TUTUP

Daftar Anime Dengan Episode Terbanyak, Bisa Tebak Apa Saja?

Ada yang menyentuh 7.000 episode, lho!

Sudah bukan rahasia lagi jika anime merupakan salah satu tontonan yang menghibur, khususnya bagi para penggemar. Anime sendiri memiliki banyak serial berkualitas yang menjadi favorit dan sudah berjalan selama bertahun-tahun. 

Beberapa diantaranya bahkan memiliki episode yang banyak berkat antusiasme tinggi dari para penggemarnya. Bukan lagi ratusan, beberapa anime bahkan sudah menembus ribuan episode sejak pertama kali penayangannya. Penasaran anime apa saja yang memiliki episode terbanyak? Berikut kami tampilkan 5 diantaranya. 

1. Sazae-san (7.701 Episode)

Dok. Eiken

Anime dengan episode terbanyak urutan pertama dipegang oleh anime Sazae-san yang memiliki total sebanyak 7.701 episode. Jumlah itupun diakui oleh Guinness World of Records sebagai pemegang rekor dunia untuk serial TV animasi terpanjang. 

Sazae-san sendiri mengisahkan tentang drama keluarga seorang ibu yang menampilkan masalah kehidupan sehari-hari.

2. Nintama Rantaro (2.245 Episode)

Potret anime Ninjama Rantarou (dok. Ajia-do Animation Works/ Ninjama Rantarou)

Di posisi kedua ada anime Nintama Rantaro yang memiliki 2.245 episode. Anime tersebut merupakan hasil adaptasi dari serial manga karangan Sobe Amako berjudul Rakudai Ninja Rantaro. Dalam versi bahasa Inggrisnya, serial anime ini berjudul Rantaro the Ninja Boy. 

Nintama Rantaro menceritakan petualangan tiga siswa ninja, yaitu Rantaro, Shinbe dan Kirimaru. 

3. Ojarumaru (1.868 Episode)

Cuplikan anime Ojarumaru (dok. Studio Gallop/Ojarumaru)

Anime dengan episode terbanyak ketiga ditempati oleh anime Ojarumaru yang tercatat memiliki total 1.868 episode sejak pertama kali penayangannya. Dalam versi bahasa Inggris, anime ini memiliki judul Prince Mackaroo. Berkat kesuksesannya, anime Ojarumaru sempat mendapat penghargaan dari Japan Media Arts Festival dalam kategori Excellence Award untuk animasi.

Animenya sendiri mengisahkan seorang pangeran berusia 5 tahun dari era Heian yang mengalami kecelakaan waktu sehingga ia tiba-tiba muncul di masa Jepang yang modern. 

4. Klub Oyako (1.818 Episode)

Potret anime Klub Oyako (dok. Fuji TV/Klub Oyako)

Di urutan selanjutnya ada anime Klub Oyako dengan jumlah episode sebanyak 1.818. Klub Oyako sendiri memiliki genre fantasi dengan bertemakan persahabatan alien dan manusia. 

Anime ini berfokus pada dua sosok alien, Rompa dan Lun, yang bergabung dengan keluarga manusia. Keduanya pun menjalin hubungan yang emosional antara alien dan manusia.

5. Doraemon (1.787 Episode)

barks.jp

Anime dengan episode terbanyak urutan terakhir dipegang oleh salah satu anime terpopuler di dunia, termasuk Indonesia. Adalah Doraemon yang merupakan kucing robot canggih dari abad ke-22. Doraemon hingga kini memiliki total 1.787 episode sejak pertama kali penayangannya. 

Anime ini mengisahkan tentang persahabatan antara Doraemon dan seorang bocah laki-laki yang sering diganggu oleh teman sekelasnya, Nobita. Keduanya kerap terlibat dalam petualangan seru di setiap episodenya. 

Itulah daftar anime dengan episode terbanyak yang mungkin belum kamu ketahui. Dari deretan anime diatas, adakah anime favoritmu? Share di kolom komentar, ya!

Baca Juga: Daftar Karakter Anime Terpintar, Bikin Geleng-Geleng Kepala!