Daftar 4 Akhirat yang Diperlihatkan di Marvel Cinematic Universe!

Di MCU, ada banyak variasi akhirat...

Daftar 4 Akhirat yang Diperlihatkan di Marvel Cinematic Universe!

Dalam film dan seri Marvel Cinematic Universe, Dewa dan mitologi menjadi karakter dan unsur cerita tersendiri di dalamnya.

Sebagian dari mereka punya konsep akhirat atau dunia setelah meninggal dan ada beberapa yang sudah diperlihatkan, mana saja? Simak daftar 4 akhirat di MCU berikut ini.

1. Djalia - Akhirat di mitologi Wakanda

Film Black Panther memperlihatkan kalau dalam tradisi dan kepercayaan Wakanda, mereka yang sudah mati tidak benar-benar mati, melainkan "pergi" ke lokasi yang baru.

Lokasi ini adalah Djalia, salah satu konsep akhirat dan bisa kita bilang dimensi yang ada di jagat MCU, tempat jiwa-jiwa orang Wakanda bersemayam setelah kematiannya.

Di sini juga seseorang yang masih hidup bisa berkomunikasi dan bertemu dengan pendahulunya yang sudah lebih dahulu berpulang, caranya adalah mereka yang masih hidup harus mengkonsumsi herbal berbentuk hati yang khas di Wakanda.

Berdasarkan kasus Killmonger/N'Jadaka, konsep dan lokasi dari Djalia ini bisa tergantung dengan orangnya. Alasannya karena saat T'Challa ke sini, dia berada di hutan Afrika dan bertemu dengan pendahulunya, tapi dalam kasus N'Jadaka, dia berada di apartemen lamanya.

2. Duat - Akhirat di mitologi Mesir

Daftar 4 Akhirat yang Diperlihatkan di Marvel Cinematic Universe!marvel studios

Duat adalah lokasi spiritual tempat tinggal para Dewa dan Dewi di mitologi Mesir, sekaligus tempat pengadilan bagi jiwa-jiwa yang sudah mati. Ini muncul di Moon Knight

Dalam MCU, di sini Marc dan Steven berada di kapalnya Dewi Taweret dan di sini mereka diadili. Jika hati mereka lebih berat dari bulu keadilan atau jika timbangan tidak seimbang, maka mereka akan tetap di sini, ditarik oleh jiwa lainnya yang seperti zombi dan selamanya terjebak di sini.

Namun jika timbangannya bisa seimbang maka mereka bisa ke surga di mitologi ini (kita bahas di poin berikutnya). Jadi di MCU, Duat adalah tempat di mana Dewa dan Dewi Mesir tinggal sekaligus tempat terakhir bagi sebagian jiwa-jiwa yang hatinya tidak seimbang di proses pengadilan.

3. A'Aru - Surga di mitologi Mesir

Daftar 4 Akhirat yang Diperlihatkan di Marvel Cinematic Universe!marvel studios

Jika seseorang itu memiliki hati yang lebih ringan dari bulu keadilan, atau setidaknya seimbang dengan bulu tersebut, maka jiwa mereka bisa masuk ke A'Aru.

A'Aru bisa dibilang adalah Surga dalam mitologi Mesir, sebuah tempat yang berisi padang ilalang yang akan berkonsep dengan dunia "ideal" dan yang diinginkan dari jiwa tersebut.

Marc sempat menyeimbangkan hati dan bulu keadilan sehingga dia diperlihatkan masuk ke A'Aru yang penuh dengan padang ilalang.

4. Valhalla - Surga bagi orang Asgard

Daftar 4 Akhirat yang Diperlihatkan di Marvel Cinematic Universe!marvel studios

Valhalla di MCU adalah sebuah mitologi dan kepercayaan di Asgard di mana jiwa yang mati dari Asgard akan berpindah ke sini, yaitu Surga versi mereka.

Di sini mereka akan hidup abadi di tanah yang indah dan tentunya tidak ada penderitaan di sini. Apakah hanya Asgardian yang bisa ke sini?

Secara teknis iya, namun kasus unik di Jane Foster, di mana dia mendapatkan "izin" untuk masuk ke Valhalla setelah mati sebagai pejuang Asgard saat melawan Gorr.

Nah itu dia konsep akhirat di MCU yang sudah diperlihatkan. Ada yang lain? Tulis di kolom komentar, ya.

Baca Juga: 6 Fakta Clea Marvel, Murid sekaligus Istri Doctor Strange

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU