TUTUP

10 Karakter Bertopeng di Anime, Misterius dan Tak Teduga!

Siapa sosok yang bersembunyi di balik topeng tersebut?

Anime telah menjadi salah satu tontonan yang paling banyak digandrungi oleh orang-orang di seluruh dunia. Daya tariknya tak cuma datang dari ide cerita yang terus berinovasi, tetapi juga pengenalan para karakter yang memiliki ciri khas masing-masing.

Suatu karakter bisa menjadi begitu berkesan bagi para penggemar karena berbagai alasan, entah itu berkat kekuatannya, kepribadiannya, bahkan penampilannya. Pasalnya, karakter dengan penampilan yang unik akan menjadi ikon yang mudah diingat oleh para penggemarnya.

Salah satu aksesoris yang umum digunakan sejumlah karakter anime ialah topeng. Dengan topeng, mereka menutupi seluruh atau sebagian wajahnya dan tampil sebagai sosok misterius yang menyimpan banyak rahasia tak terduga di baliknya.

Nah, inilah deretan karakter bertopeng di anime yang paling ikonis. Simak daftarnya, yuk!

1. Sogeking -One Piece

dok. Toei Animation/ One Piece

Sogeking dari semesta One Piece sebenarnya merupakan identitas lain atau alter ego Usopp yang saat itu sudah memutuskan untuk keluar dari kelompok bajak laut Topi Jerami.

Menggunakan identitas Sogeking sebagai penyamaran, Usopp berusaha membantu mantan krunya tersebut selama upaya penyelamatan Robin.

Lucunya, karena Sogeking adalah alter ego, tak heran jika kepribadiannya benar-benar berlawanan dengan sosok Usopp yang cenderung penakut.

2. Inosuke Hashibira - Kimetsu no Yaiba

dok. Ufotable/ Kimetsu no Yaiba

Inosuke Hashibira adalah salah satu karakter utama yang diperkenalkan dalam serial Kimetsu no Yaiba. Dia tampil khas dengan topeng babinya yang mengisyaratkan masa lalu Inosuke yang tumbuh besar di hutan, bahkan konon pernah diasuh oleh babi hutan.

Topeng babi yang Inosuke kenakan juga mencerminkan kepribadiannya yang barbar dan liar. Pengguna Pernapasan Binatang ini cenderung akan menantang siapa saja yang menurutnya berpotensi menjadi lawan yang tangguh baginya.

Di balik itu, topeng tersebut tampaknya juga membantu Inosuke agar tampil percaya diri. Pasalnya, ketika tanpa topeng, ia malah terkesan seperti sosok lain yang agak pemalu.

3. Ken Kaneki - Tokyo Ghoul

dok. Pierrot/ Tokyo Ghoul

Di kalangan para pencinta anime terutama yang hobi cosplay, topeng atau masker milik Ken Kaneki dari anime Tokyo Ghoul ini harus diakui sangat populer. Kaneki yang telah menjelma menjadi manusia setengah ghoul harus menutupi identitasnya demi menghindari petugas CCG yang memburu makhluk pemangsa manusia tersebut.

Beriringan dengan proses penerimaan jati dirinya yang baru, Kaneki kini tampil beda. Rambutnya memutih, dan dia harus menutup satu matanya yang telah berubah menyesuaikan fisik seorang ghoul menggunakan semacam eyepatch.

Tak sebatas itu, Kaneki juga memakai masker hitam khas yang dilengkapi dengan resleting tepat di bagian mulutnya. Masker tersebut menyembunyikan mulai dari bagian hidung hingga ke lehernya.

Baca Juga: 10 Karakter Anime yang Dicurigai Bau Badannya Gak Enak

4. Sunraku - Shangri-La Frontier

dok. C2C/ Shangri-La Frontier

Kemudian, ada Sunraku, yakni protagonis dalam anime Shangri-La Frontier. Sunraku sendiri merupakan nickname milik Rakuro Hizutome, seorang gamer yang hobi menamatkan game ampas, lalu tertantang untuk bermain game VR terbaru bernama Shangri-La Frontier.

Dalam game tersebut, Sunraku tampil khas dengan topeng burung berwarna biru. Penampilan karakternya menjadi jauh lebih misterius sekaligus konyol setelah ia dikalahkan oleh Lycagon dan menerima marking menyerupai bekas luka.

Berkat tanda tersebut, Sunraku jadi tak dapat menggunakan beberapa equipment tertentu. Itulah mengapa ia harus bertualang dalam game SFL hanya dengan topeng dan celana pendek saja.

5. Bickslow - Fairy Tail

dok. A-1 Pictures/ Fairy Tail

Dari serial Fairy Tail, ada Bickslow yang merupakan salah satu anggota guild Fairy Tail. Bersama Freed Justine dan Evergreen, dia bergabung dalam tim Thunder God Tribe yang dipimpin oleh Laxus Dreyar.

Bickslow dikenal berkat penampilannya yang ikonis sekaligus menyeramkan. Dia menggunakan baju besi yang juga menutupi bagian matanya sebagai topeng. Sementara itu, lidahnya terus dijulurkan, memperlihatkan logo tim yang dicap di sana.

Bickslow ini terkesan seperti orang gila yang menakutkan. Pasalnya, dia terlihat sering tertawa tanpa henti. Kekuatan sihirnya tercatat cukup berbahaya. Namun, dia sangat lemah dalam hal kekuatan fisik.

6. Zero - Code Geass

dok. Sunrise/ Code Geass

Karakter anime bertopeng berikutnya dapat ditemukan dalam universe Code Geass, yaitu Zero.

Zero sendiri sebenarnya mengacu pada identitas yang disandang oleh mereka yang memakai topeng menyerupai helm yang menyembunyikan seluruh bagian wajah. Orang yang memakai topeng beserta jubah tersebut merupakan seorang pejuang yang melawan Kekaisaran Britannia demi menyelamatkan Jepang.

Zero awalnya berasal dari mantan pangeran bernama Lelouch vi Britannia. Ia memberontak dan melawan ayahnya yang tiran, sehingga akhirnya diasingkan. Setelah kematian Lelouch, identitas Zero pun diambil alih oleh Suzaku Kururugi.

Baca Juga: 9 Karakter Anime yang Melampaui Gurunya, Jauh Lebih Tangguh!

7. Tobi - Naruto Shippuden

Studio Pierrot/Naruto Shippuden

Mengawali Naruto Shippuden, sosok bertopeng bernama Tobi tampil sebagai pengganti Sasori, anggota Akatsuki yang telah dikalahkan dalam pertempuran. Tobi sendiri bergerak bersama partnernya, yakni Deidara.

Topeng milik Tobi menutupi hampir keseluruhan wajahnya, dengan satu lubang di bagian sebelah mata yang memperlihatkan bahwa dia adalah pengguna Sharingan.

Tobi sempat mengaku bahwa dirinya adalah Madara Uchiha, lalu belakangan terungkap bahwa identitas sebenarnya ialah Obito Uchiha yang tak lain ialah mantan rekan tim Kakashi Hatake.

Tobi nantinya akan berganti topeng yang memperlihatkan 2 matanya, di mana salah satunya ternyata adalah mata Rinnegan.

8. Shin-Ah - Yona of the Dawn

dok. Pierrot/ Yona of the Dawn

Shin-Ah diperkenalkan sebagai salah satu dari empat Prajurit Naga dalam serial Yona of the Dawn. Tepatnya, dia adalah Naga Biru alias Seiryuu.

Shin-Ah memutuskan untuk menggunakan topeng demi menyembunyikan matanya yang memiliki kekuatan tatapan untuk membuat orang berhalusinasi dan lumpuh. Namun, setelah bertemu dengan Yona, Shin-Ah mulai merasa nyaman dan tak ragu untuk melepas topengnya.

9. Shizue Izawa - TenSura

dok. 8bit/ TenSura

Selain Rimuru, Shizue Izawa adalah manusia lainnya yang terpanggil ke dunia fantasi tempat Rimuru bereinkarnasi. Namun, Shizu telah ada di sana sejak masa Perang Dunia II di Jepang.

Dengan iblis Ifrit yang bersemayam dalam tubuhnya, Shizu mewarisi topeng dari seorang Hero perempuan yang pernah menjadi gurunya. Setelah berteman dengan Rimuru, Shizu pun diserap olehnya, sehingga topeng tersebut kini diwarisi oleh slime tersebut.

10. Mr. Compress - My Hero Academia

Mr. Compress (dok. Bones/ My Hero Academia)

Terakhir, ada salah satu villain dari anime My Hero Academia, yakni Mr. Compress. Sosok bernama asli Atsuhiro Sako tersebut merupakan bagian dari Liga Penjahat dengan quirk Compress.

Mr. Compress tampil mencolok layaknya seorang pesulap. Dia menggunakan topeng berwarna hitam putih yang benar-benar menutupi seluruh wajahnya.

Nah, itulah beberapa karakter bertopeng di anime yang tampil sebagai sosok misterius. Kamu kenal karakter anime bertopeng lainnya? Tulis di kolom komentar, yuk!

Untuk informasi yang lebih lengkap soal anime-manga, film, game, dan gadget, yuk gabung komunitas Warga Duniaku lewat link berikut:

Discord: https://bit.ly/WargaDuniaku
Tele: https://t.me/WargaDuniaku

Baca Juga: 7 Pairing Karakter Jujutsu Kaisen yang Mustahil!