TUTUP

9 Anime Sci-Fi dengan Perkembangan Karakter

Menonjolkan perkembangan dari sisi karakter

Anime dengan genre sci-fi atau fiksi ilmiah kerap menampilkan kreativitas yang tak terbatas. Mulai dari latar waktu di masa depan, teknologi yang canggih, time travel, hingga kehidupan di luar angkasa. 

Selain empat hal itu, perkembangan karakter dalam serial sci-fi juga patut diperhatikan. Pasalnya, mereka jadi kunci utama bagaimana cerita berjalan. Apalagi, mereka menghadapi kondisi pelik di mana manusia harus berhadapan dengan mecha hingga makhluk asing lainnya.

Ternyata, ada banyak serial yang menonjolkan kemauan tokoh utama untuk berubah maju. Berikut ini sejumlah anime sci-fi dengan perkembangan karakter yang disukai oleh penonton.

1. Cowboy Bebop

dok. Sunrise/ Cowboy Bebop

Cowboy Bebop dianggap sebagai salah satu serial sci-fi terbaik dalam sejarah anime. Berlatar tahun 2071 saat umat manusia tersebar ke seluruh galaksi, kejahatan muncul merajalela. Mulai dari pencurian, narkoba, hingga pembunuhan terjadi secara masif.

Kru Bebop berkeliling untuk menangkap para buronan di seluruh planet. Mereka adalah Spike Spiegel, Jet Black, dan Faye Valentine.

Awalnya, kru Bebop hanya pencari uang yang menukar burunonan dengan uang. Namun, mereka perlahan-lahan menjadi sosok pahlawan yang dikagumi oleh umat manusia.

2. Eureka Seven

rekomendasi anime mecha - Eureka Seven (dok. Bones/Eureka Seven)

Eureka Seven merupakan anime mecha yang populer tahun 2000-an. Memperkenalkan dunia robot raksasa, cerita ini memperlihatkan serunya berpetualang dan pemberontakan melawan kejahatan.

Karakter utamanya, Renton Thurston, sangat ingin bergabung dengan mercenary atau prajurit bayaran bernama Gekkostate. Ia ingin hidupnya berwarna dengan petualangan seru.

Sayangnya, Renton terlalu naif, menjadi karakter yang tak disukai di awal oleh penonton. Namun, seiring berjalannya waktu, ia pun tumbuh menjadi lebih dewasa secara bertahap.

3. Gurren Lagann

dok. Gainax/ Gurren Lagann

Gurren Lagann mengisahkan seorang pemuda Simon dan Kamina, kakaknya, yang awalnya hidup di dalam tanah bisa keluar dari sana dan menyusuri luar angkasa. Sayangnya, Simon sedikit pemalu dan mudah sekali ditipu.

Suatu hari, Simon menemukan kunci artefak kuno dan disebut sebagai Lagann oleh mereka berdua. Saat menangkis serangan dari permukaan, muncul Yoko Littner yang membantu mereka dengan senjata dari dunia atas tanah.

Setelah pertempuran tersebut, mereka bisa melihat langit biru dengan lebih jelas. Hal tersebut memotivasi sang kakak adik untuk bertualang bersama Yoko, sampai akhirnya bertemu dengan Beastman, sosok humanoid yang kuat.

Meskipun sulit untuk dikalahkan, mereka berusaha untuk tetap maju dan menghadapi berbagai rintangan di depan. Tak merasa takut untuk melawan musuh-musuh baru yang mendadak muncul di setiap perjalanan mereka.

Baca Juga: 10 Pertarungan Final Anime Paling Epik, Sangat Mendebarkan!

4. Kaiba

dok. Madhouse/ Kaiba

Berkonsep digitalisasi memori, kematian seseorang di dunia Kaiba sudah tak lagi berarti. Pasalnya, memori tersebut bisa dilihat, diubah, dan dipindahkan ke tubuh orang lain dalam bentuk chip.

Kaiba tiba-tiba terbangun di ruangan kosong tanpa memori. Ada lubang misterius di dadanya, dan liontin dengan foto perempuan asing. Untuk mencari tahu tentang identitasnya, ia memulai petualangannya dengan mengelilingi seluruh planet yang ada di alam semesta.

Karakter Kaiba perlahan-lahan berkembang seiring terungkapnya misteri yang menyangkut dirinya di masa lalu. Juga tentang perempuan yang fotonya terpampang di sebuah kalung.

5. Land of the Lustrous

dok. Orange/ Land of the Lustrous

Anime sci-fi dengan perkembangan karakter selanjutnya adalah Land of the Lustrous. Ceritanya tentang dunia yang dipenuhi oleh organisme kristal bernama Gems setelah dunia dihancurkan oleh enam meteor.

Setiap Gem diberi tanggung jawab untuk melawan Lunarian, spesies yang menyerang mereka dan menjadikannya sebagai hiasan.

Phos, adalah Gem muda yang lemah dengan impian bisa membantu teman-temannya bertarung dengan Lunarian. Sepanjang serial, Phos perlahan-lahan bertransformasi menjadi lebih kuat dan tangguh.

Ketekunannya untuk berkontribusi bagi kerajaan menjadi karakter yang menginspirasi para penonton. Kemenangan Phos di akhir pun membuatnya jadi sosok yang dikagumi di antara semua karakter yang hadir dalam anime ini.

6. Legend of the Galactic Heroes: Die Neue These

dok. Production I.G/ Legend of the Galactic Heroes: Die Neue These

Dua negara antarbintang saling berebut untuk menguasai Bima Sakti lebih dari satu setengah abad. Mereka adalah Kekaisaran Galaksi dan Aliansi Planet Bebas. Keduanya melakukan cara terbaik apapun untuk memenangkan hati rakyat.

Di tengah-tengah konflik tersebut, muncul Reinhard von Lohengramm, bangsawan yang bermimpi menaklukkan galaksi dan menyatukan seluruh umat manusia di bawah kendalinya.

Sementara itu, Yang Wen-li merupakan sejarawan asal Aliansi menggunakan keahliannya untuk mengendalikan ketidakmampuan para pemimpinnya sekaligus mengukir jalan menuju perdamaian abadi. 

Meski latar waktunya di masa depan, LOTGH menunjukkan cara-cara bijak yang dilakukan Reihard dan Yang dalam perang yang sedang berlangsung. Sama-sama punya tujuan yang mulia, mereka berjuang untuk menjadi pemimpin era baru di galaksi Bima Sakti.

Baca Juga: 36 Istilah Anime Paling Populer yang Wajib Kamu Tahu Artinya

7. Mobile Suit Gundam 0080: War In the Pocket

dok. Sunrise/ Mobile Suit Gundam 0080: War In the Pocket

Mobile Suit Gundam mengisahkan petualangan robot-robot raksasa yang penuh aksi. Jika ingin melihat perkembangan karakter yang terdapat dalam anime ini, maka OVA Mobile Suit Gundam 0080: War in the Pocket bisa jadi pilihan.

Cerita selingan ini memperlihatkan tiga orang yang punya pandangan berbeda terkait konflik antara Federasi Bumi dan Kerajaan Zeon. Alfred dan Christina merupakan pilot Gundam yang masih berupa prototipe milik Federasi Bumi.

Di satu sisi, Zeon membentuk tim penyusup untuk menghancurkan Gundam. Mereka mengirim Bernard Wiseman ke pihak lawan. Di tengah misinya itu, ia tertembak jatuh dan bertemu dengan Alfred.

Akhirnya, mereka berteman dan saling mendukung satu sama lain dalam menjalankan misi. Lambat laun, mereka pun sadar akan kenyataan pahit tentang dunia yang mereka tinggali saat ini.

8. Neon Genesis Evangelion

dok. Gainax x Tatsunoko Production/ Neon Genesis Evangelion

Berlatar pasca apokaliptik, seluruh dunia diserang oleh monster bernama Angel. Mereka hanya bisa dikalahkan oleh EVA, robot yang dikendalikan manusia.

Punya ayah yang merupakan pilot EVA, Shinji Ikari yang baru berusia 14 tahun itu dipaksa mengendalikan EVA 0-1, meskipun tak punya kemampuan untuk menjalankan robot tersebut.

Ia harus berjuang melawan trauma setelah ditinggalkan sang ibu dan menghadapi sikap dingin dari ayahnya. Bukan itu saja, ia juga selalu menghindari situasi apa pun yang bisa mengharuskannya untuk maju.

Namun, itu semua berubah setelah bertemu dengan Misato Katsuragi, perwira NERV berpangkat tinggi. Misato menunjukkan sifat keibuan dengan jiwa bebas yang belum peran Shinji alami.

9. Steins;Gate

dok. White Fox/ Steins;Gate

Steins;Gate menceritakan perjalanan waktu yang dilakukan oleh Okabe, ilmuwan eksentrik yang penasaran dengan semua hal. Bersama kedua temannya, ia mendirikan Future Gadget Laboratorium dengan harapan bisa menciptakan teknologi yang mengejutkan umat manusia.

Mereka menemukan fakta tersembunyi tentang gadget “PhoneWave”, yaitu bisa mengirim pesan ke masa lalu menggunakan gelombang mikro. 

Selama petualangan mereka dalam menjelajahi waktu dengan alat tersebut, sifat yang ada dalam diri Okabe dan anggota lab semakin berkembang. Mereka menjadi lebih realistis tanpa kehilangan identitas asli.

Itu dia daftar anime sci-fi dengan perkembangan karakter yang bisa kamu tonton. Walaupun di antaranya merupakan rilisan lama, hal itu tak akan mengurangi keseruan yang akan didapat. Selamat menonton!

Untuk informasi yang lebih lengkap soal anime-manga, film, game, dan gadget, yuk gabung komunitas Warga Duniaku lewat link berikut:

Discord: https://bit.ly/WargaDuniaku
Tele: https://t.me/WargaDuniaku

Baca Juga: 12 Anime Mirip Sailor Moon, Kisah Penyihir Perempuan!