TUTUP

9 Rekomendasi Donghua untuk Penggemar Anime, Wajib Tonton!

Tak kalah saing dengan anime, lho!

Donghua adalah animasi asal China yang belakangan ini mulai digandrungi para penggemar anime berkat kualitasnya yang tak kalah saing dengan animasi produksi negara Jepang tersebut.

Donghua kini mulai digemari banyak orang karena berbagai alasan, mulai dari visualnya yang memiliki ciri khas, sehingga mampu memanjakan mata penonton, hingga tema cerita yang umumnya mengangkat budaya khas China, misalnya tentang seni bela diri dan kultivasi.

Sama halnya dengan anime, animasi China alias donghua juga kerap memperkenalkan dunia fantasi yang menakjubkan, disusul dengan adegan-adegan aksi yang mendebarkan. Kisah drama romansa yang ditawarkan pun biasanya mampu membuat penontonnya terbawa suasana.

Nah, buat kamu yang ingin mencoba menonton animasi China satu ini, berikut kami sajikan beberapa rekomendasi donghua untuk penggemar anime. Catat daftarnya, ya!

1. Shiguang Dailiren (Link Click)

dok. LAN Studio/ Link Click

Rekomendasi pertama datang dari persembahan LAN Studio yang pertama kali tayang pada April 2021 lalu, yakni Link Click. Donghua ini memadukan genre misteri dengan tema time travel lewat kisah drama yang emosional.

Link Click bercerita tentang Cheng Xiaoshi dan Lu Guang yang memanfaatkan kemampuan supranatural mereka yang mampu melompati waktu dengan membuka usaha "Time Photo Studio".

Bermodalkan kekuatan tersebut, keduanya menerima permintaan kliennya dengan cara memasuki kembali ke masa lalu melalui foto yang dibawa sang klien. Namun, mereka harus berhati-hati agar tak mengubah masa depan si pemilik foto atau memicu peristiwa yang tak diinginkan lainnya.

2. Mo Dao Zu Shi (The Founder of Diabolism)

dok. B.CMAY PICTURES/ Mo Dao Zu Shi (The Founder of Diabolism)

Diadaptasi dari web novel, selanjutnya ada The Founder of Diabolism. Donghua berjudul asli Mo Dao Zu Shi ini tayang perdana pada Juli 2018 lalu dengan total 15 episode.

Mengangkat genre aksi, fantasi, dengan tema reinkarnasi, The Founder of Diabolism berkisah tentang Wei Wuxian, seorang ahli kultivator yang mencoba mengejar keabadian yang diimpikan seluruh kultivator, yakni Xian. Namun, Xian menyimpan energi gelap di baliknya yang dikenal sebagai Mo Dao.

Seiring meningkatnya kekuatannya, Wei Wuxian justru terjerumus ke dalam kehancuran yang mengakibatkan kematiannya di tangan sekutunya sendiri. Namun, dia berhasil terlahir kembali di masa depan dan dipertemukan dengan mantan temannya di kehidupan aslinya, yaitu Lan Wangji.

Melawan berbagai makhluk berbahaya dan sesama kultivator, Wei Wuxian dan Lan Wangji bekerja sama demi menguak misteri di balik dunia spiritual yang menjebak mereka.

3. Shen Yin Wangzuo (Throne of Seal)

dok. Shenman Entertainment/ Shen Yin Wangzuo (Throne of Seal)

Long Hao Chen adalah seorang ksatria muda yang kini mulai berlatih di bawah arahan Long Xing Yu. Dalam sebuah ritual khusus, terungkap bahwa Long Hao Chen adalah anak istimewa yang memiliki energi spiritual dengan jumlah besar.

Dengan potensi yang menjanjikan tersebut, Long Xing Yu memotivasi Long Hao Chen agar berlatih lebih keras untuk menjadi ksatria hebat agar keduanya bisa mengalahkan Raja Iblis bersama-sama sekaligus mengakhiri era kegelapan yang telah menyelimuti dunia mereka sejak lama.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Donghua Isekai Terbaik, Berlatar Dunia Fantasi

4. Tunshi Xingkong (Swallowed Star)

dok. Sparkly Key Animation Studio/ Tunshi Xingkong (Swallowed Star)

Berlatar di masa depan, Tunshi Xingkong atau yang dikenal pula dengan judul Swallowed Star adalah donghua lainnya yang wajib ditonton kalau kamu adalah pencinta anime. Animasi China satu ini menyoroti dunia yang dilanda virus RR yang mengakibatkan makhluk hidup yang terinfeksi bermutasi menjadi monster berbahaya.

Ceritanya berpusat pada tokoh Luo Feng, seorang pemuda yang sedang berjuang agar bisa menjadi pejuang tangguh agar bisa bergabung dengan Warrior, yakni pasukan khusus beranggotakan ahli seni bela diri. Prajurit tersebut dipersiapkan guna menyelamatkan umat manusia dari kehancuran.

Perjalanan Luo Feng bermula ketika dirinya terjebak dalam situasi sulit di mana monster menyerang dan militer yang bertugas tak mampu menanganinya. Luo Feng kemudian terinfeksi oleh seorang prajurit, lalu secara sembunyi-sembunyi memutuskan untuk menjadi pejuang demi melindungi orang-orang yang disayanginya.

5. Douluo Dalu (Soul Land)

soulland.fandom.com

Rekomendasi donghua untuk penggemar anime berikutnya ialah Soul Land. Pertama kali diperkenalkan pada awal 2018 lalu, animasi China yang berjudul asli Douluo Dalu ini mengangkat tema yang cukup populer, yaitu reinkarnasi.

Soul Land bercerita tentang Tang San, seorang murid berbakat dari Sekte Tang yang dikenal sebagai klan seni bela diri ternama. Karena suatu alasan, Tang San tak lagi menemukan alasan untuk melanjutkan hidup dan memutuskan untuk melompat dari Puncak Neraka.

Namun, alih-alih mati, Tang San justru bereinkarnasi ke dunia yang aneh di mana setiap orang terlahir dengan roh bawaan dan berpotensi untuk menjadi Master Roh. Tang San sendiri terbukti memiliki kekuatan roh yang kuat, lalu memulai perjalanannya untuk menjadi Master Roh.

6. Quanzhi Gaoshou (The King's Avatar)

dok. B.CMAY PICTURES/ Quanzhi Gaoshou (The King's Avatar)

Mengusung tema video game, The King's Avatar menceritakan seorang gamer profesional berjulukan "Battle God", yakni Ye Xiu. Dia adalah player game Glory yang memiliki kontribusi besar, tetapi pada akhirnya dipaksa pensiun dari timnya.

Ye Xiu kemudian bekerja di warnet terdekat dan melakukan comeback ketika server ke-10 game Glory dirilis. Kini menggunakan karakter baru dengan nickname "Lord Grim", Ye Xiu segera menarik perhatian pemain lainnya berkat keterampilannya dalam bermain.

Baca Juga: 8 Donghua 3D Terbaik Wajib Nonton, Ada Soul Land!

7. Hanhua Riji (God Troubles Me)

dok. L2Studio/ Hanhua Riji (God Troubles Me)

Nah, khusus buat kamu yang suka dengan genre-genre ringan seperti slice of life dan comedy, maka God Troubles Me adalah jawabannya.

God Troubles Me berlatar di dunia di mana malaikat dan iblis tak lagi mampu menjaga keseimbangan dunia akibat semakin pesatnya perkembangan masyarakat. Untuk memulihkan dunia, diutuslah sekelompok malaikat dan monster. Tugas mereka ialah menemukan "kunci" keselamatan.

Karakter utamanya ialah Su Moting yang hidup seorang diri agar bisa menjadi mandiri. Dia lantas dipertemukan dengan dewa Tianjin dan iblis kucing bernama Dukui. Sejak saat itu, dimulailah hidupnya yang penuh dengan kesibukan.

8. Xian Wang de Richang Shenghuo (The Daily Life of the Immortal King)

dok. Haoliners Animation League/ The Daily Life of The Immortal King

Wang Ling adalah seorang kultivator berbakat yang menginginkan kehidupan masa SMA yang normal, sehingga ia memutuskan untuk menyembunyikan kekuatan aslinya.

Untuk menyamarkan kekuatan besar tersebut, digunakanlah amulet, yakni semacam jimat sebagai solusi sementara. Namun, seiring waktu jimat tersebut melemah, sehingga emosi Wang Ling pun mulai tak terkendali.

Bersama sang ayah, Wang Ling harus segera menemukan cara untuk memperbaiki amulet tersebut.

9. Da Li Si Rizhi (White Cat Legend)

dok. Nice Boat Animation/ Da Li Si Rizhi (White Cat Legend)

Kemudian, ada White Cat Legend yang mengadopsi tema anthropomorphic dan mitologi dalam ceritanya.

Di sini, kita diperkenalkan pada sosok Chen Shi yang melakukan perjalanan ke Luoyang demi menemukan saudaranya yang menghilang. Masalah utamanya ialah Chen Shi sama sekali tak mengetahui nama maupun wajah kakak laki-lakinya tersebut. Ditambah lagi, ia malah kehabisan uang ketika tiba di Luoyang.

Chen Shi kemudian bekerja untuk Wakil Menteri Li Bing di Pengadilan Dali. Li Bing bukanlah manusia, melainkan seekor kucing putih dengan ukuran besar.

Lewat donghua ini, akan disoroti kisah sejarah tentang kehidupan sehari-hari para pejabat di Pengadilan Dali, tepatnya ketika masa pemerintahan Permaisuri Wu Mingkong.

Itulah sejumlah rekomendasi donghua untuk penggemar anime yang tak boleh kamu lewatkan. Punya rekomendasi lainnya? Tulis di kolom komentar, yuk!

Untuk informasi yang lebih lengkap soal anime-manga, film, game, dan gadget, yuk gabung komunitas Warga Duniaku lewat link berikut:

Discord: https://bit.ly/WargaDuniaku
Tele: https://t.me/WargaDuniaku

Baca Juga: 12 Rekomendasi Manhwa Apocalypse, Ada Sweet Home!