TUTUP

Mengintip Suasana dan Game dari Global Game Jam 2014 Jogjakarta!

Global Game Jam 2014 Jogjakarta yang diselenggarakan di Jogja Digital Valley juga tidak kalah seru dibandingkan regional lainnya. Penasaran? Simak di dalam!

Bagi Jogjakarta, menggelar sebuah event game jam bukan yang pertama kali ini dilakukan lewat Global Game Jam 2014 (GGJ 2014). Beberapa bulan lalu, tentu kamu masih ingat dengan ajang serupa yang disebut dengan Jogja Game Jam 48 Hours (JGJ48) yang juga digelar di Jogja Digital Valley. Jogja jugalah yang juga menjadi salah satu "pencetus" terselenggaranya GGJ 2014 di Indonesia, yang akhirnya diikuti oleh tujuh kota. Selain Jogja, seperti yang kita tahu GGJ 2014 juga dilaksanakan di Jakarta, Bandung, Depok, Semarang, Surabaya dan Bali. Seperti apa suasana Global Game Jam 2014 Jogjakarta ini? Global Game Jam 2014 Jogjakarta dihadiri oleh sekitar 28 orang dari total 65 jammer yang sebenarnya terdaftar. Acara yang juga disponsori oleh Blackberry ini juga diawali dengan dua Tech/Art Talks seperti di regional lainnya, yang diisi oleh masing-masing Agro Rachmatullah (Meibi Studio) yang membawakan tema "Membangun studio game di Jepang", dan Yogi Aditya (Hinocyber) yang membawakan tema Post Mortem : Kitaria Defense Online. Setelah presentasi, sama seperti di regional lain terdapat pemutaran video keynote dari panitia pusat GGJ 2014, plus pengumuman tema GGJ 2014 yang belum boleh disebarluaskan sebelum zona waktu terakhir di Hawaii berlangsung. Setelah itu, dimulailah pembentukan grup dengan jumlah anggota yang cukup beragam, mulai dari lima orang bahkan ada yang berani menjadi "single fighter" alias mengembangkan game seorang diri! Bukan hanya game digital saja yang dikembangkan oleh para peserta, tetapi ada juga yang mengembangkan board game. Salah satunya adalah Frida Dwi, atau yang akrab disapa dengan UBe, salah satu "single fighter" dalam GGJ 2014 ini yang mengembangkan board game berjudul Pizza Lover dan akhirnya berubah nama menjadi Pizza Trader.

simak di halaman selanjutnya...1. Andy Rush Aga2. Candy of Destruction3. Collect The Bubbles4. Little Hero5. Pizza Trader6. SOMEWHERE7. The Last Light8. Wandering Soul[Foto-foto dan Video oleh Organizer GGJ 2014 Jogja]