TUTUP

6 Episode Upin & Ipin Paling Seru, Ada Tema Futuristik!

Ditonton ulang berkali-kali pun gak akan bosan!

Upin & Ipin adalah serial animasi 3D asal Malaysia yang diproduksi oleh Les' Copaque Production. Sejak penayangan perdananya pada September 2007 silam, kartun anak satu ini terus mencuri popularitas yang tinggi dari kalangan para penonton, baik di negara asalnya maupun sejumlah negara tetangga seperti Indonesia.

Upin & Ipin punya daya tarik yang khas, sehingga tak heran jika jumlah penggemarnya terus berkembang dari waktu ke waktu. Di antara beberapa aspek yang menjadi alasan mengapa orang-orang menyukai serial ini, alur cerita yang menarik bisa dikatakan sebagai salah satu faktor terbesarnya.

Secara garis besar, Upin & Ipin bercerita tentang keseharian 2 bocah kembar yang menghabiskan waktunya untuk belajar dan bermain bersama teman-temannya. Namun, penonton tak akan dibuat bosan sebab tema cerita yang ditawarkan sangat bervariasi, bahkan ada tema futuristik yang menampilkan latar khayalan.

Nah, inilah deretan episode Upin & Ipin paling seru yang tak boleh kamu lewatkan!

1. "Demi Metromillenium"

dok. LCP/ Upin & Ipin

"Demi Metromillenium" adalah episode ke-37 hingga ke-42 dalam musim ke-4 Upin & Ipin dan Kawan-kawan yang pertama kali tayang pada Desember 2010 lalu. Episode ini dibuka dengan Ehsan yang memamerkan kostum Sarjan Husin 3000 pemberian ayahnya yang diketahui sangat mahal.

Dari situ, Upin dan Ipin membuat kostum sendiri dari bahan seadanya. Kedua bocah itu pun berkhayal menjadi polisi masa depan di Kota Metromillenium dengan panggilan Sarjan Upin dan Sarjan Ipin.

Di episode tersebut, Upin dan Ipin mendapatkan misi penting untuk mengungkap peristiwa hilangnya Leucadendron Vroom Vroom, yakni teknologi canggih berbentuk gasing ciptaan Dr. Jarjit. Tanpa alat tersebut, seisi kota pun kehilangan energi listrik dan menjadi gelap gulita.

Usut punya usut, pelaku pencurian tersebut tak lain ialah Dr. Sally. Dia dulunya adalah ilmuwan ternama, tetapi namanya mulai jatuh semenjak kehadiran Dr. Jarjit.

2. "Metrobot, Bergabung!"

dok. LCP/ Upin & Ipin

Masih dengan tema futuristik, kali ini ada "Metrobot, Bergabung!" yang merupakan 6 episode terakhir dari musim ke-5.

Rilis perdana pada Desember 2011, episode ini menyoroti khayalan Upin dan Ipin saat mereka sedang menonton film Sarjan Husin di komputer ketika berkunjung ke pusat internet di Kampung Durian Runtuh.

Masih berkaitan dengan episode "Demi Metromillenium", kali ini Sarjan Upin, Ipin, serta rekan-rekan ilmuwannya sedang menyelidiki robot misterius yang sangat mirip dengan robot milik Dr. Sally yang saat itu sudah mendekam di penjara.

Gawatnya, Dr. Sally berhasil kabur berkat bantuan anak didiknya yang diketahui bernama Lisa. Sarjan Upin dan Sarjan Ipin pun tak punya pilihan lain selain melawan guru dan murid yang dipersenjatai dengan berbagai teknologi canggih tersebut.

3. "Kembara ke Pulau Harta Karun"

dok. LCP/ Upin & Ipin

Selain "Pasi papasi pasi pasi paga", "Pulu pulu" juga menjadi salah satu bahasa unik terpopuler yang muncul dalam serial Upin & Ipin. "Pulu pulu" sendiri mengacu pada sebuah suku fiksi yang diperkenalkan dalam episode spesial "Kembara ke Pulau Harta Karun".

Dalam episode tersebut, Hang Upin dan Hang Ipin melakukan petualangan mencari harta karun bersama Putri Mei Mei dan musuhnya, yakni Kapten Jarjit Singh serta anak buahnya: Ehsan, Fizi, dan Mail.

Setelah tiba di Pulau Harta Karun, mereka harus melalui banyak rintangan, mulai dari burung garuda yang menghancurkan kapal yang mereka tumpangi, hingga raksasa batu yang menantang mereka untuk beradu kecerdasan.

Sialnya, harta karun yang mereka cari ternyata telah diambil lebih dulu oleh orang Pulu Pulu. Meski sempat ditahan, Upin, Ipin, dan kelompoknya berhasil bebas dan berteman baik dengan penduduk asli pulau tersebut.

Sayangnya, Jarjit berulah. Dia mencuri harta karun dari suku tersebut. Upin, Ipin, dan yang lainnya pun menjadi kembali dikejar.

Baca Juga: Siapa Anak Tok Dalang di Upin & Ipin? Ini Jawabannya!

4. "Kembara Kembar Nakal"

dok. LCP/ Upin & Ipin

Episode Upin & Ipin paling seru berikutnya ialah "Kembara Kembar Nakal" di musim ke-7. Dalam episode ini, diungkap salah satu pekerjaan sampingan Kak Ros, yakni sebagai seorang komikus.

Komik karya Kak Ros yang berjudul Kembara Kembar Nakal terbit setiap hari Minggu di majalah tertentu. Upin dan Ipin mengetahui dan mulai menyukai komik tersebut setelah teman-teman membahasnya di kelas.

Beberapa hari setelah membaca bab terbaru dari komik tersebut, Upin dan Ipin mulai sadar bahwa cerita yang disajikan sangat mirip dengan adegan ketika keduanya tengah bermain di rumah.

Tak lama sejak hari itu, mulailah terbongkar bahwa Kak Ros adalah penulis komik tersebut dan cerita terbaru yang dia tulis memang terinspirasi dari adik-adiknya sendiri.

5. "Selamatkan Neo Santara"

dok. LCP/ Upin & Ipin

Selanjutnya, ada episode "Selamatkan Neo Nusantara" yang merupakan bagian dari musim ke-11 serial Upin & Ipin. Episode ini mengeksplorasi salah satu pekerjaan Abang Salleh, yakni sebagai sutradara. Saat itu, ia tengah melakukan syuting film memanfaatkan teknologi green screen.

Dalam film yang Bang Salleh sutradarai tersebut, diperkenalkan kota futuristik bernama Neo Santara. Di sana, ada banyak robot yang hidup berdampingan dan membantu pekerjaan manusia. Salah satu orang yang memanfaatkan teknologi tersebut ialah Mail.

Episode ini terasa cukup berkesan karena menyoroti dampak negatif yang mungkin terjadi ketika pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh manusia mulai diambil alih oleh robot.

Film yang diunggah ke situs resmi Abang Salleh yang menyerupai YouTube tersebut berhasil menarik minat banyak orang dengan jumlah penonton yang sangat tinggi.

6. "Neo Santara: Demam Karat"

dok. LCP/ Upin & Ipin

Episode "Neo Santara: Demam Karat" merupakan sekuel dari episode "Selamatkan Neo Santara".

Kota futuristik Neo Santara kali ini dihadapkan pada masalah baru, yakni wabah karat yang menginfeksi robot-robot di kota. Jika tak segera mengambil tindakan, kota tersebut bisa saja hancur seketika, sebab Neo Santara merupakan kota robot dunia.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Upin dan Ipin pun beraksi!

Itulah beberapa episode Upin & Ipin paling seru yang wajib kamu tonton. Apa episode terseru versi kamu?

Untuk informasi yang lebih lengkap soal anime-manga, film, game, dan gadget, yuk gabung komunitas Warga Duniaku lewat link berikut:

Discord: https://bit.ly/WargaDuniaku
Tele: https://t.me/WargaDuniaku

Baca Juga: Beragam Tipe MBTI Karakter Upin & Ipin, Ada yang Setipe?