TUTUP

Jumlah Divisi di Kaiju No. 8, Tersebar di Seluruh Jepang!

Ini dia jumlah Divisi di Pasukan Pertahanan Kaiju No. 8

Pasukan Pertahanan atau dikenal pula dengan nama Japan Anti-Kaiju Defense Force (JAKDF) adalah organisasi militer yang diperkenalkan dalam seri Kaiju No. 8 karya Naoya Matsumoto.

JAKDF merupakan pasukan khusus yang berspesialisasi dalam upaya mengalahkan sekaligus menetralisasi kaiju. Karena serangan kaiju bisa terjadi di mana dan kapan saja, maka basis Pasukan Pertahanan pun disebarluaskan ke berbagai titik di Jepang.

Sebagai badan yang terorganisir, JAKDF memberlakukan pangkat yang membedakan posisi serta peran seorang perwira. Pangkat tersebut dimulai dari Direktur Jenderal yang saat ini dipegang oleh Isao Shinomiya, lalu disusul oleh Wakil Direktur, Kapten Divisi dan Wakilnya, Pemimpin Peleton, Petugas, hingga Kadet.

Nah, Pasukan Pertahanan terbagi menjadi beberapa Divisi. Divisi di JAKDF mengacu pada kelompok-kelompok militer yang diposisikan di wilayah yang berbeda-beda. Masing-masing Divisi memiliki Kapten dan Wakil Kapten, serta beberapa peleton yang dipimpin oleh seorang prajurit yang kemampuannya telah diakui.

Ketika menjalankan misi, setiap Divisi akan dipandu oleh Pemimpin Operasi oleh akan membantu dengan cara menganalisis situasi berdasarkan data di komputer.

Jumlah Divisi di Kaiju No. 8 adalah 16. Keenam belas Divisi tersebut dibagi lagi ke dalam 4 kelompok besar, yaitu Divisi Timur, Barat, Utara, dan Selatan. Namun, dari 16 Divisi yang ada, hanya 6 di antaranya yang disoroti sepanjang seri. Simak pembahasan lengkapnya berikut!

1. Divisi 1

Gen Narumi dan Eiji Hasegawa (kaiju-no-8.fandom.com)

Divisi 1 dikenal sebagai Divisi terkuat di JAKDF yang kekuatannya telah diakui bahkan sampai ke luar negeri. Divisi ini adalah salah satu yang tergabung dalam Divisi Timur, di mana lokasinya ialah di Pangkalan Maritim Ariake.

Saat ini, Divisi 1 Pasukan Pertahanan dipimpin oleh Kapten Gen Narumi. Di sampingnya, ada Eiji Hasegawa yang berperan sebagai Wakil Kapten. Sebelum Gen menempati posisi tersebut, jabatan Kapten Divisi 1 dipegang oleh Isao Shinomiya yang kini menjabat sebagai Direktur Jenderal JAKDF.

Sebagai Divisi terkuat, Divisi 1 pun beranggotakan prajurit yang punya keterampilan bertempur luar biasa. Menurut Kikoru Shinomiya, masing-masing prajurit diperkirakan memiliki level pelepasan kekuatan sekitar 40% atau lebih.

Dengan begitu, tak heran jika setiap Pemimpin Peleton berpotensi besar untuk menjadi Kapten di Divisi lain.

Baca Juga: 5 Hal Seru dari Kaiju No. 8 Episode 12, Putusan untuk Kafka!

2. Divisi 2

Jura Higarashi (kaiju-no-8.fandom.com)

Masih dari Divisi Timur, kali ini ada Divisi 2 yang dipimpin oleh Jura Higarashi. Divisi ini berbasis di Pangkalan Kanazawa dan sebelumnya pernah dipimpin oleh ibu Kikoru, yakni Hikari Shinomiya.

Sang Kapten, yaitu Jura Higarashi adalah petarung perempuan yang sangat tangguh. Dia juga dikenal sebagai pribadi yang serius dan cukup pemarah. Jura bahkan akan sangat marah ketika melihat rekan-rekannya bersantai di waktu mereka bekerja.

Sepuluh tahun yang lalu, Divisi 2 yang masih diperintah oleh Hikari harus berhadapan dengan Kaiju No. 6 di Odawara. Mereka bertempur dengan susah payah. Namun, berkat bantuan dari Divisi 1, Kaiju No. 6 berhasil ditaklukkan, meski harga yang harus mereka bayar ialah nyawa beberapa perwira di Divisi 2, salah satunya ialah Kapten Hikari.

3. Divisi 3

Mina Ashiro dan Soshiro Hoshina (dok. Production I.G/ Kaiju No. 8)

Divisi 3 Pasukan Pertahanan adalah Divisi pertama yang diperkenalkan dan paling disorot selama awal seri Kaiju No. 8 berjalan. Divisi yang menjadi bagian dari Divisi Timur ini dipimpin oleh Kapten Mina Ashiro bersama Wakil Kaptennya, yakni Soshiro Hoshina.

Meski titel Divisi terkuat tetap dipegang oleh Divisi 1, tetapi Divisi yang berbasis di Pangkalan Tachikawa satu ini berhasil mendapatkan pengakuan sebagai Divisi yang tangguh berkat prestasi mereka dalam mengalahkan banyak kaiju berbahaya.

Mina sendiri dengan kehebatannya yang berspesialisasi dalam pertarungan melawan kaiju berukuran raksasa bisa menarik ketenaran dan menjadi Kapten Divisi yang populer. Dia adalah calon Komandan Pasukan Pertahanan ideal di masa depan.

Sementara itu, Soshiro, adalah pendekar pedang terampil yang berspesialisasi dalam penaklukkan kaiju berukuran kecil hingga menengah.

Berkat keberadaan Mina, Soshiro, serta banyak peleton dan perwira di dalamnya, Divisi 3 adalah sumber kekuatan yang patut diperhitungkan di organisasi JAKDF.

4. Divisi 4

kaiju-no-8.fandom.com

Di Pangkalan Matsumoto, berdiri basecamp salah satu Divisi Timur lainnya, yakni Divisi 4 yang dipimpin oleh Jugo Ogata. Mereka adalah Divisi Pasukan Pertahanan aktif yang bertanggung jawab atas wilayah Prefektur Nagano.

Di masa lalu, sang Kapten Jugo tampaknya begitu akrab dengan mendiang Hikari. Keduanya memiliki hubungan rivalitas, sampai akhirnya Jugo menyemangati Hikari yang akan melakukan tes kompabilitas pada Numbers Weapon 4, lalu menyesalinya di kemudian hari.

Kapten Jugo mungkin terlihat lebih berumur jika dibandingkan dengan Kapten Divisi lainnya. Meski begitu, kekuatan bertarungnya tak bisa dianggap remeh.

Sebagai Kapten, Jugo selalu memastikan keselamatan para bawahannya. Sikapnya tersebut adalah salah satu dampak traumatis akibat insiden yang dialami temannya, yaitu Hikari.

Leno Ichikawa dan Iharu Furuhashi nantinya akan menjadi salah satu bawahan Jugo di Divisi 4.

5. Divisi 6

Soichiro Hoshina (kaiju-no-8.fandom.com)

Divisi Pasukan Pertahanan terakhir yang diketahui ialah Divisi 6, salah satu dari Divisi Barat yang basisnya ialah di Kota Himeji. Divisi ini dipimpin oleh Kapten Soichiro Hoshina yang merupakan kakak laki-laki Soshiro.

Sebagai bagian dari Keluarga Hoshina, petarung bersenjata katana ini dianggap sebagai "Inkarnasi Utama Keluarga Hoshina". Ini membuktikan bahwa keterampilan berpedangnya berada di atas rata-rata.

Memang, Soichiro telah memperlihatkan kemampuan bertarung yang luar biasa sejak dia masih kecil. Hal tersebut membuat saudara-saudaranya merasa rendah diri, tak terkecuali Soshiro yang kerap diperlakukan tak baik oleh Soichiro.

Nah, itulah jumlah Divisi di Kaiju No. 8 dan pembahasan tentang kelima Divisi Pasukan Pertahanan yang diketahui. Divisi berapa menurutmu yang terkuat?

Untuk informasi yang lebih lengkap soal anime-manga, film, game, dan gadget, yuk gabung komunitas Warga Duniaku lewat link berikut:

Discord: https://bit.ly/WargaDuniaku
Tele: https://t.me/WargaDuniaku

Baca Juga: Kenapa Kaiju No. 15 Haus Pengakuan Penciptanya Kaiju No. 8?