18 Rekomendasi Anime Natal Terbaik, Ada Kimi no Na wa!

Rekomendasi tontonan untuk isi libur tahun barumu.

18 Rekomendasi Anime Natal Terbaik, Ada Kimi no Na wa!

Libur Natal dan tahun baru semakin dekat! Saatnya membuat list tontonan yang cocok dijadikan teman di waktu libur panjang ini. Salah satu tontonan yang pastinya tak boleh kamu lewatkan adalah anime!

Berikut ini ada beberapa rekomendasi anime Natal terbaik yang bisa kamu tonton selama libur Natal dan tahun baru. Simak daftarnya, ya!

1. Tokyo Godfathers

18 Rekomendasi Anime Natal Terbaik, Ada Kimi no Na wa!dok. Madhouse/ Tokyo Godfathers

Rekomendasi pertama adalah film anime Tokyo Godfathers yang menceritakan tiga orang tunawisma yang bernama Gin, Hans, dan Miyuki. Suatu hari di malam Natal, ketiganya menemukan seorang bayi yang di tumpukan sampah. Ketiganya pun berusaha mempertemukan kembali sang bayi dengan orang tuanya.

Baca Juga: 7 Fakta Isekai Ojisan, Anime Isekai dengan Konsep Terbalik

2. 5 Centimeters per Second

18 Rekomendasi Anime Natal Terbaik, Ada Kimi no Na wa!dok. CoMix Wave Films/ 5 Centimeters per Second

Selanjutnya ada kisah hubungan jarak jauh antara dua remaja dalam film anime 5 Centimeters per Second dari Makoto Shinkai. Anime ini akan mengajakmu mengikuti kisah Takaki Toono dan Akari Shinohara. Keduanya merupakan teman masa kecil yang harus terpisah oleh jarak. Diam-diam, ada cinta terpendam di antara keduanya.

3. Suzumiya Haruhi no Shoushitsu

18 Rekomendasi Anime Natal Terbaik, Ada Kimi no Na wa!dok. Kyoto Animation/ Suzumiya Haruhi no Shoushitsu

Suzumiya Haruhi no Shoushitsu merupakan adaptasi novel keempat dari serial Suzumiya Haruhi. Film anime misteri supernatural ini bercerita tentang kembalinya Kyon ketika Brigade SOS akan merencanakan acara Natal. Namun, dia menyadari bahwa Haruhi Suzumiya dan Itsuki Koizumi menghilang. Ditambah lagi, beberapa orang mulai tak mengenali dirinya.

4. Whisper of the Heart

18 Rekomendasi Anime Natal Terbaik, Ada Kimi no Na wa!dok. Ghibli/ Whisper of the Heart

Kali ini ada persembahan dari salah satu anime studio Ghibli terbaik. Whisper of Heart menceritakan Shizuku Tsukishima yang sangat gemar membaca dan menulis puisi. Suatu ketika, sebuah peristiwa mempertemukannya dengan Seiji Amasawa. Berkat laki-laki tersebut, Shizuku mulai terinspirasi untuk mengejar mimpinya sendiri.

5. Wolf Children

18 Rekomendasi Anime Natal Terbaik, Ada Kimi no Na wa!dok. Studio Chizu/Wolf Children

Wolf Children bercerita tentang Hana yang jatuh cinta dengan werewolf. Kisah cinta keduanya melahirkan dua anak bernama Ame dan Yuki. Sayangnya, hidup sang werewolf tak bertahan lama. Hana pun harus berusaha menghidupi dua anaknya yang memiliki darah werewolf, sampai akhirnya salah satu di antara keduanya memutuskan untuk memilih jalannya sendiri.

6. Bakemono no Ko

18 Rekomendasi Anime Natal Terbaik, Ada Kimi no Na wa!dok. Studio Chizu/ Bakemono no Ko

Bakemono no Ko atau dikenal pula dengan judul The Boy and the Beast ini menceritakan anak laki-laki bernama Ren yang hidup sendiri di jalanan Shibuya. Suatu ketika, dia bertemu dengan Kumatetsu, seekor hewan buas yang merupakan pendekar. Ternyata, hubungan antara keduanya berlanjut hingga Ren diangkat menjadi murid Kumatetsu. Keduanya bersiap untuk pertarungan di Jutengai, yakni negeri para hewan.

7. Kanon

18 Rekomendasi Anime Natal Terbaik, Ada Kimi no Na wa!dok. Kyoto Animation/ Kanon

Aizawa Yuuchi akhirnya dapat mengunjungi sepupunya di kota setelah tujuh tahun lamanya tak dapat berkunjung. Namun, Aizawa mulai menyadari bahwa beberapa hal di kota tersebut telah berubah dan berhasil membuatnya lupa.

8. Kimi no Na wa

18 Rekomendasi Anime Natal Terbaik, Ada Kimi no Na wa!dok. CoMix Wave Films/ Kimi no Na wa

Salah satu film anime Makoto Shinkai terlaris sepanjang masa, Kimi no Na wa atau Your Name bercerita tentang hubungan Mitsuha Miyamizu dan Taki Tachibana yang mulai terikat setelah keduanya secara tak sengaja saling bertukar tubuh. Mitsuha dan Taki pun mulai menjalani kehidupan yang berbeda.

9. Clannad dan Clannad After Story

18 Rekomendasi Anime Natal Terbaik, Ada Kimi no Na wa!uzerfriendly.com

Kalau lagi ingin nangis bombay, maka kamu harus nonton serial anime Clannad. Anime ini bercerita tentang kisah cinta Tomoya Okazaki dan Nagisa Furukawa. Keduanya kembali bertemu ketika dewasa dan memutuskan untuk menikah. Namun, berbagai rintangan harus mereka hadapi.

10. K-On

18 Rekomendasi Anime Natal Terbaik, Ada Kimi no Na wa!dok. Kyoto Animation/ K-On

Selanjutnya ada anime bertema musik dengan bumbu-bumbu komedi yang dijamin tak akan bikin kamu bosan ketika menontonnya. K-On menghadirkan kisah persahabatan para siswi yang mencintai musik dan bersama-sama membentuk band sendiri.

11. Assassination Classroom

18 Rekomendasi Anime Natal Terbaik, Ada Kimi no Na wa!dok. Lerche/ Assassination Classroom

Koro-sensei adalah monster yang telah berhasil menghancurkan bulan. Dia bahkan mengancam akan membuat bumi mengalami hal serupa. Anehnya, dia tiba-tiba meminta untuk menjadi pengajar murid kelas 3E di SMP Kunugigaoka. Disebabkan kekuatan Koro-sensei yang bahkan tak dapat dikalahkan oleh tentara, para murid kelas 3E tersebut diberikan misi untuk membunuh Koro-sensei.

Mampukah mereka membunuh Koro-sensei yang lambat laun berhasil menjadi guru terbaik bagi mereka?

12. Himouto! Umaru-chan

18 Rekomendasi Anime Natal Terbaik, Ada Kimi no Na wa!Doga Kobo/Himouto Umaru-chan

Siapa yang tak tahu Umaru-chan? Kisah gadis dengan kepribadian ganda ini patut untuk dinikmati pada waktu libur Natal dan tahun baru. Umaru-chan dikenal sebagai siswi populer di sekolahnya. Namun, siapa sangka bahwa sikap Umaru-chan ketika di rumah bersama sang kakak ternyata sangat berbanding terbalik?

13. School-Live!

18 Rekomendasi Anime Natal Terbaik, Ada Kimi no Na wa!dok. Lerche/ Gakkougurashi!

Dikenal juga dengan judul Gakkou Gurashi, anime bertema zombie ini menceritakan Yuki Takeya yang menikmati kehidupan sekolahnya bersama teman-teman dari klub Kehidupan Sekolah, yaitu Kurumi Ebisugawa, Yuuri Wakasa, dan lain-lain. Kurumi, Yuuri, dan rekan lainnya berusaha melindungi Yuki yang sebenarnya mengalami delusi, sebab keadaan sesungguhnya saat itu adalah mereka bertahan dari serangan para zombie.

14. Ao Haru Ride

18 Rekomendasi Anime Natal Terbaik, Ada Kimi no Na wa!Ao Haru Ride (Production I.G/ Ao Haru Ride)

Ao Haru Ride adalah salah satu anime romansa yang tak boleh kamu lewatkan. Kisahnya mengikuti Futaba Yoshioka yang jatuh cinta kepada Kou Tanaka saat masa SMP. Pertemanan mereka berakhir karena Kou pindah. Keduanya kembali dipertemukan di masa SMA, tetapi Kou hadir dengan nama belakang yang berbeda, yaitu Mabuchi.

15. Hanasaku Iroha

18 Rekomendasi Anime Natal Terbaik, Ada Kimi no Na wa!dok. P.A. Works/ Hanasaku Iroha

Ikuti kisah ringan Ohana Matsumae dalam Hanasaku Iroha. Kamu akan diajak menikmati kehidupan Ohana yang harus tinggal bersama neneknya yang tegas di sebuah penginapan milik sang nenek. Keseharian yang dijalaninya di sana membuat Ohana mulai mempelajari berbagai hal penting dalam hidup. Ohana perlahan berubah menjadi pribadi yang jauh lebih baik.

16. Buddy Daddies

18 Rekomendasi Anime Natal Terbaik, Ada Kimi no Na wa!dok. P.A. Works/ Buddy Daddies

Selanjutnya, ada Buddy Daddies. Anime ini menceritakan dua bersahabat yang bekerja sebagai pembunuh bayaran. Suatu hari, sebuah misi membawa mereka pada satu tanggung jawab baru, yakni sebagai pengasuh anak. Kehadiran anak tersebut perlahan membuat keduanya mempelajari banyak hal baru dalam hidup.

17. Winter Sonata

18 Rekomendasi Anime Natal Terbaik, Ada Kimi no Na wa!dok. Yoon's Color/ Winter Sonata

Diadaptasi dari drakor berjudul serupa, Winter Sonata bercerita tentang perempuan bernama Yoo Jin yang menikah dengan teman masa kecilnya. Suatu hari, Yoo Jin bertemu dengan sosok yang sangat mirip dengan cinta pertamanya dulu, yaitu Joon Sang.

18. Campfire Cooking in Another World with My Absurd Skill

18 Rekomendasi Anime Natal Terbaik, Ada Kimi no Na wa!dok. MAPPA/ Campfire Cooking in Another World with My Absurd Skill

Tsuyoshi Mukouda dipanggil ke dunia alternatif sebagai pahlawan. Namun, kekuatan yang dia peroleh tak dapat berguna dalam pertempuran, di mana dia mampu berbelanja online. Mukouda memanfaatkan kekuatannya untuk membeli bahan makanan dari dunianya. Tak disangka-sangka, hasil masakan Mukouda malah memikat makhluk mitos yang berbahaya.

Itulah daftar rekomendasi anime Natal yang cocok dijadikan tontonan untuk libur panjang akhir tahun ini. Kalau kamu, punya rekomendasi anime yang berbeda, gak?

Artikel pertama ditulis 24 Desember 2022 diperbarui dan dirilis ulang pada 25 Desember 2023 dengan tambahan 3 judul anime natal terbaik.

Penulis: Viky Nursyafira

Baca Juga: Apa Itu AI Manga di TikTok? Cara Ubah Wajah jadi Anime

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU