TUTUP

Di Balik Seragam Nazi yang Menjadi Kontroversi

Baru-baru ini terdapat kontroversi pada salah satu kampanye kreatif salah satu calon presiden RI. Pada salah satu video kampanye kreatif, seragam yang dikenakan Ahmad Dhani ini diduga serupa dengan seragam Jenderal Nazi berpangat Reichsführer-SS. Kenapa seragam ini menjadi kontroversi?

Baru-baru ini terdapat kontroversi pada salah satu kampanye kreatif salah satu calon presiden RI. Kampanye kreatif buatan Ahmad Dhani merupakan video musik berupa penampilan Ahmad Dhani bersama tiga finalis Indonesia Idol, membawakan lagu modifikasi dari "We Will Rock You" milik Queen. Lagu modifikasi tersebut diberi judul "Prabowo-Hatta: We Will Rock You". Dalam video lagu itu, Dhani mengenakan mantel hitam, dengan dua kantong di dada, tanda pangkat, dan emblem di kerah.  Dan seragam yang dikenakan Ahmad Dhani ini diduga serupa dengan seragam Jenderal Nazi berpangat Reichsführer-SS. [youtube id="9t6vPEYPyZg"] SS atau Schutzstaffel adalah unit bersenjata dari barisan pengawal Hitler yang ditakuti. Pada mulanya, anggotanya terdiri atas para pemuda pilihan yang memiliki fisik kuat dan telah teruji kemurnian ras Arya mereka. Seragam hitam yang diduga mirip dengan yang dikenakan Ahmad Dhani ini merupakan seragam jenderal Nazi dengan pangkat Reichsführer-SS. Reichsführer-SS adalah gelar khusus dan peringkat SS yang ada antara tahun 1925 dan 1945. Pada selama tahun 1934 dan seterusnya, Reichsführer-SS menjadi peringkat tertinggi dari Schutzstaffel Jerman.

Emblem khas Reichsführer-SS

Reichsführer-SSHeinrich Luitpold Himmler

Schutzstaffel HolocaustBritish 31st Civilian Interrogation CampKarl Agustus Hanke

Reichsführer-SS und der Deutschen Chef PolizeiReichsführer-SSJoseph Berchtold Reichsführer SSReichsführer SSJulius Schreck

SchutzstaffelStosstrupp Adolf Hitler SchutzstaffelReichsführer-SS  Erhard Heiden SchutzstaffelSturmabteilungReichsführer-SSJohann Schmidt a.k.a Red Skull

Johann Schmidt dikisahkan memiliki keterkaitan dengan Himmler

Red Skull sendiri tidak pernah dikisahkan pernah menjabat sebagai  Reichsführer-SS. Namun beberapa fans pernah mencoba membuat karya dimana seolah Red Skull adalah seorang  Reichsführer-SS. Contohnya adalah modifikasi toys berikut ini.