8 Tokoh Pendukung di Anime Ini Lebih Kuat dari Tokoh Utamanya Lho!

Mereka mungkin tidak mendapat sorotan sebanyak tokoh utama, tapi setiap mereka beraksi, musuh pasti keringet dingin!

8 Tokoh Pendukung di Anime Ini Lebih Kuat dari Tokoh Utamanya Lho!

Tokoh utama anime jadi yang paling kuat itu wajar. Soalnya ya tokoh itu kan paling disorot. Mungkin awalnya mereka lemah, tapi lambat laun mereka akan bisa jadi luar biasa.

Tokoh jahat anime luar biasa kuat juga wajar. Soalnya mereka memang ditetapkan sebagai penghalang protagonis untuk mencapai tujuan. Tidak seru kalau mereka tidak bisa memberi tantangan kepada tokoh utama.

Tokoh pendukung di anime lebih kuat dari tokoh utamanya? Itu baru unik. Mereka mungkin tak selalu disorot, tapi jika mereka diberi kesempatan beraksi, hasilnya sering kali heboh. Bahkan ada beberapa di antara mereka yang hingga akhir tetap lebih kuat dari si tokoh utama.

Siapa saja? Mari kita lihat tokoh pendukung di anime yang lebih kuat dari tokoh utama!

8 Tokoh Pendukung di Anime Ini Lebih Kuat dari Tokoh Utamanya Lho!

Dari semua tokoh pendukung di anime One Piece, Silvers Rayleigh rasanya masih menjadi yang terkuat.

Saat Topi Jerami pertama sampai di Sabaody, Rayleigh dikatakan seratus kali lebih kuat dari Luffy. Bahkan setelah time skip pun rasanya Rayleigh masih lebih kuat dibanding muridnya itu.

Penyebabnya adalah: meski sudah tua, Rayleigh masih memiliki segudang pengalaman karena dulu dia telah sukses melintasi Grand Line hingga ke Raftel bersama kaptennya. Sudah begitu, kini dia pun menguasai sepenuhnya tiga jenis Haki.

Rayleigh menunjukkan kekuatannya saat dia berhasil memaksa Kizaru untuk bertarung seimbang dengan dirinya, hingga sang laksamana tidak bisa bergerak membantu Pacifista mengatasi Topi Jerami. Rayleigh mungkin tidak mengalahkan Kizaru di sana, namun Kizaru sendiri tidak bisa memberi serangan berarti ke Rayleigh.

8 Tokoh Pendukung di Anime Ini Lebih Kuat dari Tokoh Utamanya Lho!

Banyak tokoh pendukung di anime History's Strongest Disciple Kenichi yang lebih kuat dari Kenichi Shirahama. Pada dasarnya, premisnya memang Kenichi tadinya adalah siswa lemah yang di-bully, lalu dia berguru di dojo paling badass di seluruh dunia.

Pada akhirnya, Kenichi mungkin menjadi salah satu murid bela diri terkuat. Tapi level kemampuannya tetap di bawah guru-gurunya.

Di antara semua guru Kenichi, Hayato Furinji adalah yang paling menonjol. Kakek-kakek ini mungkin benar-benar manusia terkuat di dunia Kenichi. Bisa merepotkannya saja sudah dianggap prestasi, karena pengalaman dan daya hancurnya sudah tidak bisa dianggap manusiawi.


Tokoh pendukung di anime lainnya yang juga lebih kuat dari protagonis utama bisa kamu cek di halaman kedua!

8 Tokoh Pendukung di Anime Ini Lebih Kuat dari Tokoh Utamanya Lho!

Duel Kenshin lawan Shishio adalah salah satu pertarungan terkeren di anime. Tapi kalau Hiko Seijuro yang bergerak, pertarungan itu mungkin tidak akan berlangsung dengan epik.

Jadi, pada dasarnya Kenshin tidak sempurna menguasai Hiten Mitsurugi. Tubuhnya saja tidak mencapai wujud ideal menggunakan ilmu pedang tersebut, sehingga ia lambat laun merasakan dampak negatifnya.

Walau hanya tokoh pendukung di anime Rurouni Kenshin, yang jarang banget muncul pula, Hiko Seijuro adalah tokoh terkuat di Jepang setelah Restorasi Meiji. Dia tidak memiliki kelemahan Kenshin sama sekali. Ia menguasai semua teknik Hiten Mitsurugi, dapat menggunakannya dengan kreatif pula, dan memiliki tubuh kekar yang membuat teknik-tekniknya semakin destruktif.

Untung bagi Shishio dan musuh-musuh Kenshin lainnya, Hiko tidak terlalu peduli pada urusan dunia luar.

8 Tokoh Pendukung di Anime Ini Lebih Kuat dari Tokoh Utamanya Lho!

Waktu era Naruto hingga Naruto Shippuden sih, Naruto Uzumaki masih dilampaui kekuatannya oleh banyak tokoh. Tapi kira-kira setelah Perang Dunia Shinobi Keempat, Naruto adalah shinobi terkuat di Bumi.

Selain itu, sebagai salah satu Jinchuriki yang masih hidup, dia mungkin adalah pemilik chakra terbesar di dunia selain makhluk-makhluk dari klan Otsutsuki.

Di era Boruto, setiap Naruto bergerak maka hanya musuh yang benar-benar kuat saja yang dapat mengimbanginya. Shin Uchiha misalnya, dia mungkin akan menjadi ancaman bila dihadapi jonin seperti Konohamaru. Namun menghadapi sekaligus Tim 7 generasi lama membuat tokoh itu terlihat lebih payah dari seharusnya.

Meski begitu, tokoh utama di Boruto ya sudah bukan Naruto lagi. Dia hanya tokoh pendukung untuk putranya, yang kini menjadi sorotan utama.

8 Tokoh Pendukung di Anime Ini Lebih Kuat dari Tokoh Utamanya Lho!

Sebetulnya, banyak tokoh pendukung di anime Hunter X Hunter yang lebih kuat dari Gon. Ging, ayahnya sendiri, adalah salah satu tokoh paling dihormati di dunia Hunter. Lalu ada juga tokoh seperti Wing dan anggota-anggota Asosiasi Hunter.

Namun di antara semua nama itu, Netero bisa dibilang adalah tokoh pendukung yang kekuatannya paling mengerikan. Hanya dia ini yang bisa memberi pertarungan seru melawan Meruem.


Tiga tokoh pendukung di anime lainnya, yang melampaui kekuatan tokoh utama, bisa kamu cek di halaman ketiga!

8 Tokoh Pendukung di Anime Ini Lebih Kuat dari Tokoh Utamanya Lho!

Makhluk terkuat di multisemesta Dragon Ball bukanlah Ultra Instinct Goku maupun Jiren. Di atas mereka, masih ada para Dewa Kehancuran. Di atas Dewa Kehancuran masih ada para malaikat. Lalu di atas para malaikat ada lagi makhluk yang satu ini.

Sejauh ini, bila Zen-Oh ingin menyerang seseorang, tidak akan ada pertempuran. Zen-Oh hanya tinggal membuat gestur tertentu, dan targetnya akan musnah.

Zamasu menjadi entitas yang menguasai multisemesta dan mengancam akan mempengaruhi masa lalu juga? Zen-Oh dapat memusnahkan dia tanpa tersisa. Memusnahkan satu semesta beserta akhiratnya? Zen-Oh juga dapat melakukannya dengan sangat enteng.

Dewa Kehancuran bisa musnah tanpa perlu dihadapi. Malaikat pun tampaknya demikian. Tapi melihat Zen-Oh dari masa depan Trunks masih tersisa, meski tidak ada lagi Supreme Kai, Dewa Kehancuran, dan malaikat yang terlihat, menunjukkan kalau makhluk yang satu ini memang mustahil disentuh.

8 Tokoh Pendukung di Anime Ini Lebih Kuat dari Tokoh Utamanya Lho!

Julius Novachrono adalah Wizard King di anime Black Clover. Dari segi kekuatan, dia pun melampaui seluruh kapten. Tak tanggung-tanggung, dia dapat membunuh dua orang hanya dalam sekejap mata, lalu membekukan sejumlah penyihir tangguh tanpa perlu berkeringat.

Di bawah Julius, mungkin Yami atau William Vangeance adalah kapten yang bisa menandinginya.

8 Tokoh Pendukung di Anime Ini Lebih Kuat dari Tokoh Utamanya Lho!

Ini mungkin bisa lebih tepat digolongkan sebagai manga sih. Tapi Rindaman jelas adalah tokoh pendukung terkuat di Crows.

Bouya Harumichi adalah salah satu petarung terkuat dalam sejarah SMA Suzuran. Namun ia saja hanya bisa mengimbangi Rindaman, bukannya mengalahkannya. (Meskipun Rindaman sendiri mengira Bouya sudah mengalahkan dirinya).

Di dunia film, Rindaman juga merupakan bayang-bayang yang tak bisa disentuh oleh Genji Takiya maupun Kaburagi Kazeo.


Nah, itulah delapan tokoh pendukung terkuat di dunia anime. Gimana menurutmu? Sampaikan di kolom komentar!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU