Usianya Sudah 10 Tahun, Ini 5 Fakta Game Gran Turismo 5!

Salah satu game balapan PS3 paling cantik dan kontroversial

Usianya Sudah 10 Tahun, Ini 5 Fakta Game Gran Turismo 5!

Hari ini, 25 November 2020, menjadi ulang tahun game Gran Turismo 5 ke-10. Sebagai salah satu game balapan unggulan di PlayStation 3, GT5 menyajikan puluhan track dari seluruh dunia, ribuan jenis mobil untuk dikoleksi, serta grafik cantik yang memanfaatkan kekuatan PS3.

Apa saja sih yang membuat GT5 menjadi game balapan berpengaruh di konsol PS3? Berikut adalah fakta-faktanya!

1. Diproduksi selama 5 tahun

Usianya Sudah 10 Tahun, Ini 5 Fakta Game Gran Turismo 5!gameusagi.com

Layaknya seri-seri Gran Turismo terdahulu, Gran Turismo 5 memiliki grafis cantik yang mendorong batas kemampuan dari PS3. Berkat kecanggihan prosesor Cell dalam PS3, grafik mobil dan sirkuit dalam GT5 mampu ditampilkan dalam detail tertinggi.

Namun kecanggihan grafik GT5 tidak dicapai dengan semudah itu. Produser Gran Turismo Kazunori Yamauchi menyebutkan bahwa sistem prosesor Cell sangat unik sehingga mmemprogram game untuk PS3 merupakan tugas yang sangat sulit. Ini juga yang menjadi alasan kenapa GT5 diproduksi selama 5 tahun dan mengalami beberapa kemunduran tanggal rilis.

2. Menampilkan cameo pembalap profesional

Usianya Sudah 10 Tahun, Ini 5 Fakta Game Gran Turismo 5!giantbomb.com

GT5 memperluas cakupan mode career GT Mode dan menampilkan gameplay yang lebih realistis. Physics mobil dirombak ulang, dan kini mobil bisa mendapatkan damage visual dan internal meskipun terbatas. Cuaca dan waktu dinamis menambah pengalaman bermain.

Selain GT Mode, ada juga mode challenge yang menampilkan pembalap profesional. Beberapa pembalap terkenal seperti pereli Jeff Gordon dan pembalap F1 Sebastian Vettel memandu gamer dalam menyelesaikan setiap challenge. Selain itu ada juga konten bertema acara TV Top Gear mulai dari sirkuit Test Track hingga seragam balap The Stig.

3. Punya lebih dari 1000 mobil in-game!

Daya tarik lain dari GT5 adalah jajaran mobil yang bisa dibeli mencapai jumlah fantastis yaitu lebih dari 1000 mobil! Jumlah ini terbilang menggemparkan, namun juga dikritik karena terbagi ke dalam dua kategori yaitu mobil Standard dan Premium.

Mobil Premium adalah mobil yang digarap dengan detil tertinggi. Bentuk bodinya memiliki jumlah poligon besar, tekstur tajam, dan memiliki desain interior yang dimodelkan secara penuh. Jumlah mobil Premium hanya 25% dari total mobil di GT5. Sementara itu, mobil Standard merupakan mobil yang di-port dari game GT3 dan GT4. Mobil Standard punya detil bodi terbatas, tekstur buram, dan tepiannya patah-patah. Selain itu tidak ada desain interior mobil.

Baca Juga: Ada Rencana Gran Turismo PS5 Gunakan Resolusi 4K dan Framerate 240 FPS

4. GT5 didahului dua game demo

Usianya Sudah 10 Tahun, Ini 5 Fakta Game Gran Turismo 5!gran-turismo.com

Seperti yang sudah disebutkan di atas, produksi game GT5 sudah molor beberapa kali sehingga baru bisa rilis tanggal 24-25 November 2010. Namun sebelum GT5, sudah ada beberapa game Gran Turismo yang rilis untuk PS3 sebagai demo menjelang rilisnya GT5.

Game pertamanya adalah Gran Turismo HD Concept, berisi 10 mobil dan 1 track baru. GT HD Concept mengedepankan fitur kontroler Sixaxis serta mode online. Game kedua adalah Gran Turismo 5 Prologue yang menampilkan lebih banyak mobil dan juga track. Game ini juga menampilkan aplikasi Gran Turismo TV dimana gamer bisa menonton acara otomotif dari Top Gear, Best Motoring, D1 Grand Prix, Super GT, dan lain-lain.

5. Melatih gamer jadi pembalap profesional

Usianya Sudah 10 Tahun, Ini 5 Fakta Game Gran Turismo 5!gtplanet.net

Ternyata, game GT5 juga memiliki sumbangsih ke dunia otomotif loh. Sony dan Nissan mengadakan GT Academy, kompetisi game yang betujuan untuk mencari pembalap muda profesional. Para gamer disaring dari game GT5 dan kemudian dilatih untuk menjadi pembalap profesional.

Dari GT Academy, muncul beberapa gamer yang kini telah sukses di kancah internasional seperti Lucas Ordóñez dan Jann Mardenborough. GT Academy tak hanya diadakan di Eropa saja, namun juga kawasan lain seperti Amerika dan Asia dimana para gamer Indonesia pun turut berpartisipasi.

Apakah kamu pernah memainkan game Gran Turismo 5? Apa game Gran Turismo favorit kamu?

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Esports Balapan Sama Kerennya dengan Balapan Betulan

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU