Rekomendasi 15 Donghua, Animasi China! Nggak Kalah Dari Jepang!

Mulai dari genre romantis sampai fantasi

Rekomendasi 15 Donghua, Animasi China! Nggak Kalah Dari Jepang!

Kalau berbicara tentang anime, pasti kebanyakan orang langsung terbayang dengan negara Jepang. Negara dengan julukan Matahari Terbit itu sendiri memang dikenal sebagai rumah produksi dari jutaan anime yang ada.

Walaupun begitu, Jepang bukanlah satu-satunya negara yang memproduksi anime. Negara lain yang juga memproduksi animasi menarik adalah China. Berikut kami tampilkan rekomendasi donghua atau animasi China yang mungkin belum kalian ketahui.

1. Huyao Xiao Hongniang

Rekomendasi 15 Donghua, Animasi China! Nggak Kalah Dari Jepang!Huyao Xiao Hongniang (Haoliners/ Huyao Xiao Hongniang)

Rekomendasi anime China urutan pertama ada Huyao Xiao Hongniang yang pertama kali rilis pada 2015 lalu. Ceritanya sendiri mengisahkan tentang seorang biksu bernama Bai Yuechu yang berkoloni dengan roh rubah bernama Tushan Susu. Keduanya membantu mempertemukan lagi manusia dan iblis yang terpisah.

Baca Juga: Kapan Anime Chainsaw Man Tayang? Lisensinya Diamankan Crunchyroll!

2. Wu Geng Ji

Rekomendasi 15 Donghua, Animasi China! Nggak Kalah Dari Jepang!Wu Geng Ji (Sparkly Key Animation Studio/ Wu Geng Ji)

Berlatar pada zaman Dinasti Shang, salah satu donghua terbaik berjudul Wu Geng Ji ini telah rilis sejak 2016 lalu. Fokus ceritanya sendiri mengisahkan tentang konflik hebat yang membuat manusia dan para dewa saling bertempur. Para penonton tidak akan hanya diperlihatkan pada adegan epiknya saja, melainkan juga visual yang unik.

3. Da Yu Hai Tang

Rekomendasi 15 Donghua, Animasi China! Nggak Kalah Dari Jepang!Da Yu Hai Tang (B&T/ Da Yu Hai Tang)

Lalu ada donghua Da Yu Hai Tang yang mengangkat kisah tentang makhluk pengendali lautan bernama Chun. Makhluk itu pun bisa berubah menjadi perempuan cantik berkat kekuatan sihirnya. Kisah romantis terjalin saat ia bertemu dengan seorang pria dan jatuh hati kepadanya.

4. Kitsune no Koe

Rekomendasi 15 Donghua, Animasi China! Nggak Kalah Dari Jepang!Kitsune no Koe (Yumeta Company/ Kitsune no Koe)

Kemudian ada anime Kitsune no Koe yang menceritakan kisah hidup dari remaja bernama Hu Liu. Ia diceritakan memiliki kemampuan bernyanyi yang baik, namun tidak terkenal lantaran memiliki luka di wajahnya. Hu Liu pun berupaya keras untuk mencari biaya pengobatan ibunya yang sakit dengan bakatnya tersebut.

5. Jie Mo Ren (The Devil Ring)

Rekomendasi 15 Donghua, Animasi China! Nggak Kalah Dari Jepang!Jie Mo Ren (Bstation/ Jie Mo Ren)

Sesuai judulnya, donghua satu ini mengangkat cerita tentang jimat sakti berbentuk cincin yang memiliki ilmu jahat. Cincin itu sendiri digunakan oleh seorang mahasiswa muda yang kehidupannya biasa saja. Namun, semuanya berubah ketika iblis yang ada di dalam cincin tersebut berhasil keluar dan menimbulkan banyak masalah.

6. Wo De Tian Jie Nuyou

Rekomendasi 15 Donghua, Animasi China! Nggak Kalah Dari Jepang!Wo de Tian Jie Nu You (Big Fire Bird Animation/ Wo de Tian Jie Nu You)

Donghua terbaik selanjutnya ini akan memperlihatkan kisah romantis dari dua karakter utamanya. Berjudul Wo De Tian Jie Nuyou, donghua ini menyajikan kisah cerita dari dunia yang kompleks, di mana para karakternya hidup dengan penuh kekhawatiran.

7. Mo Dao Zu Shi

Rekomendasi 15 Donghua, Animasi China! Nggak Kalah Dari Jepang!Mo Dao Zu Shi (B.Cmay Pictures/ Mo Dao Zu Shi)

Mengangkat kisah yang dipercayai oleh masyarakat lokal, donghua berjudul Mo Dao Zu Shi menjadi salah satu donghua terbaik yang harus ditonton. Ceritanya sendiri mengisahkan tentang sekte yang didirikan oleh Wei Wuxian yang selalu membuat kekacauan. Setelah mati dan bereinkarnasi, Wei Wuxian pun berusaha menghancurkan sekte yang pernah dibuatnya dulu.

8. Sheng Shi Zhuang Niang

Rekomendasi 15 Donghua, Animasi China! Nggak Kalah Dari Jepang!Sheng Shi Zhuang Niang (Imagineer/ Sheng Shi Zhuang Niang)

Mengandung unsur feminisme yang kental, donghua berjudul Sheng Shi Zhuang Niang ini sangat cocok disaksikan oleh para perempuan muda. Ceritanya sendiri mengisahkan tentang seorang beauty blogger yang memiliki bakat sebagai penata rias. Tidak hanya manusia, ia juga mampu merias kucing dengan berbagai macam produk.

9. Lan Mo De Hua

Rekomendasi 15 Donghua, Animasi China! Nggak Kalah Dari Jepang!Lan Mo de Hua (Colored Pencil Animation/ Lan Mo de Hua)

Donghua selanjutnya ini memiliki genre romantis dengan menyajikan cerita yang cukup mengharukan. Berjudul Lan Mo De Hua, donghua satu ini berfokus pada karakter Lan Mo dan Lui Yi Feng yang mana keduanya merupakan teman dekat. Namun, Lan memiliki perasaan terpendam kepada Lui. Sayangnya, Lui hanya menganggap Lan sebagai teman dan ia justru jatuh cinta kepada orang lain.

10. Wangpai Yushi

Rekomendasi 15 Donghua, Animasi China! Nggak Kalah Dari Jepang!Wangpai Yushi (Haoliners/ Wangpai Yushi)

Rekomendasi anime China urutan ke-10 ada Wangpai Yushi yang kisahnya menceritakan tentang keadaan dimana monster dan manusia telah hidup bersatu. Namun, kebersamaan itu ternyata tidak selalu berakhir dengan baik, selalu ada saja monster yang menyebabkan masalah. Oleh karena itu diperlukan pelindung dan penjaga dunia untuk menjinakkan makhluk-makhluk tersebut.

11. Full Time Magister

Rekomendasi 15 Donghua, Animasi China! Nggak Kalah Dari Jepang!dok. Tencent Pictures

Full Time Magister memiliki latar cerita di dunia penuh sihir. Donghua ini menceritakan tentang tokoh Mo Fan yang terjebak di dunia tersebut. Mo Fan berusaha untuk belajar ilmu sihir untuk membalas para pem-bully yang sering menindasnya.

12. The King’s Avatar

Rekomendasi 15 Donghua, Animasi China! Nggak Kalah Dari Jepang!dok. Tencent Animation

Donghua yang satu ini memiliki cerita tentang esports. Ye Xiu merupakan seorang gamer yang dikeluarkan dari timnya. Ia kemudian berusaha untuk membuktikan bahwa dirinya adalah pemain terbaik di antara semua gamer yang ada.

13. Tian Guan Ci Fu

Rekomendasi 15 Donghua, Animasi China! Nggak Kalah Dari Jepang!Netflix/Tian Guan Ci Fu

Tian Guan Ci Fu memiliki latar tentang legenda. Diceritakan seorang perempuan bernama Xie Lian sudah hidup damai selama 8000 tahun. Kemudian, ia dihampiri oleh Chen, sang raja iblis yang mengganggu hidupnya.

14. The Daily Life of The Immortal King

Rekomendasi 15 Donghua, Animasi China! Nggak Kalah Dari Jepang!Netflix/The Daily Life of The Immortal King

Wang Ling, pemeran utama donghua The Daily Life of The Immortal King memiliki kekuatan untuk mengalahkan para iblis yang ada di sekitarnya. Namun, dalam hati kecilnya, Wang Ling ingin hidup normal seperti manusia lainnya.

15. The Manual of Hundred Demons

Rekomendasi 15 Donghua, Animasi China! Nggak Kalah Dari Jepang!betaseries/The Manual of Hundred Demons

Tao Yao merupakan perempuan yang berprofesi sebagai dokter. Uniknya, pasien dari sang dokter adalah para makhluk gaib. Ia bisa melihat segala konflik yang dialami manusia dengan makhluk gaib.

Itulah 15 rekomendasi donghua terbaik yang wajib kamu tonton. Dari 15 donghua di atas, mana nih yang paling membuatmu penasaran? Sampaikan di kolom komentar, ya!

Pertama diterbitkan 24 Oktober 2022, diterbitkan kembali 13 Oktober 2023.

Baca Juga: Rekomendasi 10 Anime Kerajaan dengan Jalan Cerita Menarik

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU