10 Shinobi Terkuat yang Tidak Memiliki Dojutsu di Anime Manga Naruto

Sharingan, Rinnegan, dan Byakugan seringkali diangung-agungkan. Akan tetapi, para shinobi ini kuat bukan karena dojutsu. Inilah 10 shinobi terkuat yang tidak memiliki dojutsu di anime manga Naruto!

10 Shinobi Terkuat yang Tidak Memiliki Dojutsu di Anime Manga Naruto

 

Dojutsu merupakan salah satu sumber kekuatan yang diagung-agungkan di anime manga Naruto. Di awal anime, Sharingan lebih banyak mendapatkan sorotan, karena digunakan oleh Itachi dan Sasuke. Itachi dikenal sebagai shinobi yang sangat hebat dalam memanipulasi lawan lewat genjutsu-nya. Orochimaru juga mengincar Sasuke karena memiliki salah satu dojutsu terkuat.

Di paruh akhir anime, Rinnegan terlihat mempunyai kekuatan yang super hebat, pertama kali dikenalkan oleh ketua Akatsuki, Pain atau Yahiko. Kemudian diketahui bahwa Rinne Sharingan, dua dojutsu terkuat jika bergabung akan menimbulkan suatu kondisi genjutsu yang sangat mengerikan disebut Mugen Tsukoyomi.

Namun, beberapa shinobi ini memiliki kekuatan yang sangat hebat meskipun tanpa bantuan dojutsu. Siapakah mereka? Inilah 10 karakter terkuat yang tidak memiliki dojutsu di anime manga Naruto.

[page_break no="1" title="Kisame"]

10 Shinobi Terkuat yang Tidak Memiliki Dojutsu di Anime Manga Naruto

Duet dari Itachi ini merupakan manusia setengah ikan yang sangat hebat. Kekuatan sebenarnya dari Kisame terlihat pada paruh kedua anime manga Naruto yang mana dia melawan Guy dan tim aliansi shinobi. Kemampuannya menjadi semakin hebat ketika dia berada di dalam air. Selain itu, Kisame dapat bergabung dengan Samehada miliknya membentuk tubuh ikan yang sangat kuat.

Selain itu, tak seperti Shizuma Hoshigaki dari Boruto, Kisame benar-benar mengendalikan Samehada meski ia bergabung sekalipun. Ini yang membuatnya berbahaya.

[page_break no="2" title="Jiraiya"]

10 Shinobi Terkuat yang Tidak Memiliki Dojutsu di Anime Manga Naruto

Jiraiya merupakan salah satu shinobi yang termasuk dalam legenda Sannin Konoha. Hanya menunjukkan kemesuman dan beberapa hal konyol, ternyata Jiraiya mempunyai kemampuan yang lebih dari itu terlihat saat dia berusaha melawan Pain.

Mulai dari jutsu persembunyian di dalam perut kodok, gabungan serangan dengan Papa dan Mama Kodok, serta kecerdasan yang luar biasa dalam menganalisis musuh dan permasalahan. Tanpa bantuan dojutsu, Jiraiya dapat membunuh 3 tubuh Pain, dan sebenarnya jika dia tidak lengah terserang dari belakang, penulis yakin Jiraiya dapat memberikan perlawanan yang lebih.

[page_break no="3" title="Onoki"]

10 Shinobi Terkuat yang Tidak Memiliki Dojutsu di Anime Manga Naruto

Jangan menganggap remeh Onoki karena usianya yang sudah tua dan terlihat sangat renta jika dibandingkan dengan Kage lainnya yang terlihat lebih fit. Onoki mempunyai kemampuan yang tidak pernah diduga-duga fans Naruto. Onoki menunjukkan kemampuannya saat persekutuan Kage melawan Sasuke dan pada babak akhir melawan Madara.

Onoki mempunyai Kekkei Tota yaitu pengendalian debu dan ledakan. Dia juga dapat memanipulasi gravitasi. Meskipun dibantu Kage lainnya, dia berhasil hampir membunuh Sasuke dengan jutsu Jinton: Genkai Hakuri no Jutsu. Kehebatannya mengantisipasi serangan Madara dengan jutsu Doton: Keijūgan no Jutsu juga dilakukannya meski dengan penuh perjuangan. Onoki paling tidak berhasil melawan dua orang pengguna dojutsu terkuat, Sasuke dan Madara.


Shinobi kuat tanpa dojutsu lainnya bisa kamu cek di halaman kedua!

[page_break no="4" title="Minato"]

10 Shinobi Terkuat yang Tidak Memiliki Dojutsu di Anime Manga Naruto

Minato merupakan suksesor Hiruzen sebagai pemimpin Konoha. Sempat diragukan tetua Konoha karena dirasa masih terlalu muda dalam memimpin desa, Minato menjawab keraguan tersebut dengan sangat baik. Dia mengorbankan nyawanya demi menyelamatkan desa Konoha dari serangan Kyubi yang dimanipulasi oleh Tobi.

Pertarungannya dengan Tobi selain menunjukkan kehebatannya dalam berduel, juga menunjukkan intelegensi Minato yang sangat hebat. Dia dapat menganalisis dan membaca situasi yang mana sebenarnya lawan yang dihadapinya sungguh tidak biasa. Dia bisa mengalahkan Obito, pengguna dojutsu Sharingan dengan kemampuan berpikirnya. Minato merupakan shinobi jenius yang terlalu cepat tiada.

[page_break no="5" title="Tobirama"]

10 Shinobi Terkuat yang Tidak Memiliki Dojutsu di Anime Manga Naruto

Dalam histori Konoha, Tobirama dikenal sebagai seorang jenius, baik dalam kemampuan bertarung maupun dalam bidang kepemimpinan. Tobirama dikenal sebagai pencipta berbagai macam jutsu, termasuk jutsu Hiraishin yang dipopulerkan Minato serta Edo Tensei yang masuk kategori jutsu terlarang. Dia juga membangun konsep struktur desa seperti akademi, Anbu, dan lain-lain.

Kemampuannya bertarung tidak terlihat secara jelas meskipun sejarah menyebut demikian. Elemen yang banyak digunakan adalah elemen air. Tanpa bantuan dojutsu, Tobirama merupakan shinobi yang sangat hebat.

[page_break no="6" title="Raikage Ketiga"]

10 Shinobi Terkuat yang Tidak Memiliki Dojutsu di Anime Manga Naruto

Raikage ketiga merupakan raikage terkuat sepanjang sejarah menurut warga desa Kumogakure. Dia secara heroik dapat mengalahkan seribu orang sendirian meskipun dibayar mahal dengan kematiannya. Saat dibangkitkan dengan Edo Tensei, semua shinobi bahkan Naruto kesulitan untuk mengatasinya. Hanya kecerdikan Naruto yang berhasil menghentikan aksinya.

Tanpa bantuan dojutsu seperti byakugan atau sharingan, Raikage Ketiga mempunyai jutsu yang sangat hebat. Jutsu nukite miliknya pasti menjadi terror bagi setiap musuh-musuhnya.


Para shinobi lain bisa kamu cek di halaman ketiga!

[page_break no="7" title="Killer B"]

10 Shinobi Terkuat yang Tidak Memiliki Dojutsu di Anime Manga Naruto

Potensi Killer B tidak terlihat sampai diketahui bahwa dia adalah seorang Jinchuriki. Meskipun tidak memiliki dojutsu, Killer B memiliki bantuan di dalam dirinya. Apalagi dia dapat mengendalikannya dengan baik. Duet antara Killer B dengan monster ekor di dalam dirinya membuat dirinya tak terkalahkan. Chakranya pun tidak ada batasannya sampai-sampai Samehada Kisame sangat tertarik pada dirinya.

Killer B sangat membantu Aliansi Shinobi dalam mengatasi berbagai masalah, terutama memberikan ilmu pada Naruto mengenai cara bekerjasama dengan biju yang ada di dalam dirinya.

[page_break no="8" title="Hiruzen"]

10 Shinobi Terkuat yang Tidak Memiliki Dojutsu di Anime Manga Naruto

Julukan The Professor yang melekat di atas namanya pasti tidak datang begitu saja. Gelar tersebut datang karena kepiawaiannya dalam seni bertarung. Hiruzen dikenal dapat menggunakan lima elemen perubahan sekaligus yang membuat gabungan serangannya sangat mengerikan. Terlihat saat dia bertarung melawan Orochimaru yang menggunakan Edo Tensei, Hiruzen dapat mengatasinya dengan baik.

Sayangnya kemampuan bertarung Hiruzen harus terhenti di paruh awal anime manga Naruto. Usianya yang sudah tidak muda membuatnya tidak mampu untuk menarik seluruh jiwa Orochimaru. Jiwa Hiruzen harus tersiksa di dalam diri dewa kematian selamanya.

Padahal, kalau saja Hiruzen menghadapi Orochimaru saat usianya prima, ceritanya bisa beda.

[page_break no="9" title="Hashirama"]

10 Shinobi Terkuat yang Tidak Memiliki Dojutsu di Anime Manga Naruto

Rival abadi Madara sekaligus pendiri Konoha ini pasti masuk jika kalian membaca kumpulan shinobi terkuat di anime manga Naruto. Bagaimana tidak, Hashirama berhasil mengalahkan salah satu pengguna sharingan terkuat yaitu Madara. Selain itu, dia juga memimpin klan Senju saat perang antar klan untuk melawan klan Uchiha, yang mempunyai dojutsu Sharingan.

Hashirama mempunyai pengendalian Mokuton yang tidak dimiliki siapapun, yang sebenarnya masih misterius. Jutsu Mokuton miliknya sungguh sangat luar biasa. Jutsu Mokuton: Mokujin no Jutsu dapat menahan serangan Susanoo dan jutsu Shin Sūsenju dapat mengalahkan Kyubi yang dibalut dengan perisai Susanoo. Sungguh sangat luar biasa.

[page_break no="10" title="Naruto"]

10 Shinobi Terkuat yang Tidak Memiliki Dojutsu di Anime Manga Naruto

Siapa lagi jika bukan Naruto! Sang lakon pastinya masuk dalam karakter shinobi terkuar tanpa dojutsu. Naruto tidak memiliki dojutsu dan berperan besar dalam menutup Perang Dunia Shinobi Keempat bersama Sasuke dan Sakura. Meskipun sedikit banyak kekuatan Naruto terlalu dilebih-lebihkan, nyatanya Naruto dapat menjelma dari shinobi bodoh menjadi hebat dengan upayanya.

Naruto memiliki kelebihan lain walaupun tidak memiliki dojutsu. Dia adalah seorang jinchuriki dan mampu menggunakan sage mode dengan baik. Dua hal tersebut memberikan suntikan kekuatan yang hampir sama bahkan melampaui dojutsu yang hebat seperti Sharingan, Rinnegan, bahkan Rinne Sharingan sekalipun.

Untuk yang lupa pada kekuatan Naruto, sang Hokage Ketujuh baru saja pamer kekuatan di episode 49 Boruto. Tidak tanggung-tanggung, lokomotif saja dapat ia salip dan hancurkan!


Nah, bagaimana menurut kalian? Kekuatan mereka yang tanpa dojutsu beberapa dapat mengimbangi bahkan mengalahkan shinobi dengan dojutsu yang hebat. Apakah ada shinobi lain yang menurut kalian masuk jajaran shinobi terkuat tanpa dojutsu?

Diedit oleh Fachrul Razi

Review

Latest