TUTUP

9 Fakta Konohamaru Sarutobi! Pernah Mengalahkan 1 Tubuh Pain?

Calon Hokage kedelapan nih, kore?

Kalau kamu suka Naruto, kamu pasti kenal Konohamaru Sarutobi dong. Konohamaru termasuk karakter seri Naruto yang terus berperan besar di Boruto, terutama karena dialah jonin pembimbing Tim 7 baru. 

Karena itu, sepertinya menarik ya membahas fakta-fakta Konohamaru Sarutobi. Mari kita mulai! 

1. Sebenarnya ditarget Kishimoto jadi anak nakal baru setelah Naruto mulai remaja

crunchyroll.com/Naruto Shippuden

Tadinya Kishimoto ingin menggambar "anak nakal" berikutnya setelah Naruto sedikit lebih dewasa.

Kishimoto kesulitan menggambar Konohamaru karena dia ingin membuat karakter yang senakal Naruto namun lebih kecil. Dia kesulitan karena berkali-kali dia menggambar karakter Konohamaru ini menjadi "versi" lain dari Naruto, hanya beda rambut dan tidak ada kumis di pipi saja.

Pada akhirnya Kishimoto menyempurnakan desain dari Konohamaru sekarang yang ketika kecil memang sekilas mirip Naruto namun dengan perbedaan di sana sini.

2. Mengagumi Naruto, karena Naruto tidak peduli Konohamaru cucu Hokage

crunchyroll.com/Boruto Naruto Next Generations

Kenapa sih Konohamaru mengidolai Naruto? Fakta Konohamaru Sarutobi adalah tentang role model-nya yaitu Naruto. Ketika kecil Konohamaru itu bandel dan nakal, semua perbuatan nakalnya dimaafkan orang-orang karena statusnya yang merupakan cucu Hokage.

Hanya Naruto yang tidak peduli dengan status Konohamaru dan bahkan berani memarahi dan menghajar Konohamaru yang nakal. Di sini dia mulai kagum dengan Naruto dan terus berkembang dengan berbagai macam tindakan Naruto yang memang keren.

Baca Juga: Istri Hokage Ketujuh, ini 7 Fakta Hinata Hyuga di Naruto!

3. Naruto benar-benar idolanya

crunchyroll.com/Boruto Naruto Next Generations

Konohamaru sangat mengidolakan Naruto, bahkan foto registrasi Ninja Konohamaru juga nyentrik seperti Naruto!

Naruto ingin terlihat bombastis ketika membuat foto registrasi Ninja sehingga dia membuat fotonya dengan ala Kabuki. Konohamaru pun meniru idolanya tersebut.

Karena foto registrasi ninja itu dilakukan hanya sekali, kemungkinan besar sampai sekarang foto registrasi ninja milik Konohamaru dan Naruto di kantor Hokage sana masih menggunakan foto yang sama.

4. Punya kebiasaan menambahkan kata tertentu di belakang ucapannya

crunchyroll.com/boruto-naruto-next-generations

Konohamaru adalah salah satu dari sedikit karakter yang memiliki kebiasaan menambahkan kata-kata di belakang dialognya. Kalau Naruto "dattebayo", Boruto "dattebasa", dan Kushina "dattebane", Konohamaru itu "kore".

Kore ini sebenarnya kebiasaan Konohamaru saja. Karena Kishimoto ingin membuat karakter Konohamaru kecil itu sangat bandel dan tidak sopan, karena itu ditambahkan "Kore". Kurang lebih artinya bisa menjadi "Woi!".

5. Salah satu ninja selain Naruto yang mengalahkan tubuh Pain

crunchyroll.com/Naruto Shippuden

Selain yang dikalahkan Naruto, hanya ada dua Pain yang berhasil dikalahkan oleh penduduk Konoha lainnya selama alur cerita invasi Pain.

Pertama adalah Pain Asura yang dikalahkan oleh Kakashi dan Choza, berikutnya adalah Pain Naraka yang dikalahkan Konohamaru dengan Rasengan.

Kerennya adalah di sini Konohamaru masih genin. Memang Pain tidak menyadari serangan Jutsu kelas A dari Konohamaru sih yaitu Rasengan.

6. Dia punya dua Kuchiyose

crunchyroll.com/Boruto Naruto Next Generations

Konohamaru adalah satu dari sedikit karakter yang diperlihatkan memiliki dua jenis Kuchiyose. Kuchiyose no Jutsu milik Konohamaru adalah kera dan katak.

Sebagai catatan Naruto hanya punya satu jenis Kuchiyose ya yaitu katak. Jinchuriki dan Bijuu itu bukan Kuchiyose.

7. Jadi chunin dengan "mengalahkan" Naruto Uzumaki

crunchyroll.com/Naruto Shippuden

Sementara sosok seperti Sasuke secara resmi tak pernah jadi jonin, Konohamaru lulus Ujian Chunin dan pada akhirnya bisa jadi jonin.

Nah, ternyata berhasilnya Konohamaru lulus Ujian Chunin agak lucu dan karena tidak ada informasi lain, OVA ini bisa dianggap resmi.

Di situ dia mengikuti Ujian Chuunin di Sunagakure. Dia pun melawan Naruto dan berusaha sekuat tenaga melawan "pahlawan" Konoha itu.

Namun ada satu peraturan bagi Naruto yaitu tak boleh menggunakan Sage Mode. Secara tidak sengaja Naruto masuk ke mode Sage dan akhirnya didiskualifikasi, Konohamaru yang menang dan menjadi chunin.

8. Sekarang jadi pemimpin Tim 7

crunchyroll.com/Boruto Naruto Next Generations

Konohamaru Sarutobi adalah pemimpin Tim 7 era Boruto.

Dia juga adalah salah satu jonin tertangguh Konoha, terbukti saat ia bisa menjadi andalan untuk melawan Zetsu Putih dan Jugo yang telah berubah wujud.

Meski begitu, Konohamaru jarang terlihat beraksi bersama timnya. Sering kali, Boruto, Mitsuki, dan Sarada seperti beroperasi sendiri.

Ini terasa janggal di misi seperti penyelinapan ke Kastel Hozuki, karena itu misi berbahaya di mana Boruto dan Mitsuki harus jadi tahanan. 

9. Dia dan teman-temannya dari Tim Ebisu jadi jonin semua

crunchyroll.com/Boruto Naruto Next Generations

Ini prestasi yang langka lho. Terutama untuk ninja-ninja yang tumbuh di generasi Naruto, yang penuh konflik fantastis. 

Kalau kamu lihat tim angkatan Naruto, ada tim yang anggotanya tidak pernah dikonfirmasi naik pangkat dari chunin, seperti Hinata. Atau Sasuke, yang sampai sekarang statusnya masih nukenin.

Ebisu berhasil mendidik tiga anak muridnya, Konohamaru, Moegi, dan Udon menjadi jonin semua. Sebuah prestasi tersendiri. 

Itulah sembilan fakta Konohamaru Sarutobi yang menarik. Gimana menurut kamu? 

Baca Juga: 5 Fakta Tentang 12 Ninja Penjaga, Kelompok Pengawal Elit di Naruto!