TUTUP

5 Hal Menarik dari Sesi Financial Literacy IMGS 2024!

Makin melek finansial!

Sesi pertama Visionary Leaders IMGS 2024 punya beragam insight yang seru buat kamu yang ingin melek finansial, lho! Penasaran? Temukan di sini!

1. Insight dari Sabrina!

Dalam sesi Financial Literacy and Entrepeneurship: Building Wealth and Stability for the Future ini, Founder Rukita Sabrina Soewatdy mengungkapkan bahwa dari seiring naiknya harga kebutuhan hidup hingga properti sisi spending untuk housing tanpa terasa bisa mengambil 40 persen pendapatan kita. "Rukita hadir tidak hanya dalam menyediakan tempat bagi generasi ini, tapi juga semakin dekat dengan mereka," jelas Sabrina.

2. Kesadaran finansial tinggi dari Gen Z

Selain itu, Vice President Director PT Bank Mandiri Alexandra Askandar juga memaparkan bahwa kesadaran Gen Z untuk berinvestasi juga tinggi melalui perjalanan aplikasi Livin selama 3 tahun belakangan ini, dan selagi persentase Milenial yang melakukan deposito di Livin 28 persen, Gen Z juga menyusul dalam total 8 persen. 

3. Pentingnya proteksi income

Di sisi lain Presdir Allianz Utama Indonesia, Sunadi Tan juga memaparkan bahwa milenial dan Gen Z bisa disiplin menyisihkan dana untuk melindungi pendapatan yang kita terima sepanjang hidup. "Berdasarkan data dari Allianz, sebagian besar klaim asuransi kami berada di 40 tahun ke bawah," ungkapnya.

Baca Juga: Nuon Dukung Pengembangan Ekosistem Game Lokal di IGDX 2024!

4. Upaya Mandiri dalam dunia usaha muda!

Pada panel yang dimoderasi oleh Editor-in-Chief IDN Times Uni Lubis ini, Alexandra juga memaparkan bahwa program Wirausaha Muda Mandiri yang sudah berjalan dari 2007 dan sempat vakum saat 2020 ini telah mendorong lebih dari 50 ribu pengusaha-pengusaha untuk naik kelas dengan variasi usaha yang semakin menarik dari FnB hingga Kerajinan, dan sekitar 1000 UMKM telah naik menjadi usaha menengah.

5. Sukses Finansial!

Kemudian, Alexandra menjelaskan juga bahwa perencanaan keuangan sangat penting untuk masa depan. Bagaimana hal ini terkait pada generasi Milenial dan Gen Z untuk terhindar dari utang yang menjerat, "Memang ada kebutuhan yang tak pasti, hal itu yang sudah sepantasnya kita antisipasi. Tabungan dan pengelolaan keuangan yang baik akan menjauhkan kita dari tawaran-tawaran pinjol yang tak bertanggung jawab," sebut Alexandra.

Masih banyak yang seru!

Acara yang sedang berlangsung di The Tribrata Dharmawangsa, Jakarta Selatan ini diadakan selama dua hari, dengan beragam macam pembicara sampai kolaborator seru yang membicarakan perkembangan-perkembangan yang relevan bagi Milenial dan Gen Z sebagai penggerak perubahan di Indonesia.

Tahun ini ada dua jenis panggung yang diusung oleh IMGS 2024. Visionary Leaders By IDN Times yang membawakan serangkaian tokoh-tokoh yang membagikan pengalamannya sebagai penggerak perubahan, dan Talent Trifect by ICE yang menjadi bagian dari generasi penggerak perubahan tersebut.

Apa sesi IMGS 2024 favoritmu? Sampaikan lewat kolom komentar!

Baca Juga: Game Lokal Petit Island Siapkan Pengalaman Lucu Berkeliling Kota!