8 Fakta Grisha Yeager AoT, Ayah Eren yang Menyimpan Banyak Misteri!

Dia pemilik kekuatan Founding dan Attack Titan sebelum Eren?

8 Fakta Grisha Yeager AoT, Ayah Eren yang Menyimpan Banyak Misteri!

Grisha Yeager adalah ayah dari Eren Yeager, tokoh utama Attack on Titan. Yang nonton anime-nya mungkin tahu kalau pria ini hilang sejak jebolnya Tembok Maria, walau saat insiden itu Grisha tidak ada di Shiganshina. [duniaku_baca_juga] Nah, manga Attack on Titan sudah lama mengungkap fakta-fakta menarik soal Grisha Yeager. Tapi... ya... yang masih menunggu season 3, dianjurkan untuk jangan membaca ini sekarang. Spoiler yang tersimpan di sini bisa dibilang sangat besar. Kalau kamu memang sudah membaca manga-nya atau tidak peduli spoiler, silakan lanjut baca ulasannya di bawah ini!

 

1. Tanggal lahir

8 Fakta Grisha Yeager AoT, Ayah Eren yang Menyimpan Banyak Misteri!Wit Studio/Attack on Titan

Grisha Yeager ternyata lahir pada tanggal 26 Januari. Dengan tanggal lahir begitu, Zodiac Grisha adalah Aquarius.

Adakah di antara kamu yang tanggal lahirnya sama dengan Grisha? 

2. Grisha bukan penduduk asli Pulau Paradis

8 Fakta Grisha Yeager AoT, Ayah Eren yang Menyimpan Banyak Misteri!Wit Studio/Attack on Titan

Grisha bukan lahir di Pulau Paradis. Dia lahir di Marley, dan itu berarti dia termasuk yang mengetahui kenyataan mengenai para Titan dan kehidupan di luar pulau. 

Sejak awal, kehidupan pria yang satu ini sulit. Pasalnya dia berasal dari kaum Eldia, satu-satunya kaum di dunia Attack on Titan yang bisa dikaruniai kemampuan Titan Shifter. Warisan dari Ymir Fritz itu membuat kaum Eldia diperlakukan buruk di seluruh dunia. 

Lalu adiknya, Faye Yeager, mati dengan keji. Grisha pun bergabung dengan kelompok revolusioner Eldia.

Kehidupan Grisha sempat mengalami masa-masa normal. Ia tetap beraktivitas di kelompok revolusioner, namun dia juga bisa membangun kehidupan bersama Dina Fritz, wanita penerus darah keluarga Fritz.

Lalu anaknya sendiri, Zeke, mengkhianati dia dan istrinya. Ia dan Dina pun sama-sama diasingkan ke Pulau Paradis oleh pemerintah Marley.

Sementara Dina jadi Titan liar, intervensi Eren Kruger memastikan Grisha selamat dan menjadi Titan Shifter. Ia pun kemudian dapat memulai kehidupan di kota di balik tembok. 

Baca Juga: Tragedi Dina Fritz, Wanita Baik yang Jadi Smiling Titan di AoT! 

3. Satu istrinya jadi Titan, dan dua anaknya jadi Titan Shifter

8 Fakta Grisha Yeager AoT, Ayah Eren yang Menyimpan Banyak Misteri!Wit Studio/Attack on Titan

Grisha pernah menikah dengan dua wanita berbeda, Dina Fritz dan Carla Yeager. Masing-masing istrinya melahirkan satu anak yang kemudian jadi Titan Shifter. 

Anak Grisha dengan Dina adalah Zeke, sosok yang dikenal juga dengan julukan Beast Titan. Musuh utama dalam alur Kembali ke Shiganshina.

Sementara itu anak Grisha dengan Carla adalah Eren Yeager.

Eren dan Zeke menjadi Titan Shifter. Eren awalnya adalah pewaris Attack Titan, sementara Zeke adalah pewaris Beast Titan. Sementara itu Dina kemudian menjadi Titan liar, Smiling Titan, yang tragisnya memangsa Carla. 

4. Dia adalah pemilik kekuatan Founding dan Attack Titan sebelum diwariskan ke Eren

8 Fakta Grisha Yeager AoT, Ayah Eren yang Menyimpan Banyak Misteri!netflix.com/Attack on Titan

Kekuatan Titan Shifter itu diwariskan turun temurun. Saat seorang Titan liar memakan Titan Shifter, akal si Titan liar akan kembali dan mereka memperoleh kekuatan serta memori dari Titan Shifter yang mereka mangsa.

Kemampuan Attack Titan diperoleh Grisha Yeager dari penyelamatnya, Eren Kruger. Eren Kruger sang prajurit Marley sudah memasuki masa-masa akhir kehidupannya, jadi dia mewariskannya ke Grisha. Grisha kemudian membuat rentetan keputusan yang berujung besar ke dunia Attack on Titan.

Grisha adalah sosok yang memangsa Frieda Reiss, pemegang terakhir kekuatan Founding Titan. Ini membuat dia mewarisi kekuatan Coordinator dari Founding Titan.

5. Eren memangsa ayahnya sendiri

8 Fakta Grisha Yeager AoT, Ayah Eren yang Menyimpan Banyak Misteri!Wit Studio/Attack on Titan

Yep. Eren yang memiliki kekuatan Coordinator dan Attack Titan memangsa Grisha sendiri.

Ini bukan tidak disengaja. Grisha memang mengubah anaknya menjadi Titan liar dengan tujuan agar Eren memangsanya. Kemudian, saat kenangan Grisha, Eren Kruger, dan pemegang Attack Titan lain bangkit, Eren akan memahami sendiri apa yang harus dilakukannya.

Ini sebabnya Grisha menghilang dari Attack on Titan sejak runtuhnya Tembok Maria, meski ia sendiri tidak berada di Shiganshina saat tragedi itu. Bisa dibilang, sekarang dia sudah melebur dengan anaknya.

Tapi kenangan-kenangan Grisha sendiri sempat terkubur lama di kepala Eren. Eren baru bisa mengingat kenangan Grisha, dan bahkan Eren Kruger, setelah membaca jurnal Grisha.

Jurnal Grisha seakan bertindak sebagai pembobol bendungan. Dengan itu, semua kenangan pengguna Attack Titan pun mengisi kepala Eren.

Bukan hanya itu, kemudian Eren pun bisa lebih mudah melihat masa depan. Kekuatan sejati dari Attack Titan, di mana mereka bukan hanya dapat melihat memori masa lalu, tapi juga memori masa depan. 

6. Ke mana dia waktu tembok besar dibobol?

8 Fakta Grisha Yeager AoT, Ayah Eren yang Menyimpan Banyak Misteri!Wit Studio/Attack on Titan

Ini sempat jadi misteri lama. Ke mana Grisha Yeager pergi saat tembok dibobol Titan? Ternyata misteri ini juga sudah terjawab. 

Saat Tembok Maria dijebol, Grisha Yeager menemui keluarga Reiss. Di momen inilah ia memangsa sebagian besar dari mereka dan memperoleh kekuatan Founding Titan.

7. Ternyata teman dari Keith Shadis

8 Fakta Grisha Yeager AoT, Ayah Eren yang Menyimpan Banyak Misteri!Wit Studio/Attack on Titan

Masih ingat instruktur sadis yang mendidik Eren dan kawan-kawan di Training Corps? Nama instruktur itu adalah Keith Shadis, dan ternyata Grisha memiliki hubungan yang cukup erat dengan dia.

Keith muda adalah orang yang menemukan Grisha, setelah Grisha menembus hutan dan para Titan liar untuk mencapai pemukiman di balik tembok. Saat Grisha kemudian menikahi Carla, Keith sedih karena sebenarnya pria ini juga mencintai wanita yang satu itu.

Keith bahkan sebenarnya ada saat Grisha hendak memberikan Eren kekuatan Titan Shifter. Namun Keith memutuskan untuk tidak mengikuti Grisha saat pria itu hendak memberikan kekuatan ke Eren, sesuai yang diminta oleh Grisha.

Itu keputusan tepat, tentu saja. Kalau Keith mengikuti Grisha dan Eren malah memangsanya juga, situasinya bisa semakin kacau.

8. Ternyata aksinya dimanipulasi oleh Eren dewasa

8 Fakta Grisha Yeager AoT, Ayah Eren yang Menyimpan Banyak Misteri!iq.com

Pemilik Attack Titan bisa melihat memori masa depan. 

Kita kemudian mengetahui kalau Grisha bisa melihat proyeksi Eren dewasa. 

Bahkan, Eren yang memanipulasi Grisha di momen penting: saat Grisha sempat ragu untuk memangsa keluarga Reiss. Grisha sempat tidak mau melakukannya, namun akhirnya berbalik dan memperoleh kekuatan Founding Titan.

Rumit memang situasi ini.

Nah, itu delapan fakta Grisha Yeager. Gimana menurut kamu? Sampaikan di kolom komentar! 

Baca Juga: Eren Dapat Kekuatan War Hammer Titan di Attack on Titan Episode 66!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU