6 Anime yang Tokoh Utamanya Mati! Pahlawan Tak Selalu Bertahan Hidup

Para pahlawan tak selalu sukses bertahan hidup!

6 Anime yang Tokoh Utamanya Mati! Pahlawan Tak Selalu Bertahan Hidup

Para pahlawan tak selalu sukses bertahan hidup. Inilah contoh manga dan anime yang tokoh utamanya mati!

Tentu saja, berhubung judulnya saja seperti ini, artikel ini pasti mengandung spoiler berat.

1. Death Note

6 Anime yang Tokoh Utamanya Mati! Pahlawan Tak Selalu Bertahan Hidupaminoapps.com

Untuk anime yang karakter utamanya mati, Death Note termasuk judul yang unik. Di awal-awal, mungkin ada sebagian dari kamu yang mendukung L si detektif eksentrik untuk mengalahkan Kira. Nyatanya? Di akhir alur besar pertama, L justru terbunuh karena akal-akalan Kira.

Sementara itu Kira, si villain protagonist dari seri ini? Dia pun tak bernasib mujur. Ia akhirnya ditembak mati oleh Touta Matsuda. Di komik, Light Yagami sang Kira bahkan menyatakan dengan menyedihkan kalau ia tidak ingin mati, sementara nyawanya perlahan-lahan sirna.

2. Space Runaway Ideon

6 Anime yang Tokoh Utamanya Mati! Pahlawan Tak Selalu Bertahan Hidupforbes.com

Yoshiyuki Tomino sempat membuat beberapa seri Gundam yang kelam, seperti Zeta Gundam. Namun untuk anime yang tokoh utamanya mati, Ideon benar-benar brutal. Yang tersaji di Ideon adalah apa yang disebut oleh kita sebagai kiamat besar, di mana yang hancur bukan hanya seluruh umat manusia namun bahkan sebagian besar galaksi. 

Baca Juga: Beda Fokus? 7 Anime Underrated yang Bagus tapi Kurang Populer

3. Mobile Suit Gundam: Iron-Blooded Orphans

6 Anime yang Tokoh Utamanya Mati! Pahlawan Tak Selalu Bertahan Hidupotakuusamagazine.com

Kalau soal anime yang tokoh utamanya mati, rasanya Iron-Blooded Orphans harus dihitung. Mau kamu di Indonesia atau di belahan lain dunia, kalau kamu menonton serial ini sampai akhir kamu pasti tahu apa yang terjadi.

Lihat tokoh-tokoh pada foto di atas? Sebagian besar dari mereka tewas. Bahkan Mikazuki Augus si tokoh utama pun tak aman dari takdir ini. Dia memang termasuk anggota Tekkadan yang tumbang paling akhir, tapi tetap pada akhirnya ia tewas, tak bisa menikmati era baru yang terjadi kemudian.

Yang bikin fan makin sebal sih Rustal Ellion, salah satu antagonis yang paling menyebalkan di seri ini, justru bertahan hidup hingga akhir dan reputasinya melejit karena dianggap mengakhiri krisis.

Anime yang satu ini memang benar-benar unik, walau banyak juga yang membencinya karena penyelesaian yang tidak biasa itu.

4. Cowboy Bebop

Cowboy Bebop membawa Spike Spiegel dan kru Bebop dalam petualangan-petualangan menarik. Kadang petualangan mereka kocak, kadang seru, kadang sedih. Pokoknya selama seri ini berlangsung, penonton diajak menyicipi berbagai rasa emosi.

Tapi fan mungkin tidak akan menduga bagaimana serial ini akan berakhir. Spike akhirnya bertemu dengan musuh bebuyutannya, Vicious. Masalahnya, sebelum dia bertemu dengan Vicious pun Spike sudah terluka parah. Spike semakin terluka dalam duel melawan Vicious. Namun adrenalin membantu Spike untuk meredam nyeri dari beberapa serangan jitu musuhnya.

Spike pada akhirnya berhasil menang. Ia lalu tertatih berusaha meninggalkan bangunan. Ia sempat menyuarakan "Bang!" dan... dia tiba-tiba tumbang karena luka-lukanya.

Apakah Spike benar-benar mati? Itu adalah pertanyaan yang menarik dan sampai sekarang menjadi bahan perdebatan. Mengingat luka-luka yang ia derita, kemungkinan besar sih Spike Spiegel memang telah menemui ajalnya. Tapi ada juga fan yang berpendapat dia hanya terluka dan bisa diselamatkan. Bagaimana pendapatmu?

5. Wolf Rain

6 Anime yang Tokoh Utamanya Mati! Pahlawan Tak Selalu Bertahan Hidupviz.com/Wolf's Rain

Lihat para tokoh utama kita di atas, para serigala yang dapat menyamarkan wujud mereka menjadi manusia? Di ending anime (yang disajikan lewat OVA), mereka semua mati. Bahkan tidak hanya mereka, sekutu-sekutu mereka seperti Blue dan Cher juga tewas. Demikian pula dengan Cheza, si gadis dari Bunga Bulan yang ingin mereka lindungi.

Walau Paradise diperlihatkan tercipta, ini tetap ending yang cukup menonjok emosi penonton. Setidaknya versi manganya berakhir dengan lebih cerah, walau ada juga tanda-tanda kalau petualangan para pahlawan kita belum sepenuhnya selesai.

6. Grave of the Fireflies

6 Anime yang Tokoh Utamanya Mati! Pahlawan Tak Selalu Bertahan Hidupcbr.com

Aduh anime ini. Kalau kamu menonton anime untuk refreshing, saya menyarankan kamu menonton Grave of the Fireflies. Terutama kalau kamu adalah penonton usia remaja hingga dewasa. Terlebih lagi kalau kamu sudah punya anak dan takut membayangkan putra-putrimu terjebak dalam situasi sulit, seperti yang dialami oleh Seita dan Setsuko.

Tokoh utama film ini adalah Seita dan Setsuko, yang hidup di daerah Jepang tanpa orang tua di akhir-akhir Perang Dunia II, saat Jepang sudah jelas-jelas akan kalah. Karena berbagai masalah, sebagian karena bibi yang harusnya merawat mereka dan sebagian lagi karena Seita sendiri, Seita dan Setsuko meninggalkan rumah bibi mereka yang aman untuk hidup sendiri.

Di film-film lain, mungkin akan diperlihatkan bagaimana Seita dan Setsuko bisa hidup mandiri memanfaatkan segala yang diberikan alam. Grave of the Fireflies justru menunjukkan betapa bodohnya keputusan Seita.

Seita dan Setsuko bukanlah pahlawan seperti Spike, Mikazuki, maupun para serigala Wolf's Rain. Ketimbang kesan heroik, kematian mereka terasa tersaji dengan realistis. Terlalu realistis malah. Kamu akan disiksa melihat tokoh-tokoh ini perlahan tumbang karena sakit dan malnutrisi.

Mengenai nasib mereka... ya... bahkan pembukaannya filmnya saja sudah memperlihatkan Seita meninggal. Lalu kamu melihat arwah Seita dan Setsuko. Sejak awal kamu sudah tahu kalau bocah-bocah ini tidak akan selamat, tapi cara anime ini menyajikan kematian mereka tetap luar biasa sakit. 

Itulah enam anime yang tokoh utamanya mati. Mana favoritmu?

Baca Juga: Bukan Penghalang, Ini 7 Tokoh Anime Gendut yang Juga Kuat Banget!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU