TUTUP

Ini Tips Jadi Konten Kreator dari Aulion di IMGS 2024

Yuk simak tipsnya di panel IMGS 2024 berikut ini!

Unlocking Creative Potential: A Deep Dive Into Indonesia’s Creators Scene menjadi salah satu panel yang ada di acara Indonesia Millennial and Gen-z Summit 2024 yang diadakan oleh IDN.

Dalam panel ini, hadir tiga narasumber yang membicarakan tentang bagaimana menjadi konten kreator yang bisa menggaet penonton serta brand.

Di sini, dihadiri oleh Hana Novitriani dari ICE, Aulion seorang konten kreator, dan Indah Tanip dari Populix, serta dipandu oleh Reza Chandika, apa saja obrolan menarik yang dihadirkan?

1. Tips pertama dari Aulion untuk menjadi konten kreator adalah "Do what you love" dan pastinya konsisten

foto Dimas Ramadhan. duniaku.com

Jika kamu ingin memulai menjadi konten kreator, menurut Aulion yang pertama harus kamu lakukan adalah "Do what you love" atau lakukan yang kamu sukai.

Dengan melakukan yang kamu sukai maka bisa menghadirkan sesuatu yang otentik di kontenmu.

Tentu bukan hanya itu, kamu juga harus konsisten membuat konten, seperti Aulion yang sudah berkarya menjadi konten kreator selama 15 tahun!

2. Bisa memberikan storytelling yang bagus di video kalian menjadi nilai plus

foto Dimas Ramadhan. duniaku.com

Aulion juga menambahkan kalau selama 15 tahun dia berkarya sebagai konten kreator, dia sudah mencoba berbagai platform dan berbagai jenis tipe konten, termasuk mengunggah format konten berbeda di setiap sosial medianya karena penontonnya juga berbeda.

Selain itu, Aulion juga menambahkan kalau storytelling atau bagaimana kita bisa mengemas konten kita dengan penceritaan yang menarik, dengan hook yang menarik di tiga detik awal juga berpengaruh, agar penonton mau menyaksikan konten kita sampai akhir.

Menurutnya juga durasi konten tidak sepenuhnya berpengaruh, tapi bagaimana storytelling menarik yang dibuat oleh sang konten kreator, itu yang berpengaruh menggaet penonton.

3. Beberapa riset menarik di Indonesia Creator Market Report

IDN Research Institute dan ICE bekerja sama dengan lembaga riset Populix dan merilis Indonesia Creator Market Report tentang bagaimana kebiasaan penonton dan konten kreator berpengaruh terhadap brand dan market.

Di panel ini, ada beberapa hal menarik yang diungkapkan, seperti 71% penonton setuju kalau Instagram adalah platform yang pas bagi konten kreator memulai branding dirinya, Aulion pun setuju.

Menurut Indah Tanip dari Populix, Instagram memang berpangaruh di mana branding di Instagram akan menarik penonton dengan kedekatan yang sama dan nantinya akan menarik brand untuk kerjasama.

Bagaimana dengan konten kreator yang membuat konten dengan terlalu hard sell? Memang tidak terlalu bagus dan bisa membuat penonton meninggalkan kontennya, tidak lanjut menonton.

Namun 47% responden milenial mengatakan kalau mereka tidak masalah jika sang konten kreator mendeskripsikan konten berbayar mereka dari brand.

Itu beberapa hal menarik yang hadir di panel Unlocking Creative Potential: A Deep Dive Into Indonesia’s Creators Scene di Indonesia Millennial and Gen-Z Summit 2024 by IDN! Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: Manfaat AI untuk Konten Menurut Jess no Limit di IMGS 2024