Sony Indonesia Umumkan Pemenang Kompetisi One Minute Film

Yang jadi juara filmnya memang unik dan menarik nih!

Sony Indonesia Umumkan Pemenang Kompetisi One Minute Film

Jakarta, Duniaku.com - Pada tanggal 8 Maret 2024, Sony Indonesia mengumumkan pemenang dari kompetisi "One Minute Film" tingkat nasional dalam acara Screening & Awarding yang diadakan di di CGV Grand Indonesia.  

Siapa pemenangnya? Simak di bawah ini! 

1. Pemenangnya

Sony Indonesia Umumkan Pemenang Kompetisi One Minute FilmWinner One Minute Film. (Dok. Sony Indonesia)

Kompetisi pembuatan film “One Minute Film” diikuti oleh peserta dari berbagai daerah di
Indonesia dan dinilai oleh panelis juri yang berprofesi sebagai sinematografer atau sutradara film profesional yaitu, Bagoes Tresna, Fajar Bustomi, dan Upie Guava.

Runner-up dari kompetisi pembuatan "One Minute Film" adalah film berjudul "The Endline" sementara pemenangnya adalah film berjudul "Yok Shooting Yok."

Sony Indonesia juga memberi penghargaan untuk 10 film terfavorit, sebagai apresiasi atas tingginya antusiasme para pembuat film yang mengikuti kompetisi.

Film berjudul “Yok Shooting Yok” yang menjadi pemenang utama adalah karya dari Table Two Films. Filmnya menceritakan tentang kisah perjalanan Danny, seorang sineas muda, dalam melewati berbagai fase di dunia perfilman untuk menggapai mimpinya menjadi seorang sutradara.

Pemenang mendapatkan kamera Sony Cinema Line FX3. 

Sedangkan “The Endline” yang menjadi pemenang runner-up adalah karya Faiz Fathurrohman, bercerita tentang seseorang yang hendak dilahirkan ke bumi dengan tujuan untuk merubah kondisi bumi yang telah dirusak oleh manusia.

Runner-up memperoleh kamera Sony Cinema Line FX30. 

Secara keseluruhan, para pemenang utama dan runner-up kompetisi “One Minute Film” akan menerima hadiah berupa produk kamera Sony dengan total hingga Rp 95.000.000.

Hal ini adalah salah satu upaya Sony dalam mendukung semangat para pemenang untuk terus berkarya dengan kamera Cinema Line FX3 dan FX30 yang dapat memenuhi kebutuhan produksi video, sehingga sangat cocok untuk pembuat film pemula maupun profesional.

Sedangkan untuk pemenang Top 5 Most Favorite dan Top 10 Most Favorite akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai senilai total Rp 30.000.000.

BSM Entertainment yang menjadi Rental House mitra pada kompetisi ini juga memberikan apresiasi dan dukungan kepada para pemenang dalam bentuk discount voucher untuk penyewaan alat-alat pendukung pembuatan film yang bernilai jutaan rupiah.

Baca Juga: Sony Rilis Alpha 7CR And Alpha 7C II, Unggulkan Performanya

2. "One Minute Film" sendiri itu apa sih?

Sony Indonesia Umumkan Pemenang Kompetisi One Minute Film(Dok. Sony Indonesia)

Sejak tanggal 1 Oktober 2023 hingga 31 Desember 2023, Sony
Indonesia telah menggelar kompetisi pembuatan film dalam kampanye “One Minute Film” yang dapat diikuti oleh seluruh pembuat film dan kreator konten pengguna kamera Sony di Indonesia.

Sony bertujuan untuk mendorong semangat dari para pembuat film masa depan, serta
menampilkan bakat dan kreativitas luar biasa mereka. Hal tersebut direalisasikan melalui
kompetisi “One Minute Film” yang dirayakan sebagai seni pembuatan film dalam format satu menit yang direkam menggunakan kamera Sony di seluruh Indonesia.

Yoshiyuki Fujioka, President Director PT Sony Indonesia menyampaikan, “Film berdurasi
satu menit dikategorikan sebagai film mikro yang menyiratkan tantangan kreatif dalam
menyusun naskah dan mengemas cerita dalam durasi singkat. Hadirnya kompetisi “One Minute Film” merupakan salah satu bentuk dukungan sekaligus tantangan dari Sony kepada para pelaku industri kreatif, khususnya pembuat film untuk menunjukkan bakat dan keahliannya menggunakan kamera Sony. Dengan diselenggarakannya kompetisi “One Minute Film”, harapannya dapat mendorong semangat para filmmaker untuk menghasilkan karya yang luar biasa bersama Sony.”

Kompetisi pembuatan “One Minute Film” telah dimulai sejak tanggal 1 Oktober 2023 hingga 31 Desember 2023. Sebanyak 318 karya film pendek yang dikirimkan oleh peserta telah menunjukkan tingginya semangat dan antusiasme para pembuat film di Indonesia. Semua karya film pendek tersebut dapat disaksikan di platform Youtube dengan pencarian judul “One Minute Film Competition by Sony Indonesia”.

3. Kesan pribadi saya untuk "Yok Shooting Yok"

https://www.youtube.com/embed/HD0IctOA_Zs

Saya hadir ke Screening & Awarding dari "One Minute Film" pada hari ini.

Sebelum pemenang diumumkan, para penonton diperlihatkan dulu 10 film pendek yang menarik. Termasuk "Yok Shooting Yok," yang jadi pemenang.

Dari segi teknis dan visual, 10 film yang dipertontonkan ini semuanya terasa oke.

Tapi "Yok Shooting Yok" memang menurut saya menarik, karena mampu menyajikan kisah seseorang yang berjuang begitu keras untuk menggapai mimpi menjadi sutradara.

Ya, film ini punya pembukaan yang menyajikan awal impian tokoh utama menjadi sutradara, dilanjut dengan perjuangannya (dimana kamu bisa melihat kondisi si karakter utama ini semakin lama semakin kacau). Filmnya bahkan memiliki penutup yang (bagi saya) menohok, sehingga dalam 1 menit ini saya seperti menyaksikan kisah yang komplet.

Yang menarik perhatian saya juga adalah betapa dalam durasi sekitar 1 menit ini, "Yok Shooting Yok" menyajikan cukup banyak lokasi dan situasi untuk film yang durasinya sesingkat itu. 

Kalau kamu tertarik, seperti disampaikan sebelumnya, film singkat itu bisa kamu tonton di YouTube. 

Nah itu kabar soal Sony Indonesia umumkan pemenang kompetisi "One Minute Film."

Gimana menurutmu? Sampaikan di kolom komentar! 

Baca Juga: Sony Rilis Earbuds WF-1000XM5 yang Unggulkan Noise Cancellation

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU