Review SK-II ‘VS’ Series: Animasi Keren Soroti Semangat Ubah Takdir

Serial Inspiratif dibalut animasi keren dari SK-II STUDIO

Review SK-II ‘VS’ Series: Animasi Keren Soroti Semangat Ubah Takdir

Buat kamu yang sedang bingung mencari film inspirasional yang ingin kamu tonton, baik bersama keluarga ataupun teman sekamar kamu, ‘VS’ Series dari SK-II STUDIO harus ada di watch list kamu!

Film ‘VS’ Series diproduksi oleh SK-II STUDIO, divisi film milik salah satu brand skincare ternama, yang baru saja diluncurkan secara resmi oleh SK-II pada bulan Maret 2021 lalu.

Setiap film dalam serial ini terinspirasi oleh kehidupan nyata, kisah-kisah yang mengubah takdir dari para atlet kelas dunia tentang bagaimana mereka mengatasi tekanan sosial untuk mencapai posisi mereka saat ini.

Film-film tersebut menggambarkan berbagai perjuangan yang dihadapi para atlet Olimpiade, yang dapat kita semua kaitkan dengan kehidupan kita pribadi – dan inilah kenapa kamu gak boleh sampai kelewatan!

Kisah Inspiratif dari ‘VS’ Series Menyentuh Semua Indra!

Banyak cerita-cerita inspiratif diluar sana tapi ‘VS’ Series ini memang lain dari yang lain, apalagi dengan pesan yang kuat dan menggugah dibalik setiap isu yang diungkap oleh serial ini. Dijamin bikin kamu tersentuh dan merinding dibuatnya. Beneran! Serial animasi antologi ini di angkat berdasarkan kisah nyata 6 atlet Olimpiade dalam menghadapi tantangan yang terjadi di sekitar mereka. 

Mereka adalah, Simone Biles, pesenam terbaik di dunia dari USA. Liu Xiang, Perenang Tiongkok pemegang rekor dunia. Ishikawa Kasumi, atlet tenis meja Jepang peraih 2 medali Olimpiade. Ayaka Takahashi dan Misaki Matsutomo, pasangan bulutangkis ganda Jepang peraih medali emas Olimpiade. Mahina Maeda, atlet Selancar Jepang dan Hinotori Nippon, yang merupakan timnas Voli Jepang.

Film ini bercerita mengenai masalah dan kesulitan yang dihadapi bukan hanya oleh 6 atlet Olimpiade, namun juga dihadapi oleh hampir seluruh wanita di belahan Dunia manapun dan memberikan kita semua inspirasi untuk mengambil alih takdir kita sendiri dan #CHANGEDESTINY

Walaupun isu yang diangkat bukanlah sesuatu yang baru, namun dengan narasi cerita yang menyentuh, animasi yang memanjakan mata, soundtrack yang catchy dan enak didengar (dan dinyanyikan), dan pastinya dibintangi oleh atlet Olimpiade dunia yang inspiratif, benar-benar membuat film serial ‘VS’ ini menarik – yes, menyentuh semua indra!

Gabungan antara animasi dan live action ini memang benar-benar memudahkan kita untuk mengikuti alur cerita dan menyerap makna dari film ini.

Transisi antara keduanya benar-benar terlihat tidak dipaksakan dan jauh lebih smooth jika dibandingkan dengan karya SK-II STUDIO sebelumnya.

Tidak heran karena mereka yang terlibat di balik pembuatan SK-II ‘VS’ Series memang sudah memiliki kredibilitas tinggi. Seperti salah satu rumah produksi ternama Imagery Forces yang terlibat dalam produksi film populer Games of Thrones dan Stranger Things.

Animasi yang ditampilkan pun tidak bisa dipungkiri menjadi salah satu kelebihan dan juga selling poin dari ‘VS’ Series, dan tentunya dua episode dari 6 film ini menarik perhatian tim Duniaku dan kita mau kasih review untuk kedua film ini khusus untuk kamu.

Kualitas dari animasi dan muatan positif yang dibawa oleh SK-II 'VS' Series bahkan mampu membuat reviewer film kawakan, Nuty Laraswaty langsung tertarik dengan serial yang satu ini.

Penasaran kan kayak apa?

VS Gangguan – “Kecantikan dilihat oleh diri sendiri, bukan orang lain”

Poin menarik lainnya dari SK-II ‘VS’ Series adalah konflik yang dimunculkan di tiap episode dikemas secara apik dengan menggambarkannya sebagai sosok “kaiju” atau monster yang harus dikalahkan para atlet.

Kaiju yang harus dihadapi oleh Simone Biles dalam VS Gangguan merupakan sesuatu yang dekat dengan kita, yaitu seputar menghadapi ejekan di Sosial Media. Perihal yang biasanya kita lewatkan ini dipaparkan dengan jelas dalam film ini, menyadarkan kita akan dampak signifikan yang timbul akibat dari ejekan online.

Pada episode VS Gangguan ini juga, trolls digambarkan menjadi beberapa monster kecil yang akhirnya bergabung menjadi sebuah monster raksasa yang harus dikalahkan Simone Biles.Troll ini mewakili perjuangan kehidupan nyata yang terus Simone hadapi sepanjang hidup dan karirnya tentang penampilannya yang menghantui kepercayaan diri Simone.

Tapi, pada akhirnya, Simone belajar mengatasinya hanya dengan memahami bahwa hanya dia yang memiliki kekuatan untuk menentukan apa itu kecantikan baginya. Simone unjuk gigi dengan movement terbaiknya dan mengalahkan raksasa yang menggeluti dirinya itu.

Diceritakan dengan animasi yang menakjubkan karya rumah produksi pemenang Oscar, Passion Pictures, Nuty Laraswaty (Cinemags) pun tertarik untuk angkat bicara. “Saat perubahan gambar dalam video pada adegan animasi, terlihat dengan jelas banyak sekali segmen penggambaran bagaimana troll mulai mengganggu pola pikir dan mental Simone Biles. Ini sangat relevan dengan kondisi dunia nyata, dimana perempuan mulai mendapatkan penilaian sejak mulai keluar dari zona nyamannya (rumahnya).”

Sepakat dengan Nuty, Reviewer Adhitya Daniel (Duniaku) menyampaikan,”film ini mampu merangkul penonton yang mengalami titik yang sama di hidupnya tanpa harus menakuti mereka.”

Pesan inti dari film yang satu ini bahwa “kecantikan dilihat dari diri sendiri, bukan orang lain” betul-betul memicu minat dan percapakan banyak movie enthusiast lainnya. Contohnya Nur Annisa, yang berpendapat, “film ini sangat berhubungan dengan kondisi saat ini, dimana perempuan harus berani melawan rasa takut atau ragu yang berasal dari diri sendiri sehingga bisa tampil cantik dan berprestasi dengan cara dan versinya sendiri. ketika sudah yakin maka komentar negatif di media sosial akan bisa diatasi dengan mudah.”

Selain animasi, poin yang paling unggul dari VS Gangguan adalah soundtracknya yang pasti bikin kamu merinding. Liriknya yang penuh makna diciptakan dan dinyanyikan oleh penyanyi populer pemenang penghargaan dunia, John Legend. Berjudul “Take a Look”, lagu ini dibuat mengambil inspirasi dari cerita pribadi Simone dan juga komen negatif dari netizen yang dihadapi oleh keluarga John sendiri.

Nuty tertarik sekali dengan soundtrack yang satu ini dan mengomentari, “syair lagu yang mengalun, sarat makna dan mampu membantu penonton untuk memahami pesan yang hendak disampaikan. Ini salah satu unsur kekuatan dalam video ini.“

VS Tekanan – Dibalik pergolakkan batin dan keraguan diri

Setiap film dari ‘VS’ Series diceritakan dengan genre animasi yang berbeda mulai dari sci-fi, fantasi, action, anime dan sports. Kalau animasi dari film VS Gangguan tadi mengingatkan kita dengan film Disney, VS Tekanan memberikan sentuhan epik terhadap penggambaran bagaimana tekanan dalam perjalanan karier Ishikawa Kasumi dengan membawa kita ke dunia anime. Gak heran kan kalau tim Duniaku suka banget dengan episode yang satu ini?

Tapi tidak hanya itu saja yang membuat film ini menggugah hati dan pikiran para reviewer. Alur ceritanya digambarkan dengan unik dimana perjalanan karier Ishikawa digambarkan melalui perjalanan lift diantara pemandangan kota yang menakjubkan. 

Film ini menunjukkan kecintaan Ishikawa pada tenis meja sejak dia berusia 7 tahun, dimana dia akan bermain dengan tawa dan kegembiraan, tanpa merasakan tekanan sama sekali. Ternyata, bagi kalian yang belum tahu, seluruh keluarga Ishikawa bermain, atau pernah bermain tenis meja kompetitif juga loh! Namun, semenjak tenis meja menjadi bagian penting dalam hidupnya, banyak dan tingginya ekspektasi orang mulai membebani Ishikawa secara perlahan. 

Keraguan diri mulai tumbuh seiring dengan banyaknya harapan dan mata yang tertuju pada Ishikawa untuk menang di Olimpiade yang akan datang. Dia mulai mempertanyakan dirinya sendiri apakah ini jalan yang harus terus dia jalani. Dalam film tersebut, dia mengajukan pertanyaan yang sangat pedih yang menyoroti ketakutan dalam diri kita: "Bagaimana jika saya gagal?

Nuty pun ikut kagum menyaksikan film ini karena narasi dan pembawaan ceritanya mampu membawa Nuty tenggelam dalam emosi. Penonton dibawa merasakan pengalaman yang sangat berarti bagi Ishikawa dan juga tekanan yang perlahan mulai terasa, dari sedikit lama-lama menjadi bukit.

“Teknik pemilihan adegan dengan penggunaan lift memberikan penekanan akan pergolakan batin ini. Teknik penggambaran tiap adegan yang seolah semakin suram semakin naik ke lantai paling atas dan akhirnya klimaks saat lift mulai menurun dan mengalami kerusakan.” Imbuhnya.

Menurutnya, penggambaran animasi ini mewakili tindakan manusia di Dunia nyata saat merasa sudah mencapai titik atas dan mulai mendapatkan banyak pendapat yang mau tidak mau menjadi tekanan luar biasa baik disadari maupun tidak disadari. Tekanan luar biasa dalam hidup menjadi tak terhindarkan. 

Ada saat-saat di mana kita mengalami perasaan tidak pasti tentang keputusan dan pilihan yang telah kita buat atau ketika kita merasa tidak yakin tentang diri kita sendiri. Dan seiring waktu, keraguan diri seperti itu akan membayangi kita dan berpotensi menghalangi kita menjalani kehidupan yang memuaskan.

Tapi justru keraguan dan tekanan ini lah yang harus kita lawan. Karena pada akhirnya mereka yang tidak menyerahlah yang akan menang melawan tekanan yang membelenggu mereka.

Menyoroti poin yang sedikit berbeda, menurut Daniel, nuansa yang diusung VS Tekanan ini sangat pas untuk mengajak kita merasakan, bukan hanya seberapa berat tekanan yang dialami Ishikawa sendiri, tapi juga semangat yang dimiliki Ishikawa untuk melaluinya.

Secara Keseluruhan, Gimana film ‘VS’ Series ini?

‘VS’ Series ini bukanlah film pertama keluaran SK-II STUDIO. Debut film mereka ‘The Center Lane’ yang dirilis bulan Maret lalu pun sangat menyentuh dan bermakna, menceritakan kisah inspiratif Rikako Ikee, perenang nasional Jepang dan cancer survivor. Film tersebut diproduksi oleh sutradara pemenang penghargaan Hirokazu Koreeda dengan alur menyerupai dokumentari.

Layaknya film ‘The Center Lane’, 'VS' Series ini berhasil mengaduk emosi dan pastinya tidak mengecewakan. Jadi meskipun kedua film VS Gangguan dan VS Tekanan benar-benar menonjol untuk kita di Duniaku, tetapi itu tidak berarti kita gak suka film-film ‘VS’ lainnya! Kita sudah menyaksikan semuanya dan bahkan reviewer kita sendiri pun terpancing dan terbangun oleh pesan mendasar di balik film tersebut. 

Faktanya kondisi di dalam film 'VS' Series masih dialami oleh sebagian besar perempuan, menghadapi tekanan sosial di masyarakat jelas bukan menjadi hal asing lagi bagi sebagian besar perempuan. 

Mereka kerap mendapat kritik mengenai bentuk fisik, terobsesi dengan standar kecantikan yang ada di media sosial, hingga terikat aturan-aturan ketat tentang bagaimana perempuan harusnya bersikap menjadi sebuah ‘gangguan’ atau monster yang terus menghantui sejak lama.

Narasi cerita dan animasi disetiap film ‘VS’ dieksekusikan secara luar biasa dan dipikirkan dengan matang. Tentu aja, kita mengharapkan tidak kurang dari rumah produksi ternama pemenang penghargaan seperti Passion Pictures (VS Gangguan) dan Platige Image (VS Tekanan). Setiap filmnya berhasil memercikan semangat #CHANGEDESTINY dan membuat kita percaya bahwa takdir bukanlah perihal kesempatan, namun sebuah pilihan.

Jadi apalagi yang kurang dari serial animasi keren ini? Duniaku tidak biasanya buat review untuk film pendek, tapi serial yang satu ini sebuah pengecualian dan rating kami adalah 4.5 dari 5 untuk setiap episodenya!

Buat kalian yang masih penasaran yuk tonton langsung ‘VS’ Series dari  SK-II STUDIO dan jangan lupa bagikan pendapat kamu ya! 

Kamu juga bisa berpartisipasi lebih lagi, loh! karena setiap satu viewer yang menonton karya dari SK-II STUDIO, SK-II akan mendonasikan USD 1 kedalam #CHANGEDESTINY fund, dengan batas maksimal USD 500,000 untuk mendukung para perempuan mengubah takdir mereka. Cek juga behind-the-scene dibalik pembuatan setiap film ‘VS’ Series ini lewat SK-II CITY!

Artikel ini merupakan kerjasama oleh SK-II.

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU