TUTUP

5 Alasan Kenapa Mode Nika Milik Bonney One Piece Jadi Kontroversi

Salah satunya adalah menghilang nuansa spesial Gear 5

One Piece bab 1118 kembali membuat heboh dengan cerita terbarunya, di mana kali ini ada satu orang lagi yang mempunyai wujud Nika selain Luffy dan Joy Boy, yaitu Bonney. 

Ada pembaca yang oke-oke saja dengan pengungkapan ini.

Namun yang keberatan juga banyak.

Jadinya wujud Nika Bonney ini jadi cukup kontroversial juga. 

Apa saja alasan mode Nika versi Bonney tak disukai? Berikut daftarnya!

Baca Juga: 4 Hal Menarik dari Sampul One Piece Volume 109! Tarian Nika Kizaru?

1. Ada yang merasa mode terkuat Luffy jadi tak terasa spesial

Toei Animation/One Piece

Seperti yang kita tahu, sebagai buah Zoan tipe Mythical, wujud Awakening dari Hito Hito no Mi model Nika ini tentu memiliki wujud dan kemampuan yang berbeda sama sekali dengan buah iblis lainnya.

Ia bukan cuma merubah penampilan fisik pemiliknya menjadi serba putih tapi juga bisa mempengaruhi lingkungan sekitarnya seperti kemampuan para pemakan buah jenis Paramecia yang sudah Awakening.

Kesan spesial itu malah jadi hilang karena wujud Nika yang aslinya harus jadi trademark Luffy selaku tokoh utama malah disalin dengan mudah oleh Bonney.

2. Ada yang merasa kemampuannya diperoleh bukan dari usaha atau pertarungan hidup dan mati

Bonney wujud Nika ( Dok. Shueisha / One Piece )

Buat yang sudah lama mengikuti Luffy pasti sudah paham bahwa ia sudah melatih banyak mode Gear miliknya selama latihan dua tahun.

Ia juga diketahui nyaris mati akibat hantaman gada berduri Kaido.

Untungnya, potensi Nika yang dikenal Luffy sebagai Gear 5 malah terbuka sehingga ia berhasil menjatuhkan Yonko itu untuk pertamakalinya sehingga membuat wujud terkuatnya itu memiliki nilai historisnya sendiri.

Beda dengan Bonney yang hanya dengan modal percaya bahwa Nika itu ada bisa langsung mendistorsi wujudnya ke versi dirinya yang menjadi dewa matahari tersebut.

Memang sih Oda sudah menyisipkan petunjuk soal itu seperti perkataan Saturn tentang potensi kekuatan Bonney, namun hal itu tak mengurangi ketidaksukaan para pembaca karena sama saja seperti tak menghormati perjuangan Luffy sampai meraih wujud puncaknya.

3. Ada yang merasa momen kebangkitannya sendiri terkesan kurang dramatis

Jewelry Bonney melihat sosok Luffy sebagai Nika. (mangaplus.shueisha.co.jp/One Piece)

Bukan cuma mengurangi nilai spesial Gear 5 milik Luffy, alasan kenapa mode Nika versi Bonney tak disukai para penggemarnya karena timing-nya juga terkesan kurang dramatis.

Momen kebangkitan Bonney mode Nika sendiri terjadi bukan pada momen-momen kritis seperti pertarungan langsung dengan para Gorosei, tapi justru ketika ia, Luffy dan rekan-rekannya sedang posisi kabur dari kejaran tetua Pemerintah Dunia tersebut.

Luffy juga kala itu malah asyik makan duluan dan balik lagi ke mode Gear 5-nya agar bisa menyemangati Bonney.

Andaikan, momen Bonney jadi Nika terjadi di pertempuran epik saat ia terpojok dan tak ada jalan lain, mungkin wujud barunya itu akan lebih bisa diterima.

4. Ada yang merasa kemampuan Bonney sendiri bisa dikatakan sangat curang karena bisa mendistorsi masa depan

Bonney mencoba mendistorsi masa depannya ( Dok. Shueisha / One Piece )

Seperti yang kita tahu, potensi mengerikan buah iblis milik Bonney memungkinkan dirinya bisa merubah orang lain atau tubuhnya sendiri ke berbagai versi masa depan yang berbeda-beda.

Hanya saja, Bonney perlu membebaskan imajinasinya dan itu baru terjadi saat ia berhasil membayangkan dirinya menjadi versi yang paling bebas di semua lini waktu.

Secara konseptual, kemampuan satu ini memang masuk akal. Namun hal itu tentu tak bisa diterima dengan mudah oleh sejumlah penggemar karena Bonney seperti terkesan 'curang' dan ambil jalan pintas saat menyalin wujud tersebut.

5. Ada yang merasa mode Gear 5 sendiri terasa repetitif semenjak awal arc Egghead dan diperparah dengan hadirnya Nika versi Bonney

Toei Animation/One Piece

Buat sebagian penggemar, wujud terkuat suatu karakter akan terasa spesial jika jarang dipakai kecuali saat sedang keadaan terdesak.

Sayangnya, hal itu tampaknya tak terjadi pada Gear 5 milik Luffy di mana ia selalu memakainya setiap melawan musuh. Yah, lawannya saat itu memang bukan yang kaleng-kaleng karena yang datang adalah para agen CP0, admiral bahkan sampai Gorosei.

Gara-gara hal ini, wujud Gear 5 terasa begitu repetitif dan Bonney semakin memperparahnya dengan meniru bentuk tersebut dengan kemampuan distorsi masa depan dirinya.

Itulah alasan kenapa wujud Nika versi Bonney tak disukai sebagian penggemar.

Kalau redaksi Duniaku.com sih merasa beberapa alasan ini mungkin valid...

Tapi saya sarankan kita tunggu dulu bab-bab selanjutnya menjelaskan kekuatan dan limitasi dari wujud Gear 5 Bonney. Mungkin Oda sudah mempersiapkan sesuatu supaya wujud Nika Bonney lebih balance. 

Bagaimana pendapat kalian?

Untuk informasi yang lebih lengkap soal anime-manga, film, game, dan gadget, yuk gabung komunitas Warga Duniaku lewat link berikut:

Discord: https://bit.ly/WargaDuniaku
Tele: https://t.me/WargaDuniaku

Baca Juga: 3 Karakter One Piece yang Punya Kekuatan Nika! Siapa Saja?