Rekomendasi 5 Film Kemerdekaan Indonesia, Wajib Tonton di HUT RI!

Film yang memberikan gambaran perjuangan bangsa.

Rekomendasi 5 Film Kemerdekaan Indonesia, Wajib Tonton di HUT RI!

Sebagai rakyat yang mencintai bangsanya, sudah sepantasnya kita turut merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang jatuh setiap17 Agustus. Kita perlu mengenang perjuangan para pahlawan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

Tidak perlu ikut berperang, dengan menonton film bertema kemerdekaan, sudah cukup bagi kita untuk mengenang perjuangan pahlawan Indonesia. Berikut disajikan beberapa rekomendasi film kemerdekaan Indonesia yang bisa ditonton pada Hari Kemerdekaan.

1. Pasukan Berani Mati (1982)

Rekomendasi 5 Film Kemerdekaan Indonesia, Wajib Tonton di HUT RI!dok. Rapi Films/ Pasukan Berani Mati

Disutradarai oleh Imam Tantowi, film kemerdekaan Indonesia berjudul Pasukan Berani Mati yang rilis pada tahun 1982 silam ini merupakan film yang menceritakan pengorbanan pasukan Indonesia demi melawan penjajah. 'Pasukan Berani Mati' ini ada karena terbunuhnya Kapten Bondan yang diperankan oleh Dicky Zulkarnaen ketika perang melawan Belanda.

Baca Juga: Sutradara One Piece Film Red Sudah Tahu Ending One Piece 24 Tahun Lalu

2. Merah Putih I, II, III (2009-2011)

Rekomendasi 5 Film Kemerdekaan Indonesia, Wajib Tonton di HUT RI!dok. Media Desa Indonesia/ Merah Putih

Merah Putih I merupakan film bertema kemerdekaan pertama untuk serial Trilogi Merdeka. Tayang perdana pada 2009 lalu, film ini bercerita tentang persahabatan beberapa karakter fiktif yang berjuang dalam perang gerilya melawan penjajah.

Film kedua dari Trilogi Merdeka yaitu Merah Putih II atau dikenal juga dengan judul Darah Garuda yang rilis pada tahun 2010. Kemudian, film terakhinya dirilis pada tahun 2011 lalu dengan judul Merah Putih III atau Hati Merdeka.

Baik film pertama, kedua, maupun ketiga, semuanya akan mengangkat peristiwa bersejarah ketika masa penjajahan Belanda, yakni Agresi Militer Belanda I.

3. Sang Pencerah (2010)

Rekomendasi 5 Film Kemerdekaan Indonesia, Wajib Tonton di HUT RI!dok. Multivision Plus/ Sang Pencerah

Film tentang kemerdekaan Indonesia garapan sutradara Hanung Bramantyo yang satu ini harus masuk dalam daftar tonton memperingati Hari Kemerdekaan. Tayang perdana pada tahun 2010, film bertajuk Sang Pencerah bercerita tentang tokoh pendiri Muhammadiyah, yaitu K.H. Ahmad Dahlan. 

4. Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta (2018)

Rekomendasi 5 Film Kemerdekaan Indonesia, Wajib Tonton di HUT RI!dok. Mooryati Soedibyo Cinema/ Sultan Agung

Masih garapan Hanung Bramantyo, film bertema kemerdekaan selanjutnya yang wajib ditonton adalah Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta. Film yang tayang pada 2018 lalu ini mengangkat kisah tokoh raja ketiga Kerajaan Mataram, yaitu Sultan Agung Hanyakrakusuma, yang berperang melawan Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) bersama rakyatnya.

5. Perburuan (2019)

Rekomendasi 5 Film Kemerdekaan Indonesia, Wajib Tonton di HUT RI!dok. Falcon Pictures/ Perburuan

Film berjudul Perburuan adalah film garapan Richard Oh yang tayang pada 2019 lalu. Film ini berkisah tentang pasukan PETA atau Pembela Tanah Air dengan berfokus pada perjuangan tokoh bernama Hardo yang diperankan oleh Adipati Dolken. Film kemerdekaan Indonesia ini merupakan adaptasi dari novel karya Pramoedya Ananta Toer dengan judul yang sama.

Nah, itulah lima rekomendasi film kemerdekaan Indonesia. Selain terhibur, tentunya kamu bisa mempelajari sejarah lewat film-film tersebut. Yuk, tingkatkan rasa cinta Tanah Air bersama!

Baca Juga: 7 Film Korea tentang Dunia Kepolisian, Penuh Misteri!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU