Weathering With You Dikirimkan ke Oscar? Ini 5 Faktanya!

Saingan dengan film Indonesia, lho!

Weathering With You Dikirimkan ke Oscar? Ini 5 Faktanya!

Film Makoto Shinkai terbaru, Weathering With You alias Tenki no Ko, resmi dikirimkan ke ajang Academy Awards ke-92. Apa berarti Weathering With You masuk ajang penghargaan yang dikenal juga dengan nama Piala Oscar itu? Begini faktanya!

1. Resmi didaftarkan sebagai calon nominasi!

Dari LiveDoor News yang diterjemahkan oleh Soranews24.comWeathering With You telah mencapai 10 miliar Yen (kurang lebih 1,3 triliun Rupiah) di box office Jepang semenjak rilisnya di bulan Juli.

Saat ini, anime terbaru Makoto Shinkai tersebut telah ditunjuk sebagai submisi Jepang untuk kategori Best International Feature Film dalam Academy Awards ke-92. Kategori itu sendiri merupakan penamaan ulang dari Best Foreign Language Film, yang mewajibkan film-filmnya berasal dari luar Amerika dan berbahasa di luar bahasa Inggris.

2. Jepang jagoan International Feature Film!

Dalam rekam jejak kategori Best International Feature Film sendiri, industri perfilman Jepang telah mencetak banyak pemenang di dalamnya. Beberapa di antaranya adalah, Rashomon, Samurai the Legend of Musashi, dan Gate of Hell. Terakhir, Departure (Okuribito) di tahun 2008 menyabet Oscar,

Untuk tahun ini, Tenki no Ko masih harus lolos seleksi dulu untuk menjadi nominasi akhir Oscar dalam kategori Best International Feature Film. Uniknya, film Kucumbu Tubuh Indahku dari Indonesia dan Parasite dari Korea pun akan turut berebut slot nominasi di kategori ini. 

3. Sebagai nominasi anime, Weathering With You itu penting!

Dalam kategori itu sendiri, Weathering With You baru menjadi anime kedua yang didaftarkan sebagai submisi dari Jepang, lho. Akan menarik bila Tenki no Ko memang lolos ke nominasi utama, lalu memperoleh penghargaannya. 

Sebelumnya, anime dari Studio Ghibli besutan Hayao Miyazaki Princess Mononoke didaftarkan sebagai calon nominasi Oscar di tahun 1998.

Baca Juga: Remaja Banget! Begini Review Anime Weathering With You!

4. Baru Studio Ghibli yang pernah menang!

Kalau mencakup keseluruhan kategori, dalam dunia anime baru Studio Ghibli yang pernah memenangkan Oscar melalui Sen to Chihiro no Kamikakushi alias Spirited Away.

Anime tersebut memenangkan Oscar kategori Best Animated Feature di tahun 2003, dan itu pun menggunakan sulih suara versi bahasa Inggrisnya.

5. Saingan tidak hanya sesama kartun!

Selain film Kucumbu Tubuh Indahku dari Indonesia dan Parasite dari Korea, tentunya persaingan dalam kategori tersebut sangat berat, meskipun tidak seberat ekspektasi pemenang Oscar di kategori Best Animated Feature.

Hal tersebut tidak lain dan tidak bukan karena selain film-film live action, kategori tersebut mempertandingkan film-film dokumenter, sehingga tipe film yang terdaftar jauh lebih bervariasi lagi.

Apa pendapatmu tentang keputusan Weathering With You masuk Oscar? Di kategori yang berpotensi cukup berat pula? Bagikan opinimu tentang anime tersebut melalui kolom komentar!

Baca Juga: Awas Spoiler! Ini Pembahasan Ending Weathering With You!

Review

Latest