerjakan oleh laki-laki.

Ketika Tok Dalang tiba, Ahwei dengan cekatan mengecek kondisi motor tua tersebut, bahkan tak ragu-ragu menjilat olinya. Dia juga terlihat sangat kuat untuk mengangkat motor kapcai Tok Dalang dengan tubuhnya yang kecil.

Meskipun caranya cukup aneh, tetapi terbukti Nyonya Ahwei adalah montir yang dapat diandalkan. Tak butuh waktu lama baginya untuk menyervis motor bebek yang sudah menemani Tok Dalang sejak masih lajang hingga memiliki cucu seperti saat ini.

Baca Juga: 10 Karakter Misterius di Upin & Ipin, Siapa Sih Mereka?

3. Seorang pengusaha sukses

dok. LCP/ Upin & Ipin

Faktanya, Kedai Motor Ahwei tak hanya menyediakan jasa perbaikan motor, lho! Lebih dari itu, bengkel tersebut ternyata juga menyediakan motor untuk dijual.

Setelah selesai dengan motor kapcai Tok Dalang, Nyonya Ahwei kembali kedatangan pelanggan yang tak lain adalah Bang Salleh. Salleh saat itu menanyakan perihal motor pesanan yang akan ia beli.

Mendengar itu, Tok Dalang lantas mengejeknya dan berkata bahwa Bang Salleh sudah mengikuti ujian SIM berkali-kali dan selalu gagal. Semua yang mendengar itu tertawa terbahak-bahak, tak terkecuali Nyonya Ahwei.

Dengan bisnis yang karakter keturunan Tionghoa tersebut kelola seorang diri, tak perlu diragukan lagi bahwa sosok Nyonya Ahwei masuk dalam jajaran sultan yang ada di Kampung Durian Runtuh.

4. Kemunculan keduanya sejauh ini ialah di episode "Kartunis Legenda Dato Lat"

dok. LCP/ Upin & Ipin

Mengingat peran Nyonya Ahwei yang hanya sebatas karakter sampingan, tak heran jika sosoknya jarang dimunculkan dalam serial Upin & Ipin. Namun, setelah kemunculan perdananya, karakter Nyonya Ahwei kembali diperlihatkan setahun kemudian, tepatnya dalam episode "Kartunis Lagenda".

Di episode yang masih sama-sama menjadi bagian dari musim ke-16 tersebut, Nyonya Ahwei muncul di awal. Dia terlihat tengah menikmati kopi panas dan wafer di depan bengkelnya.

Tak lama berselang, muncul Upin dan Ipin yang bersepeda dengan kencangnya. Keduanya melewati bengkel Nyonya Ahwei dan menyapanya, sehingga si pemilik bengkel pun tersentak kaget dan meneriaki bocah kembar tersebut.

5. Seorang staf Les' Copaque Production memiliki nama yang sama dengannya

dok. LCP/ Upin & Ipin

Menariknya, nama Ahwei juga dikenal sebagai salah satu sosok penting di balik layar, lho! Tepatnya, dia adalah seorang staf di Les' Copaque Production, yakni perusahaan produksi yang menggarap serial Upin & Ipin dan Kawan-kawan.

Nama asli staf tersebut ialah Tan Shiek Wei atau yang dikenal pula dengan nama Ah Wei. Dia termasuk sosok penting karena tanggung jawabnya di beberapa posisi sekaligus.

Nyonya Ah Wei di dunia nyata adalah seorang Direktur Penelitian & Pengembangan untuk Les' Copaque Production. Selain itu, dia juga berperan penting di departemen efek khusus, tepatnya sebagai ketua.

Dalam film pertama perusahaan tersebut, yakni Geng: Pengembaraan Bermula, Tan Shiek Wei mengambil peran sebagai pengisi suara untuk karakter Lucy. Dia mengisi peran ganda, sebab di balik layar, Nyonya Ah Wei bertanggung jawab untuk urusan setting dan latar belakang.

Tak hanya itu, sosok satu ini juga turut terlibat dalam garapan film Upin & Ipin: Keris Siamang Tunggal, lho!

Nah, itulah beberapa fakta Nyonya Ahwei di Upin & Ipinsalah satu karakter sampingan yang ternyata juga punya peran penting di balik layar. Bagaimana menurutmu?

Untuk informasi yang lebih lengkap soal anime-manga, film, game, dan gadget, yuk gabung komunitas Warga Duniaku lewat link berikut:

Discord: https://bit.ly/WargaDuniaku
Tele: https://t.me/WargaDuniaku

Baca Juga: Teori: Kenapa Susanti di Upin & Ipin Tidak Balik ke Indonesia?