Kami Ngobrol Soal Karya IP Sama Komikus Ghosty's Comic, Fajar Hadria!

Berawal dari corat-coret curhatan, sampai jadi iklan keren!

Kami Ngobrol Soal Karya IP Sama Komikus Ghosty's Comic, Fajar Hadria!

Akhirnya, kali ini kami berkesempatan untuk mengobrol bareng komikus Ghosty's Comic, Fajar Hadria! Bagaimana perjalanannya sebagai komikus yang kini juga mengelola komiknya sebagai sebuah franchise multi-media yang merambah hingga ke brand dunia nyata? Simak di sini!

1. Ngobrol langsung, dong!

Buat kamu yang penasaran dengan obrolan lengkapnya, kamu bisa langsung mampir ke episode terbaru What's Up duniaku yang tayang di Facebook bareng Fajar!

2. Hadir dari kepuasan hobi!

Ghosty's Comic lahir dari curhatan keseharian Fajar, dan hal itupun berawal jauh mundur dari masa-masa mudanya di sekolah! "Itu kaya ceritanya cuma ceritanya tentang, kita di sekolah ngapain aja, kebanyakan internal dan cuma kita yang ngerti. Sebenarnya dulunya cuma sebagai kesenangan sendiri doang selama beberapa tahun," tutur Fajar yang kemudian menyebutkan bahwa akhirnya curhatan tersebut berlanjut hingga saat ini!

3. Ide yang bisa datang dari mana saja!

Sebagai variasi saat ini, adaptasi komik Fajar pun semakin berwarna, dan tidak hanya kesehariannya sebagai inspirasi, "Tapi ternyata teman-teman punya cerita yang lebih bagus, lebih liar kaya what the heck, itu juga mereka share ke kita... tapi masih ada juga pengalaman-pengalaman sendiri. Kaya, lagi kepikiran gimana si Jaret itu begini, gini, masih ada yang kaya gitu, jadi kaya ada what if-nya," sebut Fajar yang menceritakan sifat serial komedinya yang kerap bernuansa keseharian yang relatable, tapi dengan twist!

Baca Juga: Instan Tajir! 10 VTuber yang Dibanjirin Duit Karena Hal Kocak!

4. Konsistensi dan kesempatan!

Bercermin kembali pada masa di mana Ghosty's masih berwujud stiker LINE yang laku besar, Fajar mengungkapkan bagaimana berbagai tawaran adaptasi pun datang. "Pada waktu itu ditawari juga adaptasi webtoon-nya, waktu itupun kita jadi ditawari oleh agensi Pionicon... contohnya menjadi board game yang namanya Lelang Mania dan ternyata buku terbitan pun sebenarnya juga merupakan bantuan dari mereka juga...Sebenarnya kita tidak terlalu proaktif juga, tapi karena ada kesempatan yang datang, kita ambil," ungkap Fajar, menekankan pada nilai dari kesempatan yang datang ketika ia menyadari potensi Ghosty's yang bisa lebih dari komik! 

5. Bahkan, faktor kesempatan di dalam kolaborasi dengan brand yang lebih besar pun juga berlaku!

Ketika tawaran untuk berkolaborasi dengan brand produk minuman populer pun, Fajar juga kembali mengingatkan akan potensi dari kesempatan yang dipergunakan dengan baik, "Akhirnya, kita ya seneng-seneng aja karena kita bisa mendapatkan bukti bahwa Ghosty's bisa dipasang ke brand dan, it works."

6. Pesan penting dari sang kreator!

"Buat komikus, apalagi yang lagi merintis itu memang, mungkin kerasanya, pasti berasa berat juga, karena nyari audiens dan nyari konsep yang bagus juga. Yang penting, kuatkan apa yang kamu mulai... kaya, bikin sesuatu yang unik cuma untuk kamu dan itu butuh waktu yang lama, pasti..." ujar Fajar, yang mengacu pada kreator yang datang dari dunia komik untuk terjun dalam dunia IP.

Fajar juga meneruskan, "Saran dari saya tetap semangat, tetap kuatin dulu core media kamu apa, terus cari audience kamu dalam medium kamu itu. Dan kalau memang sudah ramai, kalau kamu sudah siap untuk ekspansi dalam IP lain baru kamu pikirkan... dan tetap have fun aja."

Sudahkah kamu menonton versi penuhnya di atas? Bagaimana pendapatmu terhadap perspektif komikus Ghosty's Comic tersebut? Sampaikan opinimu melalui kolom komentar di bawah ini!

Baca Juga: Kami Ngobrol Bareng Virtual YouTuber Asli Indonesia, Evelyn Vtuber!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU