TUTUP

Beragam Tipe MBTI Karakter Utama Naruto, Ada yang Setipe?

Dari yang super ekstrover hingga introver akut!

Naruto merupakan serial anime yang diproduksi oleh Studio Pierrot sejak tahun 2002. Diadaptasi dari manga berjudul sama karya Masashi Kishimoto, Naruto telah menunjukkan popularitasnya yang tinggi hingga saat ini.

Selain plot cerita yang menarik, serial ini menghadirkan berbagai karakter yang meninggalkan kesan tersendiri bagi setiap orang, terutama dari segi kepribadiannya.

Banyak penggemar mulai menerka-nerka kepribadian apa yang dimiliki tiap karakter di Naruto. Mereka menggunakan indikator MBTI atau Myers-Briggs Type Indicator untuk menafsirkan tipe kepribadian seseorang.

Terdapat 16 tipe kepribadian yang dikembangkan dari 4 aspek sifat dasar manusia. Inilah daftar tipe MBTI karakter utama Naruto berdasarkan teori fans!

1. Naruto Uzumaki - ENFP

dok. Pierrot

Karakter utama dari serial ini, Naruto Uzumaki, adalah ENFP (Extrovert, Intuition, Feeling, Perceiving). Tipe ini juga dikenal dengan kepribadian protagonis. Orang dengan tipe ENFP biasanya berjiwa pemimpin, suka bersosialisasi, dan mengutamakan perasaan dibandingkan logika.

Naruto sebagai ENFP ini sangat supel dan berjiwa bebas, sesuai dengan pribadinya yang ekstrover. Intuisinyanya itu mengharapkan dunia yang lebih damai dan jauh dari kejahatan. 

2. Hinata Hyuga - ISFJ

dok. Pierrot

Hinata cocok sekali dengan tipe ISFJ (Introvert, Sensing, Feeling, Judging). ISFJ ini tipe yang paling umum dan disukai. Mereka dideskripsikan sebagai penolong bagi orang lain, rendah hati, bisa diandalkan, dan cenderung pendiam. 

Sebagai seorang ISFJ, Hinata ini percaya dengan kebaikan. Bahkan ia selalu membalas kejahatan seseorang dengan kebaikan. Dalam setiap misi yang diberikan, Hinata menjadi anggota paling lemah lembut dan pemalu. 

3. Itachi Uchiha - INFJ

dok. Pierrot

Itachi Uchiha atau kakak dari Sasuke dikenal sebagai pribadi yang tertutup dan penuh perhitungan. Oleh karena itu dia dikategorikan sebagai INFJ (Introvert, Intuition, Feeling, Judging). Tipe MBTI ini jadi tipe paling langka, loh!

Orang dengan kepribadian INFJ punya empati tinggi, peka terhadap perasaan dan kebutuhan orang lain. Mereka juga peduli serta suportif. 

Deskripsi di atas sangat cocok dengan sifat Itachi yang peduli terhadap semua orang. Yah, walaupun sangat misterius dan idealis.

Baca Juga: 8 Persamaan Seri Naruto dan Boruto yang Paling Mirip

4. Sasuke Uchiha - INTJ

Studio Pierrot/Naruto Shippuden

Sasuke yang merupakan sahabat sekaligus saingan Naruto digambarkan sebagai seorang INTJ (Introvert, Intuition, Thinking, Judging). Sebagai informasi, tipe INTJ ini lebih umum ditemukan dalam diri villain.

Tipe INTJ juga cukup langka, sama seperti INFJ yang dimiliki oleh kakaknya. Seorang INTJ dikenal sebagai individu yang logis, kreatif, dan punya perencanaan matang. Oleh karena itu, orang dengan kepribadian ini suka dijuluki “si ahli strategi”.

5. Jiraiya - ENFP

dok. Pierrot/ Naruto

Selain Naruto, Jiraiya juga digolongkan sebagai seorang ENFP. Tak heran jika ia dan Naruto sangat akrab satu sama lain, karena punya kepribadian yang sama.

Seorang ENFP ini cocok menjadi pemimpin. Sesuai dengan profesi Jiraiya sebagai seorang mentor, ia menjadi guru yang ramah dan hangat. Ia juga yang menghasilkan murid-murid yang berbakat seperti Minato dan Naruto.

Maka tak aneh jika seorang ENFP seperti Jiraiya pernah mendapatkan tawaran menjadi Hokage keempat sebanyak tiga kali. Tapi sayangnya ia menolak semuanya.

6. Kakashi Hatake - INTP

dok. Pierrot

Kakashi yang merupakan pemimpin dari Tim 7 ternyata berjiwa INTP (Introvert, Intuition, Thinking, Perceiving). Tipe ini sering dikaitkan dengan seorang pemikir, analitis, jujur, dan fleksibel. 

Kakashi menunjukkan INTP-nya melalui kepemimpinannya yang fleksibel tapi efektif. Ia juga menggunakan intuisinya untuk merencanakan strategi pertempuran. Walau sama-sama INTP, hal itulah yang membedakan dirinya dengan Sasuke.

Bukan itu saja, INTP juga dikenal sebagai pemikir. Begitu pula dengan hobi Kakashi yang sering memikirkan ide atau teori baru untuk menciptakan jurus baru di dalam kepalanya itu.

Baca Juga: 10 Karakter Anime yang Dicurigai Bau Badannya Gak Enak

7. Might Guy - ESFP

Studio Pierrot/Boruto

Might Guy adalah seorang ESFP (Extrovert, Sensing, Feeling, Perceiving). Seseorang dengan tipe ini senang menghibur orang lain, berempati tinggi, dan pandai bersosialisasi. 

Selain itu, seorang ESFP juga sangat optimis dan berani. Sikap tersebut sangat tercermin dalam diri Might Guy yang selalu percaya kalau usahanya akan membuat dirinya menjadi seorang ninja hebat suatu hari nanti.  

8. Sakura Haruno - ESFJ

dok. Pierrot

Sakura adalah seorang ESFJ (Extrovert, Sensing, Feeling, Judging). Tipe ESFJ ini ternyata mirip dengan ENFP karena sama-sama suka menghibur orang-orang di sekitar mereka dan mengutamakan orang lain daripada dirinya sendiri.

Selain itu, orang dengan karakter ESFJ juga berhati lembut, ramah, dan setia. Persis dengan sifat Sakura yang setia dengan cintanya kepada Sasuke. Karena hatinya yang lembut ini, ESFJ dikenal sebagai “sang pengasuh”, lho.

9. Shikamaru Nara - INTP

dok. Pierrot

Selain Kakashi dan Sasuke, si pemalas bernama Shikamaru ini dikategorikan sebagai INTP (Introvert, Intuition, Thinking, Perceiving), tipe kepribadian yang mengedepankan logika daripada perasaan.

Sebagai seorang INTP, Shikamaru sering terlihat sebagai perencana strategi, menggunakan akal dan kreativitasnya untuk mengatasi situasi tertentu, dan menimbang semua kemungkinan sebelum memutuskan sesuatu. 

Maka dari itu, terkadang ia bertindak seperti seorang ENTJ atau pemimpin ketika terjun ke medan perang.

10. Tsunade - ESTP

dok. Pierrot

Terakhir, Tsunade adalah ESTP (Ekstrovert, Sensing, Thinking, Perceiving). Ciri tipe ESTP ini dikenal sebagai pekerja keras, bisa berteman dengan siapa pun, dan juga hobi memperhatikan berbagai hal di sekitarnya. 

Begitu pula dengan Tsunade. Sebagai Hokage kelima, ia merupakan sosok pemberani yang melindungi orang di sekitarnya dengan caranya sendiri. Gak cuma itu, Tsunade juga lebih sering mengamati daripada menghakimi,  sesuai dengan salah satu karakter yang dimiliki oleh seorang ESTP.

Nah, itu dia tipe MBTI karakter utama Naruto berdasarkan teori dari para fans. Punya pendapat yang berbeda? Boleh tulis di kolom komentar, ya!

Untuk informasi yang lebih lengkap soal anime-manga, film, game, dan gadget, yuk gabung komunitas Warga Duniaku lewat link berikut:

Discord: https://bit.ly/WargaDuniaku
Tele: https://t.me/WargaDuniaku

Baca Juga: Beragam Tipe MBTI Karakter Upin & Ipin, Ada yang Setipe?