12 Manhwa Bagus yang Sudah Tamat, Solo Leveling Juga Sudah Tamat?!

Bisa dibaca sambil menunggu manhwa yang masih ongoing, nih!

12 Manhwa Bagus yang Sudah Tamat, Solo Leveling Juga Sudah Tamat?!

Manga Korea atau yang lebih dikenal sebagai manhwa saat ini telah menjadi salah satu bacaan menarik yang disukai banyak orang. Seakan bersaing dengan manga asal Jepang, manhwa telah melahirkan berbagai genre dan tema cerita yang berkualitas.

Sayangnya, banyaknya manhwa yang belum rampung terkadang membuat pembacanya malas untuk menunggu update chapter terbarunya. Pasalnya, pembaca harus menunggu selama seminggu atau bahkan lebih, tergantung pada kondisi si author maupun pihak penerbitnya.

Beruntung, ada beberapa rekomendasi manhwa bagus yang sudah tamat yang bisa kamu baca sembari menunggu pembaruan manhwa ongoing yang saat ini sedang kamu ikuti, salah satunya Solo Leveling. Nah, langsung simak daftarnya berikut, deh!

Baca Juga: 7 Adegan Baru di Solo Leveling Episode 8 yang Tak Ada di Manhwa!

12. The God of High School

12 Manhwa Bagus yang Sudah Tamat, Solo Leveling Juga Sudah Tamat?!dok. Webtoon/ The God of High School

The God of High School sempat menjadi salah satu manhwa yang populer di kalangan pengguna platform WEBTOON. Manhwa satu ini pertama kali rilis pada 8 April 2011 dan tamat pada 13 Oktober 2022 dengan total 569 chapter.

Ceritanya berpusat pada karakter Jin Mo-ri, siswa SMA yang ahli dalam seni bela diri. Suatu ketika, dia berpartisipasi dalam turnamen besar antarpelajar yang mempertemukannya dengan 2 teman baru, yaitu Han Dae-wi dan Yu Mi-ra.

Seiring berjalannya kompetisi, terjadi insiden besar yang kemudian mengungkap misteri terselubung di balik turnamen tersebut.

Baca Juga: Kenapa Jin-Woo Solo Leveling Pilih Dagger untuk Bertarung?

11. Unholy Blood

12 Manhwa Bagus yang Sudah Tamat, Solo Leveling Juga Sudah Tamat?!dok. Naver Webtoon/ Unholy Blood

Pada awal tahun 2020 lalu, Naver Webtoon merilis satu judul manhwa bertajuk Unholy Blood yang mengusung tema vampir. Manhwa ini lalu tamat di chapter ke-92 pada September 2021.

Park Hayan tak pernah menginginkan hal lain selain hidup dengan normal. Namun, angan-angannya sirna setelah dirinya terjebak dalam memori yang traumatis. Hayan bahkan harus berurusan dengan sebuah organisasi misterius di mana para anggotanya adalah para vampir terkuat.

Untuk menyelesaikan masalah itu, Hayan memutuskan bekerja sama dengan salah seorang dari pihak kepolisian yang diam-diam menyimpan rahasia besar, yaitu Hwang. Mampukah keduanya bersama-sama menghadapi berbagai bahaya yang mengancam?

Baca Juga: 4 Skill Job Shadow Monarch Solo Leveling yang Diketahui! 

10. Your Letter

12 Manhwa Bagus yang Sudah Tamat, Solo Leveling Juga Sudah Tamat?!dok. Naver Webtoon/ Your Letter

Masih dari Naver Webtoon, kali ini ada Your Letter, sebuah karya singkat dari Cho Hyun-ah. Manhwa yang hanya memiliki 11 bab ini terbit sepanjang Agustus hingga Oktober 2018.

Bergenre drama, petualangan, dan misteri dengan latar sekolah, Your Letter bercerita tentang siswa bernama Lee Sori yang diintimidasi oleh teman sekolahnya setelah berusaha menentang penindasan yang diterima temannya, Kim Julie.

Sori akhirnya memutuskan untuk pindah ke kota asalnya. Sayangnya, tak mudah baginya untuk melawan memori traumatis yang pernah menimpanya. Dia bahkan harus mengasingkan diri dari kehidupan sosial.

Sampai suatu ketika, Sori menerima surat misterius di mejanya. Isi surat tersebut membawa Sori pada surat-surat yang lain yang tak dia ketahui tujuannya.

Baca Juga: Kenapa Para Ruler Membunuh Absolute Being Solo Leveling?

9. Leviathan

12 Manhwa Bagus yang Sudah Tamat, Solo Leveling Juga Sudah Tamat?!leviathanmanhwa.fandom

Selanjutnya ada Leviathan, manhwa yang diserialisasikan oleh Toomics yang perdana terbit pada 12 Maret 2018 dan tamat pada 1 April 2022 dengan jumlah 111 chapter.

Leviathan mengusung tema survival, di mana ceritanya berfokus pada karakter bernama Bota dan Kana. Keduanya hidup di zaman di mana tak ada lagi daratan di muka Bumi.

Bota, Kana, serta para survivor lainnya harus berlayar di lautan lepas. Mereka harus mengupayakan apapun demi bisa bertahan hidup, termasuk melawan monster laut mengerikan yang mungkin tak pernah kamu bayangkan sebelumnya.

Baca Juga: 13 Manhwa Reinkarnasi Terbaik, Jalani Kesempatan Hidup Kedua!

8. Noblesse

12 Manhwa Bagus yang Sudah Tamat, Solo Leveling Juga Sudah Tamat?!dok. Webtoon/ Noblesse

Meski latarnya sebagian besar adalah sekolah, tetapi Noblesse sebenarnya mengusung genre supranatural yang berkaitan dengan keberadaan sosok vampir.

Tamat pada Januari 2019 lalu dengan total 544 bab, Noblesse mengikuti petualangan Cadis Etrama Di Raizel alias Rai, sosok vampir bangsawan yang bangkit setelah tidur panjang selama 820 tahun.

Terbangun di era modern memaksa Rai untuk segera beradaptasi dengan lingkungannya. Dibantu pelayan setianya, Rai menyamar sebagai siswa dan menjalin persahabatan. Di sisi lain, ia juga harus melawan organisasi jahat yang mengancam kedamaian umat.

Baca Juga: 8 Fakta Menarik Sung Jin-Ah, Adiknya Jin-Woo Solo Leveling

7. Spirit Fingers

12 Manhwa Bagus yang Sudah Tamat, Solo Leveling Juga Sudah Tamat?!dok. Webtoon/ Spirit Fingers

Rekomendasi manhwa bagus yang sudah tamat kali ini akan cocok dengan pembaca yang suka dengan genre ringan seperti slice of life.

Spirit Fingers pertama kali dirilis pada tahun 2015 lalu dan tamat 3 tahun setelahnya pada chapter ke-163 dan dapat kamu baca di Naver Webtoon.

Manhwa ini mengikuti keseharian Song Wooyeon dalam upaya pencarian jati dirinya. Dia akhirnya bergabung dengan klub menggambar bernama Spirit Fingers yang perlahan mendekatkan Wooyeon pada pencariannya.

6. Cheese in the Trap

12 Manhwa Bagus yang Sudah Tamat, Solo Leveling Juga Sudah Tamat?!dok. Webtoon/ Cheese in the Trap

Meskipun sebagian orang mengenal Cheese in the Trap sebagai judul drakor, tetapi drama tersebut sebenarnya mengadaptasi cerita asli karya Soonkki yang terbit perdana pada 2010 lalu.

Tamat dengan jumlah 27 chapter, ini merupakan manhwa romance yang mengajak pembaca mengikuti kisah cinta segitiga antara Hong Seol dan dua teman laki-lakinya, yakni Yoo Jung dan Baek In Ho.

5. Seasons of Blossom

12 Manhwa Bagus yang Sudah Tamat, Solo Leveling Juga Sudah Tamat?!dok. Webtoon/ Seasons of Blossom

Seperti Cheese in the Trap, manhwa Seasons of Blossom yang tersedia di WEBTOON ini juga berfokus pada kisah cinta segitiga yang mengikat Yun Bomi dengan Lee Jaemin dan Choi Jinyeong.

Manhwa ini pertama kali diterbitkan pada Juni 2020 dan tamat pada Maret 2023 lalu dengan jumlah 135 chapter.

4. The Boxer

12 Manhwa Bagus yang Sudah Tamat, Solo Leveling Juga Sudah Tamat?!the-boxer.fandom

Nah, kali ini kami merekomendasikan manhwa bertema combat sports bertajuk The Boxer.

Telat tamat Mei 2022 lalu, The Boxer bercerita tentang siswa bernama Yu yang selalu mengalami penindasan. Akibatnya, tubuh serta emosinya seakan mati rasa, sehingga dirinya sulit bertindak layaknya manusia normal.

Sampai pada suatu hari, Yu bertemu dengan pelatih tinju berjulukan 'K' yang melihat potensi besar dalam diri Yu dan menawarkan diri untuk menjadi pelatihnya.

Baca Juga: 13 Rekomendasi Manhwa Slice of Life, Bacaan Saat Senggang!

3. Who Made Me a Princess

12 Manhwa Bagus yang Sudah Tamat, Solo Leveling Juga Sudah Tamat?!dok. Tappy Toon/ Who Made Me a Princess

Kali ini ada Who Made Me a Princess, manhwa yang diperkenalkan pertama kali akhir 2017 lalu dan telah tamat dengan jumlah 125 bab.

Bertema reinkarnasi, ceritanya mengikuti seorang perempuan modern Korea yang terlahir kembali sebagai bayi Athanasia, yang tak lain merupakan tokoh dalam novel The Lovely Princess yang diceritakan meninggal di tangan ayahnya sendiri.

Menolak mengikuti takdir seperti yang ada dalam novel, dia berusaha melakukan apa pun untuk mengubah jalan cerita.

2. Bastard

12 Manhwa Bagus yang Sudah Tamat, Solo Leveling Juga Sudah Tamat?!dok. Webtoon/ Bastard

Kali ini ada Bastard, salah satu manhwa terpopuler di WEBTOON yang mengusung tema gore dan psychological. Manhwa ini berjalan selama 2 tahun lamanya, yakni sejak 2014 hingga 2016. 

Bastard menceritakan seorang anak laki-laki bernama Seon Jin yang bertubuh lemah dan sering dirundung teman sekolahnya. Namun, tak disangka-sangka, dia sebenarnya adalah anak seorang pembunuh berantai dan sering dipaksa terlibat dalam rencana jahat ayahnya.

Suatu ketika, sang ayah memutuskan untuk menargetkan Yoon Kyun, yaitu teman terdekat Jin di sekolah. Sejak itu, Jin memutuskan untuk melawan ayahnya.

1. Solo Leveling

12 Manhwa Bagus yang Sudah Tamat, Solo Leveling Juga Sudah Tamat?!dualshockers.com

Rekomendasi yang diunggulkan di sini datang dari manhwa karya Chugong yang berjudul Solo Leveling.

Tamat pada Mei 2023 lalu dengan total 201 chapter, manhwa yang diadaptasi menjadi anime ini bercerita tentang seorang Hunter terlemah bernama Sung Jin-woo.

Latarnya sendiri ialah dunia di saat portal misterius yang terhubung dengan dimensi tempat tinggal monster muncul dan mengancam keamanan manusia. Bersamaan dengan itu, beberapa manusia diberkahi kemampuan spesial dan mereka kemudian dikenal sebagai Hunter.

Pada sebuah insiden yang membawa Jinwoo pada ambang kematian, dia berkesempatan bangkit kembali dan diberi peluang untuk meningkatkan levelnya.

Baca Juga: 10 Raid Berbahaya di Solo Leveling, Taruhannya Nyawa!

Itulah beberapa rekomendasi manhwa bagus yang sudah tamat yang bisa kamu baca saat waktu luang. Punya rekomendasi lain? Tulis di kolom komentar, yuk!

Untuk informasi yang lebih lengkap soal anime-manga, film, game, dan gadget, yuk gabung komunitas Warga Duniaku lewat link berikut:

Discord: https://bit.ly/WargaDuniaku
Tele: https://t.me/WargaDuniaku

Artikel pertama terbit tanggal 15 Februari 2024 dirilis ulang tanggal 12 April 2024.

Baca Juga: Sinopsis Anime Solo Leveling, Adaptasi Manhwa Populer Paling Ditunggu

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU