7 Fakta Domain Expansion, Teknik Penghalang Jujutsu Kaisen

Sekali teknik ini keluar, riwayat musuh pasti tamat

7 Fakta Domain Expansion, Teknik Penghalang Jujutsu Kaisen

Domain Expansion dalam dunia Jujutsu Kaisen adalah bagian dari teknik kutukan di mana seorang penyihir bisa menciptakan ruang imajiner dengan berbagai efek tergantung jenis kemampuannya.

Teknik ini sendiri pertama kali diperlihatkan saat Sukuna bangkit untuk menghadapi kutukan spesial di awal cerita.

Apa saja fakta menariknya? Simak pembahasannya berikut ini!

Baca Juga: Inilah Daftar 7 Domain Expansion Terkuat di Jujutsu Kaisen

1. Teknik kutukan berbasis kurungan dimensi

7 Fakta Domain Expansion, Teknik Penghalang Jujutsu KaisenDok. Studio Mappa

Sebagai bagian dari teknik penghalang, Domain Expansion selalu menutupi semua area pertarungan pengguna kutukan.

Bentuk bagian dalam Domain Expansion juga memiliki banyak keragaman tergantung tipe teknik kutukan yang dimiliki penggunanya.

Contohnya seperti Jogo yang teknik kutukannya berelemen api mampu menciptakan area seperti ruang bawah tanah yang dipenuhi lava atau Mahito yang area domainnya dipenuhi tangan manusia.

2. Memiliki beberapa tipe

7 Fakta Domain Expansion, Teknik Penghalang Jujutsu KaisenDok. Studio Mappa

Domain Expansion juga memiliki beberapa tipe tergantung tingkat kesempurnaan dan seberapa mematikan efeknya. Ada tiga jenis yang diperlihatkan, yaitu domain yang mematikan, domain tak mematikan dan domain yang tak sempurna.

Domain mematikan adalah Domain Expansion dengan efek yang pasti kena ke target dan juga membunuhnya dengan cepat. Tipe satu ini sering muncul pada para penyihir era modern seperti Gojo dengan Unlimited Void miliknya.

Sedangkan domain pasti kena adalah tipe lama di mana pengguna harus menerapkan aturan buatannya sendiri dalam domain tersebut. Meski tak bersifat menyakiti, terkadang lawan justru menderita efek yang lebih merepotkan seperti Yuji yang teknik kutukannya disita oleh Higuruma.

Sedangkan domain tak sempurna adalah domain yang tak memiliki penghalang seperti dua tipe domain di atas. Biasanya hal itu disebabkan karena faktor keterampilan pengguna. Contoh penggunanya adalah Megumi.

Meski tak sempurna, domain tipe ini sangat menguntungkan karena tak akan terpengaruh teknik Esoteric Technique: Hollow Wicker Basket.

3. Memiliki efek membuat teknik kutukan menjadi tak stabil

7 Fakta Domain Expansion, Teknik Penghalang Jujutsu KaisenMahito terkena serangan Sukuna saat menggunakan Domain (Dok. Mappa / Jujutsu Kaisen)

Ada beberapa alasan mengapa Domain Expansion selalu disimpan sebagai kartu andalan terakhir.

Selain efek dan kepastian kemenangan, teknik satu ini juga memiliki harga yang harus dibayar oleh penggunanya.

Domain Expansion memiliki konsumsi energi kutukan yang sangat besar. Hal ini terlihat pada kasus Mahito yang tak bisa menggunakan tekniknya secara optimal pasca menggunakan Self-Embodiment of Perfection.

Efek samping domain juga sempat terlihat pada saat duel tiga arah antara Yuta, Ishigori dan Takako. Meski gagal melepas domain, konsumsi energi kutukan sempat membuat teknik manipulasi ruang milik Takako menjadi terganggu untuk sementara waktu.

Dua karakter yang sejauh ini bisa mengeluarkan Domain Expansion berkali-kali adalah Gojo dan Hakari. Gojo secara teori bisa melakukan itu karena Six Eyes miliknya, sedangkan Hakari bisa melakukan hal itu berkat energi kutukan yang ia dapat sebagai hadiah jackpot dari perluasan domain sebelumnya.

4. Sejauh ini mustahil lolos dari kurungan Domain Expansion kecuali jika ada yang menjebol dari luar

7 Fakta Domain Expansion, Teknik Penghalang Jujutsu KaisenYuji berhasil menerobos domain milik Mahito (Dok. Mappa / Jujutsu Kaisen)

Karena berbasis teknik penghalang, siapapun yang terjebak di dalam Domain Expansion musuhnya tak akan bisa keluar dengan cara apapun.

Hal itu dikarenakan semua area domain dipenuhi teknik kutukan yang diuntungkan karena faktor lingkungan. Contoh kasusnya adalah Nanami yang merupakan penyihir kelas satu saja sempat dibuat tak berkutik saat terjebak di dalam domain Mahito.

Namun karena Domain Expansion dibuat untuk menahan target di dalam, hal itu membuat bagian luarnya menjadi sangat lemah.

Yuji sendiri adalah orang pertama yang mengungkap kelemahan tersebut saat ia menjebol domain Mahito dengan kekuatan fisik.

5. Pengaruh domain juga bisa dinetralkan dengan teknik Esoteric Technique: Hollow Wicker Basket

7 Fakta Domain Expansion, Teknik Penghalang Jujutsu KaisenAdegan dari Jujutsu Kaisen 171. (Dok. Shueisha/Jujutsu Kaisen)

Selain bisa diterobos dari luar, teknik Domain Expansion bisa diatasi dengan teknik Esoteric Technique: Hollow Wicker Basket.

Teknik ini memungkinkan penggunanya bisa menetralkan efek pasti kena dari Domain Expansion milik musuhnya. Meskipun demikian, Hollow Wicker Basket tak bisa mengatasi serangan langsung teknik kutukan lawannya.

Oleh karena itu, Hollow Wicker Basket justru tak akan berguna jika digunakan melawan domain tak sempurna seperti Chimera Shadow Garden milik Megumi.

6. Menurut Gojo, cara termudah mengatasi domain musuh adalah mengeluarkan domain yang lebih kuat

7 Fakta Domain Expansion, Teknik Penghalang Jujutsu KaisenDok. Studio Mappa

Selain diterobos dari luar atau dengan teknik Hollow Wicker Basket, solusi termudah untuk mengatasi perluasan domain milik lawan adalah mengeluarkan milik sendiri.

Menurut Gojo, jika dua domain dilepaskan secara bersamaan makan domain yang lebih unggul akan mendominasi seluruh area pertarungan seperti saat Unlimited Void menutupi semua area yang awalnya ditutupi Coffin of the Iron Mountain.

Selain faktor keunggulan, faktor kecocokan dan jumlah energi kutukan juga menjadi kunci penting untuk membuat domain yang lebih kuat dari milik musuh.

7. Domain Expansion akan runtuh jika penyihir dengan jumlah lebih dari tiga melepas kekuatannya secara bersamaan

7 Fakta Domain Expansion, Teknik Penghalang Jujutsu KaisenYuta dan dua musuhnya melepas domain expansion secara bersamaan (Dok. Shueisha / Jujutsu Kaisen )

Seperti yang dijelaskan di atas, jika ada dua domain maka salah satunya akan mendominasi milik musuhnya seperti kasus Gojo vs Jogo.

Namun apa jadinya jika ada lebih dari dua domain yang dilepaskan? Hal itu telah terjawab pada kasus pertarungan tiga arah Yuta, Ishigori dan Takako adalah contoh yang sempurna.

Jika tiga domain dilepaskan bersamaan, maka hasilnya adalah semua domain akan runtuh karena faktor perbedaan kondisi internal dan eksternal setiap domain.

Selain faktor tersebut, gangguan pihak lain juga turut andil dalam keruntuhan tiga domain yang digunakan pada waktu yang sama.

Itulah fakta-fakta tentang teknik Domain Expansion dari Jujutsu Kaisen. Bagaimana pendapat kalian? Jangan lupa tulis di kolom komentar!

Baca Juga: Jujutsu Kaisen 183 Ungkap Teknik Domain Expansion Milik Kinji Hakari

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU