TUTUP

9 Anime Sci-Fi tanpa Mecha: Ada Cyberpunk: Edgerunners!

Deretan anime fiksi ilmiah yang tak menampilkan robot mecha

Science fiction atau yang lebih populer disingkat Sci-Fi adalah salah satu genre anime yang populer di kalangan para penggemar. Genre ini disukai banyak orang karena memperkenalkan setting waktu jauh di masa depan dengan berbagai teknologi canggih di dalamnya.

Konsep futuristik tersebut seringkali bersifat distopia. Misalnya, serangan alien ke Bumi yang memaksa manusia meninggalkan planet asal mereka dan menjelajahi galaksi demi menemukan planet yang aman untuk ditinggali.

Jadi, tak jarang serial bergenre fiksi ilmiah akan menampilkan mecha, yakni robot raksasa yang dikendarai oleh seseorang yang bisa disebut sebagai pilotnya. Dalam seri Neon Genesis Evangelion misalnya, mecha digunakan untuk melawan alien yang dikenal sebagai "Angel".

Keberadaan mecha memang telah menjadi ikon penting dalam anime genre ini. Namun, anime sci-fi tanpa mecha juga tak kalah seru untuk disaksikan, lho! Simak daftar rekomendasinya berikut!

1. Gintama

Gintoki Sakata (dok. Sunrise/ Gintama)

Siapa sangka kalau anime Gintama yang dominan dengan bumbu-bumbu humornya ini nyatanya mengusung genre sci-fi.

Anime ini membawa pemirsanya menyelami zaman Edo atau era samurai dengan kisah yang unik. Mulai dari Jepang yang diserang alien berteknologi canggih, kemunculan makhluk luar angkasa, petualangan antargalaksi, hingga perjalanan melintasi waktu yang mendebarkan.

Karakter sentralnya ialah samurai bernama Gintoki Sakata yang bekerja serabutan demi membayar sewa. Bersama Gintoki dan teman-temannya yang tak kalah konyol, kamu diajak menjelajahi anime fiksi ilmiah dengan pendekatan yang berbeda.

2. Planetes

dok. Sunrise/ Planetes

Planetes adalah anime sci-fi yang menampilkan kehidupan masa depan di mana manusia berkeliaran dengan bebas di luar angkasa. Namun, di sini kamu tak akan menemukan plot seperti pertarungan antara manusia melawan alien dan sebagainya.

Di semesta Planetes, perjalanan luar angkasa sudah menjadi hal lumrah dalam kehidupan. Bahkan, protagonis ceritanya, yakni Ai Tanabe bekerja di luar angkasa, tepatnya sebagai petugas pembersihan orbit.

Planetes justru terasa relate dengan kehidupan, khususnya dalam hal jalinan hubungan antarpekerja, hingga masalah-masalah seperti kurang dihargainya beberapa karakter selama menjalankan tugasnya.

3. Cowboy Bebop

dok. Sunrise/ Cowboy Bebop

Selanjutnya ada Cowboy Bebop, serial klasik tahun 1998 yang menyoroti seorang bounty hunter bernama Spike Spiegel. Ia berkelana di luar angkasa bersama krunya menggunakan spaceship bernama Bebop.

Di serial tersebut, luar angkasa digambarkan sebagai dunia yang terisolasi dan penuh dengan kejahatan, di mana manusia terpaksa tinggal di sana karena Bumi yang sudah tak layak huni. Untuk itu, polisi tata surya bekerja sama dengan sekelompok pemburu hadiah yang dikenal sebagai "Cowboy" demi menjaga perdamaian.

Baca Juga: 10 Karakter Anime yang Dicurigai Bau Badannya Gak Enak

4. Serial Experiments Lain

dok. Triangle Staff/ Serial Experiments Lain

Khusus penggemar genre avant garde, kali ini ada Serial Experiments Lain yang mengajak penontonnya mengeksplorasi pikiran seorang anak perempuan yang terjebak di dunia virtual yang disebut sebagai Wired.

Semua bermula setelah sang protagonis Lain Iwakura menerima email misterius dari teman sekelasnya yang telah meninggal. Tanpa sadar, siswi ansos yang awalnya tak tertarik pada teknologi tersebut terseret ke dunia maya dan kehilangan mulai kesadaran karena batas antara realitas dan dunia virtual tersebut terus memudar.

5. Trigun

dok. Madhouse/ Trigun

Vash the Stampede adalah ras Humanoid Typhoon yang diburu karena dipercaya sebagai pembuat onar. Nilai bounty-nya bahkan mencapai angka 60 juta dolar. Namun, yang tak orang-orang ketahui ialah fakta bahwa Vash bukanlah sosok sebenarnya yang mereka cari.

Trigun adalah serial lawas ala Barat yang cukup populer meski sudah tayang sejak tahun 1998. Pada awal 2023 lalu, anime ini bahkan mendapatkan versi reboot-nya dengan judul Trigun Stampede.

6. Psycho-Pass

dok. Production I.G/ Psycho-Pass Providence

Anime sci-fi tanpa mecha berikutnya ialah Psycho-Pass. Anime ini memperkenalkan sebuah teknologi yang dapat memindai tingkat atau potensi seseorang untuk melakukan tindak kriminal. Teknologi tersebut dikenal sebagai Sibyl System.

Suatu ketika, Akane Tsunemori bergabung dengan kepolisian. Saat itulah dia mulai menyadari adanya rahasia kelam di balik Sibyl System, sebuah alat canggih yang diyakini mampu membawa dunia pada perdamaian tanpa adanya kejahatan.

7. Steins;Gate

otakuusamagazine.com

Mengusung tema time travel, Steins;Gate masuk dalam daftar anime fiksi ilmiah terbaik yang pernah ada.

Steins;Gate sendiri bercerita tentang ilmuwan nyentrik bernama Rintarou Okabe. Dia dan teman-temannya menciptakan berbagai gadget canggih di laboratorium mini mereka. Sampai akhirnya, Rintarou berhasil menciptakan teknologi yang ia sebut "Phone Microwave".

Teknologi tersebut memungkinkannya untuk mengirim pesan ke masa lalu. Namun, tanpa Rintarou sadari, tindakannya secara tak langsung telah melawan takdir karena telah mengacaukan aliran waktu.

Baca Juga: 10 Pair Romantis di Anime Nonromance, Cinta Terhalang Genre?

8. Cyberpunk: Edgerunners

Netflix/Cyberpunk: Edgerunners

Bicara soal distopia, dunia yang ditampilkan anime Cyberpunk: Edgerunners bisa dikatakan adalah salah satu yang paling mengerikan. Di sana, orang-orang bebas memodifikasi anggota tubuhnya dengan robot, dan inilah yang hendak dilakukan sang protagonis David Martinez.

Sepeninggal ibunya, David kemudian bergabung menjadi bagian dari penjahat bayaran yang dikenal sebagai cyberpunk.

9. Legend of the Galactic Heroes

dok. Production I.G/ Legend of the Galactic Heroes: Die Neue These

Legend of the Galactic Heroes adalah anime militer yang menampilkan peperangan 2 faksi antarbintang. Namun, meski pendekatan utamanya ialah perang, serial lawas satu ini tak menampilkan satupun robot raksasa.

Kedua kubu yang saling berselisih tersebut ialah Kerajaan Galaksi dan Aliansi Planet Merdeka. Oh iya, selain peperangan, Legend of the Galactic Heroes juga sarat akan unsur politiknya. Tak heran jika anime ini begitu populer pada masanya.

Itulah beberapa rekomendasi anime sci-fi tanpa mecha yang wajib kamu tonton. Punya saran lainnya? Sampaikan di kolom komentar, yuk!

Untuk informasi yang lebih lengkap soal anime-manga, film, game, dan gadget, yuk gabung komunitas Warga Duniaku lewat link berikut:

Discord: https://bit.ly/WargaDuniaku
Tele: https://t.me/WargaDuniaku

Baca Juga: 9 Anime Sci-Fi dengan Perkembangan Karakter