TUTUP

10 Manhwa Bagus yang Hiatus, Ada Manhwa Favoritmu, Gak?

Manhwa populer ini harus rehat sejenak sebelum lanjut rilis

Selain manga, komik asal Korea Selatan, yakni manhwa saat ini juga telah menjadi salah satu karya paling diminati para pembaca komik. Popularitasnya terus meluas seiring dengan semakin beragamnya ide atau genre cerita yang ditawarkan suatu manhwa.

Sayangnya, seperti yang umum terjadi pada komik-komik lain, beberapa manhwa akan mengalami jeda rilis untuk sementara waktu. Alasannya tentu beragam, entah itu berkaitan dengan kebutuhan riset demi kualitas konten, kondisi kesehatan sang author, atau hal lainnya yang berhubungan erat dengan masalah teknis.

Kembalinya manhwa yang penerbitannya harus berhenti sejenak tentunya selalu ditunggu para penggemarnya. Nah, berikut ini beberapa manhwa bagus yang hiatus dengan berbagai alasan. Simak daftarnya, ya!

10. The Hero Returns

dok. Kakao Webtoon/ The Hero Returns

The Hero Returns adalah manhwa karya asli Heuk Ain yang diilustrasikan oleh Yungun bersama Antstudio yang sekaligus bertindak sebagai penerbitnya. Manhwa time travel dan reinkarnasi yang pertama kali terbit pada 3 Maret 2022 ini sudah hiatus sejak September 2023 lalu.

The Hero Returns menyoroti manusia terakhir yang berhasil hidup di tengah-tengah dunia yang kacau balau. Dia adalah Kim Sungin, sosok pahlawan sekaligus manusia terkuat di muka Bumi yang telah berjuang melawan monster dan keberadaan dungeon misterius selama bertahun-tahun lamanya.

Suatu ketika, Sungin terbangun sebagai laki-laki bernama Kim Suhyun. Bukan di masa yang sama, tetapi 20 tahun yang lalu. Inilah kesempatan baginya untuk mengubah takdir dunia dari awal!

9. Return of the Disaster-Level Hero

dok. Kakao Webtoon/ Return of the Disaster-Level Hero

Hiatus sejak Januari 2024, Return of the Disaster-Level Hero bercerita tentang Lee Geon, pahlawan terhebat yang dikhianati oleh sekutunya sendiri. Sebelumnya, ia terperangkap di menara iblis seorang diri dan harus bertarung demi mengalahkan makhluk misterius yang disebut "Disaster".

Dua puluh tahun kemudian, Geon berhasil kembali dan mendapati orang-orang yang telah dia anggap sebagai teman telah menjual semua hartanya dan meninggalkannya begitu saja. Misi pembalasan dendam pun dimulai.

Return of the Disaster-Level Hero adalah manhwa bergenre aksi dan fantasi yang ditulis oleh Sanji Jiksong, diilustrasikan oleh Lee Beomgeun, serta diterbitkan oleh REDICE STUDIO.

8. Roxana: The Way to Protect the Female Lead's Older Brother

dok. Kakao Webtoon/ Roxana

Roxana: The Way to Protect the Female Lead's Older Brother adalah manhwa populer lainnya yang harus rehat sejenak dan belum tahu kapan akan kembali rilis.

Terbit perdana pada Januari 2021 lalu, Roxana adalah manhwa villainess karya Kin yang berpusat pada seseorang yang bereinkarnasi ke dalam novel sebagai tokoh yang terlahir di keluarga jahat, yaitu Agriche.

Kini dikenal sebagai Roxana, dia harus membuktikan dirinya sebagai seorang Agriche yang sesungguhnya. Roxana akan memanfaatkan sosok Carsis Fedelian yang merupakan kakak dari protagonis novel tersebut.

Baca Juga: 6 Manhwa tentang Serial Killer Terbaik, Menegangkan!

7. I Turned My Childhood Friend into a Tyrant

dok. Kakao Webtoon/ I Turned My Childhood Friend into a Tyrant

I Turned My Childhood Friend into a Tyrant mengisahkan seorang pegawai kantoran yang secara tiba-tiba masuk ke dunia novel dan menjadi karakter pendukung. Sesuai alur, karakter yang ditakdirkan sebagai tiran tersebut diceritakan akan mati. Dia berpikir bahwa dia bisa kembali ke dunia asli setelahnya.

Namun, yang terjadi justru sebaliknya. Dia malah terlempar kembali ke masa saat karakter tersebut masih berusia 10 tahun. Apa yang sebenarnya harus ia lakukan?

Manhwa fantasi romansa yang ditulis oleh Rang Chae dan diilustrasikan oleh J.Sun ini mengalami jeda sejak akhir Januari 2024.

6. The Evil Princess Dreams of a Gingerbread House

dok. Kakao Webtoon/ The Evil Princess Dreams of a Gingerbread House

Masih dengan manhwa fantasi romansa, kali ini ada The Evil Princess Dreams of a Gingerbread House karya Friedrich yang sedang memasuki masa jeda sejak Desember 2023 lalu.

Bertema villainess, ceritanya berfokus pada seseorang yang bereinkarnasi sebagai anak dari keluarga miskin dalam buku cerita. Bernama Asya, yang dia inginkan hanyalah menjadi patissier dan menyajikan berbagai hidangan penutup yang lezat.

Sayangnya, identitas asli Asya ternyata adalah Putri Anastasia yang dikenal jahat. Sang Putri ditakdirkan akan menemui kehancurannya sendiri karena sifat angkuhnya.

Demi keselamatan hidupnya, Asya dengan tegas menolak kekuasaan dan hanya ingin memanggang berbagai kue setiap harinya.

5. Lillienne of Turin

dok. Kakao Webtoon/ Lillienne of Turin

Manhwa bagus yang hiatus lainnya ialah Lillienne of Turin yang ditulis oleh Na Yoohye.

Telah hiatus sejak Agustus 2023, Lillienne of Turin berkisah tentang Lillienne yang mengakhiri hidupnya sendiri setelah lelah menjalani kehidupan yang malang karena terlalu memercayai pengasuh dan menikahi laki-laki yang salah.

Beruntung, Lillienne mendapatkan kesempatan hidup kedua yang akan dia manfaatkan untuk menulis ulang takdirnya.

4. My Farm by the Palace

dok. KakaoPage/ My Farm by the Palace

Pertama kali diperkenalkan pada April 2022 lalu, manhwa My Farm by the Palace harus berhenti rilis sejenak per awal 2024.

Manhwa karya Jungyeon ini menyoroti seorang pakar pertanian bernama Hazel Mayfield yang disebut-sebut memiliki "tangan matahari".

Lebih tepatnya, My Farm by the Palace akan berfokus pada upaya Hazel demi mempertahankan ladang miliknya yang hendak diambil alih oleh istana yang terletak tepat di sebelahnya untuk dijadikan kebun istana.

Baca Juga: 10 Manhwa Romance Ter-dark, Anti Mainstream!

3. I Became the Tyrant's Secretary

dok. Kakao Webtoon/ I Became the Tyrant's Secretary

Per Februari 2024, I Became the Tyrant's Secretary harus mengalami jeda rilis untuk beberapa waktu.

Manhwa karangan Lee Inhye yang bergenre fantasi romansa ini berfokus pada tokoh bernama Rosalyn yang harus menggantikan kakaknya sebagai sekretaris bagi sosok tiran.

Rosalyn menjalankan tugasnya dengan sangat baik. Berkat itu, dia bisa menghidupi seluruh keluarganya. Namun, ketika memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan tersebut, sang baginda justru menentangnya!

2. The Rewards of Marriage

dok. Kakao Webtoon/ The Rewards of Marriage

Manhwa The Rewards of Marriage hiatus sejak Agustus 2023 lalu.

Ditulis oleh Choam, manhwa bertema isekai dan reinkarnasi ini menceritakan upaya Lizelle yang terlilit utang akibat hobinya untuk menghambur-hamburkan uang.

Lizelle memanfaatkan kesempatan dengan memulangkan Raphelion Heillos yang hilang ke istana, lalu mendapatkan imbalan dan menggunakannya untuk melunasi semua utangnya dan hidup makmur bagai bangsawan.

Namun, rencana Lizelle hancur dan dia malah terjebak di dalam istana.

1. How to Get My Husband on My Side

dok. Kakao Webtoon/ How to Get My Husband on My Side

How to Get My Husband on My Side adalah manhwa populer yang juga harus hiatus sejak Desember 2023 lalu.

Manhwa isekai bertema villainess yang dikarang oleh Spice&Kitty ini bercerita tentang terlahir kembalinya seseorang sebagai tokoh jahat dalam novel yang dia baca. Tokoh tersebut bernama Rudbeckia de Borgia.

Rudbeckia dijodohkan dengan sosok Paladin terkemuka di Utara yang diceritakan akan membunuh keluarga Rudbeckia di masa yang akan datang.

Tak ada jalan lain, Rudbeckia harus mengubah alur cerita dan menyelamatkan semua orang yang dicintainya.

Itulah deretan manhwa bagus yang hiatus. Dari kesepuluh judul tersebut, adakah favoritmu?

Untuk informasi yang lebih lengkap soal anime-manga, film, game, dan gadget, yuk gabung komunitas Warga Duniaku lewat link berikut:

Discord: https://bit.ly/WargaDuniaku
Tele: https://t.me/WargaDuniaku

Baca Juga: 10 Rekomendasi Manhwa Fantasy Terbaik: Solo Leveling hingga ToG!