10 Anime Ramah Anak, Bisa Ditonton Semua Kalangan!

Daftar anime yang aman ditonton oleh anak-anak!

10 Anime Ramah Anak, Bisa Ditonton Semua Kalangan!

Menonton anime bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk mengisi waktu bersantai bersama keluarga. Namun, tentunya tak sembarang genre anime yang cocok ditonton semua kalangan.

Terutama untuk anak-anak, orang dewasa wajib memilah-milah jenis anime yang sekiranya pantas ditonton oleh mereka, seperti anime dengan cerita ringan tetapi sarat akan pesan moral yang mudah diserap otak, karena anime bisa menjadi media pembelajaran yang berharga bagi penonton usia belia.

Nah, berikut sejumlah rekomendasi anime ramah anak yang bisa ditonton bersama keluarga. Simak daftarnya, yuk!

1. Little Witch Academia

10 Anime Ramah Anak, Bisa Ditonton Semua Kalangan!dok. Studio Trigger/ Little Witch Academia

Little Witch Academia menghadirkan cerita petualangan fantasi yang akan mengajarkan penontonnya arti sebuah kerja keras.

Ceritanya berpusat pada karakter Atsuko Kagari alias Akko yang bermimpi untuk menjadi penyihir hebat seperti idolanya, Shiny Chariot.

Untuk menggapai impiannya, Akko masuk ke Akademi Luna Nova, sekolah khusus yang mendidik calon penyihir. Petualangan Akko dan teman-temannya pun dimulai.

2. Captain Tsubasa

10 Anime Ramah Anak, Bisa Ditonton Semua Kalangan!dok. Tsuchida Productions/ Captain Tsubasa

Anak 90-an seharusnya tak asing dengan anime bola yang satu ini.

Captain Tsubasa bercerita tentang bocah laki-laki bernama Tsubasa Ozora yang bercita-cita ingin menjadi pesepak bola terbaik di dunia. Dia bahkan menganggap bola sebagai temannya sendiri, yang selalu dia bawa ke manapun dan kapanpun Tsubasa pergi.

Tsubasa menjalani latihan intens di bawah arahan Roberto Hongo yang merupakan mantan pesepak bola profesional. Seiring perjalanannya, Tsubasa akan berhadapan dengan pemain bola tangguh yang kemudian menjadi rivalnya.

3. Hamtaro

10 Anime Ramah Anak, Bisa Ditonton Semua Kalangan!Dok. Shogakukan Productions Co., Ltd.

Cerita tentang hamster lucu bernama Hamtaro yang bertualang bersama teman-temannya yang dikenal sebagai kelompok Ham-Ham memang sangat menggemaskan.

Hamtaro dan hamster lainnya akan menjelajahi kota ketika pemilik mereka sedang tak berada di rumah. Mereka akan bertemu berbagai hal unik yang menyenangkan. Tak sampai di situ, tak jarang pula Hamtaro dan kelompok Ham-Ham akan membantu pemilik mereka yang kesulitan.

4. My Neighbor Totoro

10 Anime Ramah Anak, Bisa Ditonton Semua Kalangan!dok. Studio Ghibli/ My Neighbor Totoro

Anime persembahan Studio Ghibli memang menjadi pilihan yang tepat jika ingin menontonnya bersama keluarga besar, tak terkecuali anak-anak. Nah, salah satunya My Neighbor Totoro ini.

Berlatar tahun 1950-an di Jepang, kakak beradik Mei dan Satsuki pindah ke pedesaan bersama orang tuanya. Mereka pun dengan segera beradaptasi dengan kehidupan baru di sana.

Suatu hari, sang adik, Mei, bertemu sosok menyerupai kelinci yang kemudian mempertemukannya dengan Totoro, yakni roh hutan bertubuh besar. Mei dan Satsuki kemudian terbawa ke dalam petualangan magis bersama makhluk-makhluk fantasi di hutan misterius.

Baca Juga: Urutan Nonton Kingdom, Anime Militer Adaptasi Manga Seinen

5. Ponyo

10 Anime Ramah Anak, Bisa Ditonton Semua Kalangan!dok. Ghibli/ Ponyo

Masih dari Studio Ghibli, rekomendasi anime ramah anak berikutnya yaitu Gake no Ue no Ponyo alias Ponyo.

Ini adalah cerita petualangan penuh fantasi dari seorang bocah laki-laki bernama Sousuke dan seekor ikan mas yang baru saja diselamatkannya. Ikan tersebut kemudian diberi nama Ponyo.

Tanpa Sousuke sadari, Ponyo sebenarnya bukanlah ikan mas biasa. Sampai di satu titik di mana Ponyo memutuskan untuk menjadi manusia seutuhnya.

6. Kiki’s Delivery Service

10 Anime Ramah Anak, Bisa Ditonton Semua Kalangan!dok. Ghibli/ Kiki's Delivery Service

Lagi-lagi Studio Ghibli, anime yang satu ini sarat akan elemen fantasi yang cocok dijadikan media untuk mengembangkan imajinasi serta pesan moral yang mudah dipahami anak.

Kiki's Delivery Service mengikuti kisah Kiki, penyihir muda yang harus menjalani masa pelatihan selama setahun lamanya agar bisa menjadi penyihir sejati dengan cara tinggal jauh dari kampung halaman.

Demi bertahan hidup, Kiki bekerja sebagai kurir. Ditemani kucing hitamnya yang bernama Jiji, dia berkelana menggunaan sapu sihirnya sembari mempelajari makna tanggung jawab.

7. Doraemon

10 Anime Ramah Anak, Bisa Ditonton Semua Kalangan!dok. Shin-Ei Animation/ Doraemon: Nobita's Treasure Island

Sama halnya dengan Captain Tsubasa dan Hamtaro, Doraemon pastinya sudah menjadi anime paling melekat di hati penonton yang setia menantikan penayangannya di televisi pada hari-hari tertentu.

Doraemon sendiri bercerita tentang robot menyerupai kucing bernama Doraemon yang datang dari abad ke-20. Ia hidup bersama Nobita, bocah laki-laki pemalas yang lemah dalam banyak hal.

Doraemon sendiri ternyata dikirim dari masa depan untuk membantu Nobita dan memastikan agar bocah tersebut dan generasi penerusnya akan sukses.

Selama ada Doraemon, Nobita dan teman-temannya akan melalui berbagai petualangan menyenangkan yang selalu menyimpan kesan manis di ingatan.

Baca Juga: 8 Anime Berusia 20 Tahun di 2024, Tak Lekang oleh Waktu!

8. Crayon Shin-chan

10 Anime Ramah Anak, Bisa Ditonton Semua Kalangan!youtube.com/Oricon

Si bocah usil Shinnosuke Nohara atau yang akrab disapa Shin-chan memang tak pernah kehabisan akal untuk membuat orang-orang di sekitarnya naik pitam.

Crayon Shin-chan menceritakan keseharian bocah laki-laki bernama Shin-chan yang selalu bersenang-senang. Namun, dia tak sadar bahwa tindakannya tersebut justru mengundang emosi orang lain.

Kalau tak ingin terus-terusan dimarahi mama, jangan nakal seperti Shin-chan, ya!

9. Pokemon

10 Anime Ramah Anak, Bisa Ditonton Semua Kalangan!bulbapedia.bulbagarden.net

Pokemon mengacu pada berbagai wujud makhluk unik berkemampuan khusus yang biasa ditangkap dan dilatih seorang trainer.

Satoshi atau yang juga dikenal dengan nama Ash Ketchum adalah bocah laki-laki yang memiliki mimpi untuk menjadi Master Pokemon.

Salah satu Pokemon miliknya yang menjadi ikonik ialah Pikachu, yakni makhluk kuning berkekuatan listrik yang awalnya sangat sulit untuk dijinakkan. Perlahan-lahan, persahabatan tak terduga terjalin di antara mereka.

10. Digimon Adventure

10 Anime Ramah Anak, Bisa Ditonton Semua Kalangan!digimon

Terakhir, ada Digimon Adventure. Ceritanya mengikuti petualangan sekelompok anak-anak dengan kepribadian yang berbeda-beda di dunia digital.

Di sana, mereka bertemu makhluk aneh yang kemudian diketahui sebagai Digimon. Petualangan mencari jalan pulang pun dimulai!

Itulah beberapa rekomendasi anime ramah anak terbaik yang bisa kamu tonton bersama keluarga. Selamat menyaksikan!

Untuk informasi yang lebih lengkap soal anime-manga, film, game, dan gadget, yuk gabung komunitas Warga Duniaku lewat link berikut:

Discord: https://bit.ly/WargaDuniaku
Tele: https://t.me/WargaDuniaku

Baca Juga: 10 Anime Shonen Romantis, Tak Melulu Soal Action!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU