Comscore Tracker

Cocokkah Para Anggota Defenders Jadi Avengers? Ini Pembahasannya!

Defenders adalah tim empat orang dari seri Marvel Netflix yang terdiri dari Daredevil, Jessica Jones, Luke Cage, dan Danny Rand. Siapa yang paling cocok jadi Avengers? Ini pembahasannya!

Pada awalnya, ada harapan kalau serial televisi seperti Agents of SHIELD dan seri-seri Marvel Netflix bisa crossover dengan sinema layar lebar Marvel.

Agents of SHIELD, terutama, sempat memiliki hubungan kuat dengan Marvel Cinematic Universe. Selain Coulson tampil di sana, ada juga sejumlah tokoh MCU yang sempat cameo.

Lalu sepertinya ada perpecahan antara divisi televisi dan komik Marvel dengan Marvel Studio, dan harapan anggota Agents of SHIELD atau Defenders jadi Avengers pun mengecil.

Namun apakah para anggota Defenders layak jadi Avengers? Begini analisis penulis!

Cocokkah Para Anggota Defenders Jadi Avengers? Ini Pembahasannya!

Matt Murdock buta karena kecelakaan yang dideritanya saat kecil.

Namun sebagai gantinya, sekarang indera-indera lain Matt menjadi super.

Didukung oleh keahlian ilmu bela diri, Matt mampu menghajar belasan musuh sekaligus.

Dia juga memiliki kemampuan memimpin yang oke, meski dia lebih suka beraksi sendiri.

Cocokkah Dia Jadi Avengers?

Dari segi kemampuan bertarung tangan kosong, penulis merasa Matt sebenarnya berada di level Black Widow atau Hawkeye, yang sudah jadi anggota Avengers.

Namun Matt menjadi vigilante karena dia ingin melindungi Hell's Kitchen. Dia mungkin akan bingung, dan berpotensi menolak, jika dia ditawari untuk menjadi bagian dari Avengers. Kecuali dia memang dipaksa.

Kalaupun Tony Stark memutuskan merekrut salah satu anggota Defenders pun Daredevil bisa jadi akan berada di peringkat bawah.

Kenapa? Karena fakta Daredevil itu buta tidak diketahui oleh orang umum. Kalau Tony Stark membaca berita soal Daredevil, dia bisa mengira Daredevil ini hanya vigilante bertopeng yang ahli bertarung saja. Itu sih kurang menggoda untuk direkrut.

Cocokkah Para Anggota Defenders Jadi Avengers? Ini Pembahasannya!

Kalau dilihat dari segi kekuatan saja, Jessica Jones terasa cocok jadi anggota Avengers.

Gimana tidak? Dia memiliki kekuatan super, mampu lompat tinggi, memiliki daya tahan tubuh super, dan juga memiliki kemampuan menyembuhkan diri lebih cepat dari manusia biasa.

Dari segi kekuatan dasar, Jessica sudah ada satu tingkat di atas Black Widow dan Hawkeye, meski dia tidak memiliki pengalaman dan pelatihan seperti kedua orang itu.

Cocokkah Jadi Avengers?

Kekuatan Jessica memang mantap, namun dia terlalu dihantui oleh trauma, kebencian diri, dan masalah pribadi untuk bergabung dengan Avengers.

Kalaupun dia ditawari bergabung, Jessica bisa jadi akan langsung menolak dengan kasar.


Gimana dengan Luke Cage dan Danny Rand? Kamu bisa membaca lanjutan kemungkinan anggota Defenders jadi Avengers di halaman kedua!

Cocokkah Para Anggota Defenders Jadi Avengers? Ini Pembahasannya!

Luke Cage dari season 1 sebenarnya sangat layak menjadi anggota Avengers.

Dia sudah memiliki pengalaman bertempur sebagai marinir. Sudah begitu, dia juga memiliki kulit yang sekeras baja (meski teksturnya masih normal). Tembakan peluru tidak ada apa-apanya untuk dirinya.

Di season 2, kemampuan fisik Luke bahkan sudah meningkat lebih jauh. Diledakkan tidak lagi bisa mengusiknya, sementara Peluru Judas yang di season 1 sukses menghajarnya sudah tidak lagi mempan untuk melukainya.

Cocokkah Dia Jadi Avengers?

Penulis merasa Luke memang adalah Defenders yang paling cocok jadi Avengers.

Meski begitu, di season 2 Luke tampak mulai kesulitan mengendalikan diri untuk tetap menjadi orang baik. Dia bahkan bisa tergelincir beneran setelah ending season 2 menempatkan dia di posisi unik.

Luke juga selama ini diperlihatkan sebagai pelindung Harlem, yang benar-benar mengawasi dan menakuti kriminal di wilayah itu.

Kalau Luke pergi, walau hanya sebentar, para kriminal pasti akan memanfaatkan momen itu untuk membuat kekacauan.

Padahal mungkin sebenarnya Luke butuh sesekali menegakkan keadilan ala Avengers, menghadapi para penjahat yang benar-benar berbahaya seperti Loki dan Ultron, untuk refreshing.

Menghadapi kriminal Harlem yang merupakan manusia biasa tapi keji dan licik tampaknya menggerogoti nuraninya.

Cocokkah Para Anggota Defenders Jadi Avengers? Ini Pembahasannya!

Tubuh Luke Cage menjadi lebih keras sejak akhir season 1 serialnya.

Meski begitu, Danny dengan tinju Iron Fist-nya tetap mampu menghajar pelindung Harlem yang satu itu.

Dengan ilmu bela diri K'un-Lun dan kekuatan supernya, Danny sebenarnya cukup oke untuk direkrut ke Avengers.

Dia sejauh ini juga tampak cukup berjiwa petualang hingga ia bisa jadi akan menerima tawaran menjadi Avengers, tidak seperti Luke dan Matt yang terikat kewajiban untuk melindungi kota dan Jessica yang dihantui trauma.

Cocokkah Jadi Avengers?

Dari segi kekuatan sih Danny cocok, namun sejauh ini ia kadang melakukan kesalahan bodoh.

Masih ingat di Defenders dia bisa dipancing Elektra untuk menghancurkan segel menuju tulang naga?

Kalau melihat penampilan Danny di Luke Cage season 2, setidaknya cowok yang satu ini terlihat lebih matang, meski dia masih agak eksentrik.


Dari segi pengalaman, kekuatan, dan keinginan untuk gabung ke Avengers, penulis merasa Defenders yang paling mungkin jadi Avengers adalah:

4. Daredevil

3. Jessica Jones

2. Iron Fist

1. Luke Cage

Luke Cage paling mungkin direkrut karena dia tidak dikenal sebagai vigilante seperti Daredevil. Dia dianggap sebagai pahlawannya Harlem, yang memiliki kekuatan super.

Tony Stark harusnya sudah mencoba merekrut Cage sejak Civil War, bersama dengan Peter Parker. Toh Queens dan Harlem masih berada di wilayah New York City.

Kalau menurut kamu gimana? Sampaikan di kolom komentar!

Article Terkait

Latest Story

Film

Film

Film

Film

Film

Film

Film

Film

Film

Film