TUTUP

12 Anime Summer 2024 Terbaik, Wajib Maraton!

Banyak genre dengan cerita menarik wajib tonton!

Menutup Summer 2024, disuguhkan berbagai judul anime dengan genre dan tema bervariasi yang bisa dinikmati para penggemar. Mulai dari gag comedy, romance, drama, hingga sci-fi. 

Selama masa penayangan, beberapa di antaranya menjadi topik hangat yang cukup sering dibahas di media sosial, seperti Oshi No Ko Season 2, My Deer Friend Nokotan, hingga Alya Sometimes Hides Her Feeling in Russian.

Selain tiga judul itu, inilah sederet anime Summer 2024 terbaik berdasarkan rating di situs MyAnimeList. Simak, yuk!

1. Oshi No Ko Season 2

dok. Doga Kobo/ Oshi no Ko Season 2

Kisah saudara kembar bernama Aqua dan Ruby kembali berlanjut di tahun 2024. Di season 2, cerita diawali dengan Aqua yang mengikuti audisi teater “Tokyo Blade” yang disutradarai oleh Toshiro Kindaichi. 

Ternyata, tujuan utama Aqua adalah untuk memata-matai sutradara tersebut. Ia punya firasat kalau Kindaichi berhubungan dengan kasus pembunuhan ibunya, Ai.

Sementara itu, saudara kembarnya, Ruby tetap mengikuti jejak mendiang Ai menjadi seorang idol. Seiring waktu berjalan, grupnya, B-Komachi, semakin dikenal banyak orang.

Baca Juga: Ini Rekomendasi Gaming Device yang Bisa Didapat dengan Harga PS5 Pro!

2. Makeine: Too Many Losing Heroines!

dok. A-1 Pictures/ Makeine: Too Many Losing Heroines!

Makeine: Too Many Losing Heroines! berfokus pada kisah Kazuhiko Nukumizu dan pertemanannya dengan anggota klub sastra. Sejak menyaksikan Anna Yanami yang ditolak oleh teman masa kecilnya dan menjulukinya sebagai “losing heroine”, kehidupan Nukumizu berubah.

Yang tadinya hidup sebagai seorang introvert, ia harus menghadapi celotehan Yanami tentang cinta pertamanya itu. Tak berselang lama, Nukumizu harus terjebak kembali dalam drama kedua temannya, yakni Lemon Yakishio dan Chika Komari

Berkat insiden tersebut, Nukumizu sadar kalau dirinya selalu berada di antara para losing heroine, karakter utama yang kalah dalam kisah cintanya. Namun, karena hal itu juga kisah SMA-nya menjadi lebih berwarna.

3. NieR: Automata Ver1.1a Season 2

dok. A-1 Pictures/ NieR: Automata Ver1.1a Season 2

Di season 2 ini, cerita masih berlanjut tentang umat manusia yang diusir dari Bumi oleh robot militer dari dunia lain. Mau tak mau, mereka harus putar otak mencari cara efektif yang lain untuk mengalahkan musuh.

Selagi memikirkan strategi di tengah-tengah peperangan, manusia android bernama YoRHa 2B dan YoRHa 9S melanjutkan misi pengintaian yang telah diperintahkan oleh pemimpin YoRHa.

Adam dan Hawa, musuh utama mereka, memang telah ditaklukkan. Tapi robot-robot itu tetap bermunculan. Di kejauhan, ternyata hadir sosok “Gadis Merah” yang mengamati para android, menunggu waktu yang tepat untuk menyerang mereka.

4. Fairy Tail: 100 Years Quest

dok. J.C.Staff/ Fairy Tail: 100 Years Quest

Sudah lebih dari 100 tahun sebuah misi spesial menunggu kedatangan penyihir berbakat. Misinya adalah menyegel lima Dewa Naga yang punya kekuatan besar yang mengancam kehancuran Bumi.

Sebuah tim penyihir bernama Fairy Tail yang terdiri dari Natsu, Lucy, Happy, Gray, Erza, Charles, dan Wendy mengambil tantangan tersebut. 

Namun, Fairy Tail bukan satu-satunya kelompok yang mencari Dewa Naga. Diabolos, organisasi khusus Pembunuh Naga juga mengincarnya.

Dihadapkan dengan kelompok lain, berhasilkah Fairy Tail menyegel Dewa Naga dan memukul mundur Diabolos?

5. The Elusive Samurai

dok. CloverWorks/ The Elusive Samurai

Anime Summer 2024 terbaik berikutnya jatuh kepada The Elusive Samurai. Series garapan CloverWorks ini menceritakan kisah Tokiyuki Houjou, seorang anak bangsawan yang kehidupannya berubah drastis setelah sang ayah dibunuh oleh pamannya.

Tokiyuki punya satu keahlian, yaitu menghindar. Ia bisa kabur dari kejaran siapa pun. Kelebihannya itulah yang membuatnya selamat dari kematian dan para pengikut pamannya.

Rasa bersalah karena menjadi satu-satunya yang selamat di Kamakura membuatnya terpaksa mengikuti Yorishige Suwa, pendeta yang bisa melihat masa depan. Menurut ramalannya, Tokiyuki akan menjadi pahlawan besar suatu hari nanti.

6. Pseudo Harem

dok. Nomad/ Pseudo Harem

Sama seperti anak SMA lainnya, Eiji Kitahama ingin populer dan punya kehidupan harem. Harapannya terkabul setelah Rin Nanakura, juniornya, bergabung ke klub drama. Rin berhasil mewujudkannya dengan bakat akting yang mengagumkan.

Bagaimana tidak, Rin bisa memerankan berbagai karakter dengan kepribadian berbeda sesuai dengan request Eiji. Mulai dari yang anggun, genit, hingga ketus pun bisa ia lakoni dengan baik.

Menikmati apa yang dilakukannya itu, Rin pun memperluas daftar karakter yang bisa ia perankan di hadapan Eiji. Hal itu tak lain ia lakukan untuk memenangkan hati seniornya. Akankah Rin berhasil?

7. Alya Sometimes Hide Her Feelings in Russian

dok. Doga Kobo/ Alya Sometimes Hide Her Feelings in Russian

Alisha Mikhailovna Kujou atau yang akrab dipanggil Alya, merupakan siswi berdarah campuran Rusia dan Jepang. Meskipun cerdas, ia sangat kaku ketika berhadapan dengan orang lain.

Berbeda dengan Masachika Kuze, teman di sampingnya yang selalu malas-malasan selama pelajaran di kelas berlangsung. Hal itulah yang membuat Alya kesal dan tertarik dengannya.

Sayangnya, Alya mengungkapkan rasa sukanya itu dengan bahasa Rusia saja. Namun, ia tak tahu fakta kalau Masachika paham dengan bahasa tersebut! 

Saat mereka sering menghabiskan waktu bersama, hubungan mereka juga semakin dekat. Kisah romansa tipis-tipis di antara mereka akan membuatmu ikut tersenyum!

8. The Magical Girl and the Evil Lieutenant Used to be Archenemies

dok. Bones/ The Magical Girl and the Evil Lieutenant Used to be Archenemies

Serial ini berpusat pada Mira atau Shun Miller, pemimpin organisasi jahat sekaligus kaki tangan raja yang selalu menghancurkan apa pun di hadapannya. Ia berotak kejam dan licik.

Di sisi lain, Byakuya Mimori merupakan penyihir yang harus bangkit untuk memerangi kejahatan. Namun, saat Mira bertemu dengannya, ia malah jatuh cinta pada pandangan pertama.

Lantas, apakah misinya untuk menghancurkan muka bumi demi keinginan sang raja akan berhasil ia laksanakan?

9. Shoushimin Series

dok. Lapin Track/ Shoushimin Series

Karakter utamanya, Jougorou Kobato, punya kemampuan detektif yang luar biasa. Sayangnya, keahliannya itu tak dibutuhkan oleh orang sekitarnya. Oleh karena itu ia ingin hidup biasa saja di SMA.

Salah satu teman kelasnya, Yuki Osanai, juga berharap demikian. Mereka sepakat untuk hidup seperti itu.

Sayangnya, keinginan Osanai dan Kobato tak terwujud begitu saja. Entah mengapa berbagai kejadian misterius terus menghampiri mereka berdua. Hari-hari tenang sebagai anak SMA pun tak berlaku lagi bagi keduanya.

10. Wistoria: Wand and Sword

dok. Actas x Bandai Namco Pictures/ Wistoria: Wand and Sword

Will Serfort berjanji kepada teman masa kecilnya untuk menjadi seorang Magia Vander, penyihir hebat yang menempati posisi puncak Menara. Masalah utamanya adalah Will sama sekali gak bisa menggunakan sihir!

Di Regarden Magical Academy, Will dicemooh guru dan siswa lainnya. Pasalnya, ketika mereka menggunakan tongkat sihir, Will memegang pedang sebagai senjata utamanya.

Demi menepati janjinya, Will akan mencapai puncak teratas sebagai Magia Vander dan mendampingi teman masa kecilnya.

Agar bisa mencapai posisi itu, Will harus berkutat dengan para monster bawah tanah untuk mengumpulkan kredit. Tak cuma itu, ia juga harus menunjukkan keterampilan berpedangnya dengan melawan seorang profesor hingga akhirnya bisa dipercaya.

11. My Deer Friend Nokotan

dok. Wit Studio/ My Deer Friend Nokotan

Ini adalah anime dengan humor gag yang melibatkan Torako Koshi, perempuan serba sempurna dari berbagai sisi. Mulai dari wajahnya, nilai-nilai yang sempurna, menjabat sebagai ketua OSIS, hingga popularitas di sekolah.

Namun, ia punya masa lalu yang ingin disembunyikan rapat-rapat. Di sekolah sebelumnya, Koshi merupakan seorang berandalan. 

Sayangnya, hal itu tak bisa ia lakukan setelah bertemu dengan Noko Shikanoko, gadis bertanduk rusa yang berkepribadian konyol dan aneh. Kehidupan damainya mulai terancam lantaran Shikanoko mengetahui rahasia gelapnya.

Untuk mempertahankan reputasinya itu, Koshi terpaksa mengikuti seluruh kemauan Shikanoko, meskipun itu adalah permintaan tak masuk akal. 

12. Atri: My Dear Moments

dok. TROYCA/ Atri: My Dear Moments

Sebagian besar permukaan Bumi secara perlahan akan tenggelam akibat kenaikan air laut. Natsuki Iruga yang berkaki satu punya seorang nenek yang merupakan ahli geologi kelautan. Setelah meninggal, ia mewariskan kapal selam dan juga tumpukan utang kepada cucunya itu.

Menurut rumor si penagih utang, Catherine, neneknya meninggalkan warisan lain yang terkubur di dasar laut. Oleh karena itu, Natsuki pun menyelam dan mencari harta karun yang dimaksud.

Bukan uang atau pun barang berharga, yang Natsuki temukan adalah perempuan humanoid yang tertidur lelap di sebuah kapsul. Namanya adalah Atri. 

Atri telah berjanji pada tuannya itu kalau ia akan menjadi kaki Natsuki. Kisah tentang robot dan manusia di pedesaan pun dimulai.

Itu dia daftar anime Summer 2024 terbaik yang bisa kamu saksikan. Jadi, apakah kamu mengikuti semua anime di atas?

Untuk informasi yang lebih lengkap soal anime-manga, film, game, dan gadget, yuk gabung komunitas Warga Duniaku lewat link berikut:

Discord: https://bit.ly/WargaDuniaku
Tele: https://t.me/WargaDuniaku

Baca Juga: 10 Rekomendasi Anime dengan Humor Gelap, Ada Gintama!